Buku-Buku Yang Habis Kubaca April 2012

1. Khadijah Mahadaya Cinta-Fatih Zam

Novel semi sejarah Islam ini, hampir senafas dengan Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan Tasaro GK.  Jika novel Muhammad menceritakan Muhammad saw, sebaliknya buku ini menceritakan pendamping hidup pertama Muhammad yang konon tak pernah tergantikan, Siti Khadijah ra. Novel ini ada sebagian bab sejarah dan sebagian bab fiksi, mirip dengan novel Muhammad Tasaro. Namun, tetap beda dalam pengolahan cerita Fatih Zam punya khas tersendiri, buku ini memikat dengan diksi-diksi yang puitis. 

 

 

 

2. Mata Ketiga Cinta-Helvy Tiana Rosa

Kumpulan puisi yang sangat menarik menurut saya.  Kumpulan puisi seorang sastrawan muslimah yang namanya sudah sangat banyak dikenal. Mata Ketiga Cinta, sendiri diambil dari salah satu puisi di dalamnya. Beraneka macam puisi ada di dalamnya, cinta, rumah tangga, keislaman, Palestina, pejuang Islam, dan lainnya. Ada puisi yang berjudul Tahajud, salah satu yang saya suka, “Bangunlah cinta, air matamu bercahaya di dua pertiga malam.”

 

 

 

 

3. Filosofi Kopi-Dee

Walaupun buku ini sudah tergolong lama, tetapi saya baru membaca dan memiliki buku ini dalam cetakan yang baru. Kisah Filosofi Kopi dan Rico de Coro, menurut saya bagus dan menghibur. Namun ada beberapa yang saya kurang sreg yaitu kisah pecinta sejenis dalam buku ini. Memang Dee, adalah penulis wanita terkenal di Indonesia. Tapi, saya kok kurang suka ya. Namun, buku ini tetap memberikan ilmu bagi saya, termasuk diksi-diksi yang memikat di dalamnya.

 

 

 

4. Berjalan Menembus Batas-A.Fuadi dkk

Berisi kumpulan cerita tentang dahsyatnya mantra man jadda wa jada, barang siapa bersungguh-sungguh. maka akan meraih apa yang diinginkan. 13 kisah di dalam buku ini mengisahkan anak manusia yang mampu menembus batas dengan segala upaya, walau papa, walau cacat dan kondisi sulit. Buku yang memberi inspirasi untuk terus berjuang menggapai mimpi.

 

 

 

5. Menjadi Powerful Da’i-Bambang Trim

Berdakwah tidak hanya ceramah, dakwah juga melalui pena. Buku ini hadir untuk menstimulus dan member motivasi bagi da’i-da’i yang fokus dengan ceramah, namun melupakan tradisi ulama terdahulu yang juga menulis. Buku yang bagus, menurut saya. Menjadikan da’i lebih powerful dari yang biasa.

 

 

 

6. Rumah Hati-Tasaro

Ini termasuk novel awal-awal karya Tasaro. Namun, dari segi konflik dan alur cerita novel ini termasuk bagus. Berkisah dua hati yang berpisah karena jarak perbedaan kuliah. Dengan sad ending, tokoh perempuan (Kartika) harus meninggal bahkan ketika tokoh laki-laki (La Ege) menikahinya. Memang berbeda jauh jika dibandingkan karya berikutnya seperti Galaksi Kinanti, Nibiru, Muhammad, dan lainnya.

 

 

 

7. Kujaga Hatiku dengan Menikahimu-Jon Hariyadi

Buku ini merupakan sekuel dari novel Kutunggu Kamu di Pelaminan, yang menjadi tokoh sentral adalah Ninda. Pada buku ini, tokoh sentralnya adalah Hanafi. Saya belum membaca buku pertamanya, namun buku kedua ini bagi saya cukup bagus. Banyak memberi ilmu agama sekaligus kehidupan. Ceritanya pun tak kalah bagus, namun memang bagi sebagian orang terlalu banyak sisipan dalil kurang bagus juga. Kesan yang didapat juga, ini novel atau buku nonfiksi ya? begitulah, tapi buku ini layak dibaca bagi anda yang belum menikah khususnya.

 

 

 

8. Aisyah dan Ma’isyah-Ahmad Gozali

Sebagai muslim yang ahli dalam ekonomi, Ahmad Gozali menulis buku ini dengan baik. Buku yang memberikan banyak maslahat, terkait dengan bagaimana mempersiapkan pernikahan khususnya tentang finansial calon mempelai. Ada banyak ilmu di dalamnya yang layak muslim dan muslimah jomblo untuk dikaji, guna mempersiapkan jalan-jalan dalam menggenapkan dinnya. Yang terkadang masih banyak berpikiran, ma’isyah dulu ato aisyah?

 

 

 

9. Sukses Malam Pertama-Burhan Abu Ghazyan

Dari judulnya saja buku ini sudah tertera isi dalamnya. Buku ini berisi tak hanya tentang resep malam pertama keluarga Islam, tapi juga tentang akhlak dan muamalah suami istri lainnya. Sebuah upaya agar kehidupannya benar SAMARA yang diberkahi. Baca buku ini, saya jadi teringat pula kata bapak penjaga stand berkata pada muslimah penjaga stand pula saat IBF Malang sebulan yang lalu, “ini bagus, malu bertanya sesat di ranjang mba” kata bapak itu, setelah muslimah tersebut (mungkin) terkejut saya membeli buku ini.

 

 

 

 

# Alhamdulillah, bulan ini saya mengalami kenaikan semangat cukup drastis.  Di bulan April ini saya bisa membaca buku hampir sampai dengan target saya sebulan kurang satu buku lagi sepuluh buku. Sembilan  buku yang sudah saya baca ini 8 milik saya, dan untuk buku Kujaga Hatiku Dengan Menikahimu itu milik Kak Mahya, terima kasih kak sudah minjemkan buku ini ke saya, inspiratif. memang saya punya asa akan membuat perpustakaan umum untuk mengkampanyekan manfaat membaca agar semakin banyak generasi bangsa yang cerdas dengan membaca. Paling tidak nanti, buku-buku saya akan jadi perpustakaan keluarga yang akan dibaca oleh anak cucu saya kelak. Ada sekitar 200an judul buku dan majalah2 Islam ataupun cerpen seperti Story milik saya, karenanya masih banyak PR membaca saya yang juga stoknya akan terus bertambah tiap bulannya. Bagi teman-teman yang di Malang yang suka membaca, yang lagi punya mood membaca, atau lagi ingin jadi orang yang suka membaca silahkan datang ke kontrakan saya untuk meminjam buku-buku yang saya punya, gratis,  yang penting bertanggung jawab apabila rusak atau hilang, dan segera mengembalikan pada waktunya. Saya ingin membagi kemanfaatan ilmu dari setiap buku bagi teman-teman semua. Semoga bermanfaat, salam Indonesia Membaca! ^_^

Iklan

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s