Si Minah Memang Mempesona

Penerbit Diva Press termasuk salah satu penerbit yang cukup dekat dengan para pembacanya. Karena, seringkali Diva Press mengadakan lomba-lomba menulis yang semua itu boleh diikuti oleh semua pembacanya baik yang masih penulis awal atau memang sudah menjadi penulis dan menghasilkan banyak karya. Setelah melakukan lomba-lomba itu biasanya nanti akan diterbitkan dalam satu buku, misal lomba cerpen setiap orang mengirimkan satu cerpen dan cerpen pemenang akan dibukukan dalam satu buku.

Salah satunya lomba cerpen ‘comedication’ selama bulan Desember 2011. Lomba cerpen ini adalah lomba cerpen bertema komedi, gokil, segar dan segala macamnya itu sesuai dengan namanya saja, ‘comedication’. Dalam lomba ini ada banyak naskah yang masuk, sampai 112 naskah. Namun, ketika pengumuman hanya ada 15 naskah yang lolos jadi pemenang dan layak untuk dibukukan.

Pesona Si Minah karya Vindy Putri adalah salah satu judul naskah pemenang sekaligus menjadi judul buku ketika telah diterbitkan. Pesona Si Minah bercerita tentang Minah yang menjadi pembantu rumah tangga yang disukai oleh Herman yang menjadi kuli bangunan di depan rumah tempat Minah bekerja.

Sejak pandangan pertama Herman langsung suka pada Minah. Singkat cerita, Herman berusaha berkenalan dengan Minah dan ingin Minah menjadi pacar kemudian menjadi istrinya kelak. Si Minah mau asal Herman selalu mengisi pulsahandphone Minah. Sayang seribu sayang, setelah lama selalu mengirim Minah pulsa, Minah baru mengaku kalau dia sudah bersuami. Patah benar hati Herman.

Judul lain Sangkuriang Mencari Jodoh karya Adrindia Ryandiszabercerita tentang Sangkuriang dengan memakai sudut pandang aku. Tidak seperti dongeng Sangkuriang yang selazimnya. Namun cerpen ini menceritakan Sangkuriang dengan imajinasi penulis melanglang buana ke seluruh Nusantara untuk mencari jodohnya. Hingga bertemu Jaka Tarub, Malin Kundang, Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, Dewi Limaran, yang kesemuanya itu juga kita dengar dalam beberapa dongeng yang berbeda.

Nah, dalam cerpen ini penulis menjadikan satu dongeng-dongeng tersebut dengan cerita yang berbeda pula dengan aslinya. Kendati pun Sangkuriang harus mencari jauh-jauh jodohnya, namun ternyata jodohnya adalah orang Bandung sendiri. Mojang Bandung kata dia, yang bernama Euis. Sebuah cerita yang mengisyaratkan tentang misterinya jodoh tak bisa diungkapkan kecuali pada waktunya terungkap.

Ada juga cerita lain yang ditulis oleh Dang Aji Sidik berjudul Bertemu Nicholas. Siapa yang tidak kenal nama penulis di atas, saya kira bagi penulis yang banyak bergabung di grup penulisan di facebook kenal dia.  Dia adalah kreator grup Untuk Sahabat yang biasa disebut UNSA.

Cerpennya dalam buku ini bercerita tentang seseorang dengan sudut pandang aku bertemu dengan Nicholas. Jangan dikira Nicholas ini adalah Nicholas Saputra artis. Tetapi, Nicholas adalah anak pocong. Singkat cerita, tokoh utama mencari makan pada malam hari. Ketika berada di depan tumpukan sampah, ada orang meminta tolong. Nah, ternyata yang meminta tolong itu anak pocong yang tak lain bernama Nicholas berada dalam tumpukan sampah. Kemudian ditolonglah Nicholas. Karena, telah menolong Nicholas maka bapak pocong akan memberikan apa yang dia minta. Dia meminta jodoh, dan ternyata jodoh yang diberi adalah pocong berwig alias pocongwati. Ceritanya cukup mengena dengan hikmah kalau meminta jodoh jangan ke pocong dong, mintalah ke Penguasa Semesta, Allah.

Selain cerpen di atas masih ada 13 cerpen lainnya yang lucu, kocak,  gemesin dan gokil namun tetap mengandung hikmah. Siapapun yang membaca buku ini pasti terjerat pesona cerpen-cerpen di dalamnya. Karena Si Minah Memang mempesona.

____________________________________

Judul                            : Pesona Si Minah

Penulis                        : Vindy Putri dkk

Penerbit                       : Diva Press

Tahun Terbit                : Maret, 2012

Jumlah Halaman      : 244 halaman

ISBN                            : 978-602-191-283-6

Peresensi                  : Muhammad Rasyid Ridho, Aktivis Forum Lingkar Pena Malang Raya dan Ketua Journalistic Club Ikom UMM, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM.

4 thoughts on “Si Minah Memang Mempesona

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s