Buku Yang Habis Kubaca Januari 2012

1. Ini Wajah Cintaku Honey!-Tasaro

Cerita pasca pernikahan dua pasangan muda ini, sangat menarik untuk kita baca dan mengetahuinya. Ada banyak hikmah dan pengetahuan, yang bakal menjadi bermanfaat bagi siapa yang belum berkeluarga, guna mempersiapkan dengan baik persiapan menuju bahtera agung, maupun bagi yang sudah berkeluarga untuk sekedar nostalgia hari-hari pertama pernikahannya yang mungkin mirip dengan apa yang menjadi pengalaman penulis. Yang mengesankan bagi saya, buku ini oleh penulis sebagai kejutan (hadiah) untuk istrinya, yang berharap akan menjadikan istrinya semakin sayang padanya. Yang bagi saya itu sebuah kejutan tak terkira, entah bagi anda 🙂

 

 

 

 

2. Jangan Mau Jadi Muslim Dodol-Agung Satriawan

Cerita sehari-hari memang akan lebih mengena pembaca. Buku ini kumpulan kisah sehari-hari penulis yang penulis fikirkan juga renungkan dan kemudian ditulis jadi sebuah buku, dengan tujuan dapat memberikan kebaikan dari apa yang dia tulis. Kisahnya menarik, tentang aturan memakai helm yang wajib ditaati walau memakai songkok haji, pernikahan yang sesuai dengan ajaran Islam, sikap kritis terhadap budaya yang tak sesuai dengan ajaran Islam (terlebih bertentangan dengan aqidah dan tauhid), dan masih banyak kisah lainnya. Yang ditulis oleh penulis dengan gaya bahasa yang kocak, sebuah upaya agar tak ada anak muda maupun tua yang menjadi muslim dodol.

 

 

 

 

 

3. The Islamic Golden Rules-Laode M. Kamaluddin & A. Mujib El Shirazy

Menuntut ilmu dalam Islam adalah  kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Dalam pepatah arab, “Tuntutlah ilmu dari buayan hingga liang lahat”. Semua itu karena memang menuntut ilmu begitu penting bagi kehidupan manusia. Dengan berbagai contoh kisah semasa Rasulullah, sahabat, tabi’in, sampai cerita rekaan motivator dijadikan satu dalam buku ini oleh penulis, dengan penjelasan yang tuntas dan menggerakkan. Buku yang bisa menjadi rujukan  penuntut ilmu yang tak hanya ingin mendapatkan kemuliaan di dunia tapi juga di akhirat, begitupun cocok bagi guru yang ingin mencetak generasi-genarasi penerus peradaban Islam, dan bagi setiap orang yang ingin mendapatkan kesuksesan dunia akhirat.

 

 

 

 

 

 

4. Oh, Achilles!-Tasaro

Novel remaja karya Tasaro ini menceritakan Nala seorang pelajar yang memiliki sifat cenderung preman. Sebelumnya tinggal di Jakarta, akibat kasus bentrokan dengan geng lain, dia dipindahkan oleh Ratna (mamanya) dan Anton (papa tirinya) ke salah satu sekolah di Bogor, agar lebih dekat dengan mereka. Diceritakan keluarganya hancur, karena papanya selingkuh. Kepindahannya, membawanya menjadi artis di sekolah barunya, karena dia terpilih menjadi pemeran utama “Achilles”  pertunjukan theater bergengsi akhir semester di sekolah Gemilang. Cerita yang apik sarat makna, meremaja sekali.

 

 

 

 

 

 

5. Saatnya Untuk Menikah-Mohammad Fauzil Adhim

Menurut ustadz Fauzil Adhim, seharusnya buku ini terbit dahulu sebelum buku Kupinang Engkau Dengan Hamdalah. Memang buku ini menembeli kekurangan buku tersebut tentang pranikah seorang muslim dan muslimah. Seperti betapa pentingnya sunnah nadzhor sebelum nikah, yang oleh beliau sampai dijadikan dua bab. Kemudian, tentang betapa mulianya seorang muslimah yang mau meminta lelaki shalih menjadi semua demi menjaga kehormatan dirinya, sebagaimana beliau katakana itu bukanlah menjadi masalah bagi muslimah, karena itu dibolehkan dalam Islam, bahkan lebih mulia bagi mereka dalam rangka menjaga kehormatan. Namun, dalam hal ini, bukanlah muslimah langsung mengatakan kepada lelaki yang diinginkan, tetapi melalui beberapa langkah yang ada dalam buku ini.

 

 

 

 

 

 

 

6. Hidup Berawal Dari Mimpi-Fahd Djibran & Bondan Prakoso & Fade2Black

Kolaborasi Fahd Djibran dengan musisi Bondan Prakoso Feat Fade2Black dalam buku ini, dalam rangka menyebarkan kebaikan yang itu ada dalam judul tiga album Bondan Feat Fade2Black, Respect, Unity, dan For All. Fahd menuliskan tulisan-tulisan fiksi dengan mengambil tema dari lagu-lagu Bondan Prakoso Feat Fade2Black. Antara lain yakni Yaa Sudahlah, Not With Me, dan beberapa judul lain yang sempat hits di Indonesia termasuk yang menjadi judul buku ini dan sesuai dengan tema yang ingin mereka sampaikan. Tema-temanya menarik dari hal-hal romantis, bikin marah, bikin sedih, bikin trenyuh, dan semuanya mencampuradukkan emosi pembacanya.

 

 

 

 

 

 

 

7. 99 Cahaya di Langit Eropa-Hanum Salsabiela Rais&Rangga Almahendra

Ini adalah novel catatan perjalanan Hanum Salsabiela Rais (anak perempuan Amien Rais) beserta Rangga Almahendra (suaminya) ketika berada di Eropa. Novel yang menceritakan bagaimana Hanum mendapatkan semangat spiritual Islamnya ketika berada di Eropa. Pertemuannya dengan muslimah Turki, mualaf dari Prancis, mengunjungi Mezquita, Haiga Sophia, dan Ka’bah, yang akhirnya banyak memberikan pencerahan (hidayah) baginya. Kisah yang sangat inspiratif.

 

 

 

 

 

 

 

8. Perempuan Suamiku-Izzatul Jannah

Kumpulan cerpen ini adalah buku seri pernikahan yang di dalamnya adalah cerpen-cerpen bertema pernikahan pula. Banyak cerpen yang saya rasa adalah sehari-hari rumah tangga yang biasa saja. Tapi, buku ini mampu menyentuh hati dengan makna-makna yang terkandung dalam setiap cerpennya. Mba Izzatul Jannah, memang peramu cerpen agar kaya makna.

Iklan

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s