Bikin Feature Yuk!

Pernah dimuat di Rimanews.com 25/6/2012, klik!

Judul                              : Bukan Fiksi (Kumpulan Kisah Tentang Kehidupan)

Penulis                          : Journalistik Club UMM

Penerbit                       : Leutika Prio

Tahun Terbit                : 2011

Jumlah Halaman      : 145 halaman

ISBN                             : 978-602-225-002-7

Feature adalah sebuah berita dalam dunia jurnalistik, yang berbeda dengan berita faktual pada umumnya.  Featuredapat dijadikan berita apabila mengandung hal yang menarik. Feature lebih sering juga dikatakan sebagai jurnalisme sastrawi, karena memang dalam penulisannya kerap seperti tulisan cerpen (fiksi) yang menarik pembaca untuk menyelesaikan bacaan dalam sekali duduk. Namun tetap, berita yang disebut feature ini harus memperhatikan fakta dalam proses penulisannya, sehingga berita feature tidak bersifat subyektif.

Menurut wartawan senior Mc Kinney, “Feature menemukan dampaknya di luar bidang dasar-dasar penulisan berita straight news dan di luar who-what-where, why dan how yang tanpa polesan.” Hal ini berarti, bahwa feature bersifat lebih luas dari berita straight news, mempunyai titik tekan pada hal-hal menarik, dan tidak keluar dari kebenaran fakta.

Menulis feature pun tidak sekedar menuliskan fakta-fakta. Akan tetapi bisa disebut sebagai presentasi cerdas tentang fakta dan gagasan, sehingga kedua hal tersebut tidak kentara dari perhatian pembaca. Ada 6 macam featuremenurut Wolseley dan Campbell, feature minat insani, feature sejarah, feature biografi, feature perjalanan, feature yang mengajarkan keahlian, feature ilmiah.

Dalam buku ini, penulis dari Journalistik Club UMM banyak menuliskan feature biografi, contohnya feature yang berjudulJanda Pemulung, Ibu Belasan Anak Yang Kaya Hati. Tulisan ini menceritakan seorang ibu pemulung di Kota Batu, yang mampu menghidupi belasan anaknya. Kisah ini sangat menginspirasi, sayang penulis menuliskan featureini  kurang mendalam, jadi hasilnya kurang memuaskan pembaca.

Ada tulisan lain yang masih berupa feature biografi yang menarik, yakni Aku Berharga. Feature ini berkisah tentang seorang laki-laki yang memutuskan untuk menjadi seorang waria, namun dalam kegiatan sehari-harinya masih diterima masyarakat, bahkan boleh menjadi pegawai negeri. Memang dia berusaha agar menjadi manusia yang tetap dihargai oleh manusia lainnya.

Kisah Osob Kiwalan di Kota Ngalam adalah feature sejarah. Tulisan ini bercerita tentang apa itu boso kiwalan dan bagaimana sejarah adanya yang sangat lekat dengan masyarakat di Malang. Ada juga tentang Dokar Malang, Tetap Bertahan di Tengah Globasasi, bercerita tentang dokar di Malang yang masih tetap berdiri walaupun zaman sudah terus berkembang, berikut juga kendaraan transportasi.

Ada pula yang bercerita tentang feature minat insani, seperti Barongsai, Pengerat Persaudaraan dari Negeri Seberang dan Di Balik Kongkow-Kongkow Komunitas Mobil “Meax”. Barongsai adalah salah satu minat insani yang ternyata saat ini tak hanya dimainkan oleh orang China (Tionghoa) saja, tetapi ada juga dari orang-orang Jawa dan Madura yang berminat dan bergabung menjadi pemain. Akhirnya, barongsai pun menjadi pengerat persaudaraan antar bangsa. Sedangkan cerita berikutnya adalah tentang sebuah komunitas Mobil “Meax” yang sering kongkow di sekitar jalan Ijen Malang. Tak seperti pandangan banyak orang, ternyata komunitas ini memiliki organisasi struktural yang mengatur jalannya komunitas.

Buku ini menurut saya memiliki dua keinginan pertama, ingin pembaca menyukai feature dan belajar membuat feature. Kedua, penulis-penulis di dalamnya sendiri masih ingin terus belajar membuat feature, dengan dibukukan maka mereka berharap ada saran dan kritik dari pembaca. Karena memang meskipun, kumpulan feature di dalam buku ini masih banyak yang tak sampai pada standar, namun buku ini masih layak dikoleksi sebagai bahan pelajaran. Selamat menulis feature!

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s