Benarkah Cewek Susah Dipahami?

Pernah dimuat di Rimanews.com, 24/07/2012, klik!

Judul                                      : Ajaibnya Cewek

Penulis                                 : Endik Koewoyo

Penerbit                               : Diva Press

Tahun Terbit                         : Juni, 2012

Jumlah Halaman               : 204 halaman

ISBN                                      : 978-602-7665-15-6

Peresensi                            : Muhammad Rasyid Ridho, Aktivis Forum Lingkar Pena Malang Raya dan Ketua Journalistic Club Ikom UMM, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM.

“Dalam hal cinta-mencintai, kita harus bisa fleksibel, Mas. Menurut saya, cowok memang dituntut untuk punya kesabaran lebih karena memang cewek nggak mudah dipahami.” (hal 127)

Ini menjadi pertanyaan besar dalam novel karya Endik Koeswoyo yang berjudul, Ajaibnya Cewek. Jo, tokoh utama novel ini telah dua kali harus move on akibat diputus pacarnya. Padahal, apa yang kurang dari ketulusan cintanya? Tak ada. Hampir semua cintanya miliki pacarnya saat itu. Sayang, kisah cinta dengan pacar pertama dan keduanya berakhir kandas di tengah jalan.

Cinta pertama dia dan Dewi yang harus LDRan harus putus ditengah jalan karena keinginan Dewi yang tak kuat menjalani LDR. Padahal, kurang apa Jo memberikan semuanya untuk Dewi. Tulus banget, sayangnya semua itu harus dibalas dengan pemutusan hubungan oleh Dewi.

Setelah lama memutuskan untuk menjomblo, ternyata Jo tertarik dengan adik teman sahabatnya Jo. Setelah berjalan, hanya karena sms nggak jelas semacam “Ayank, beliin aku pulsa di nomor baru aku ini ya. Aku lagi ada urusan penting, nanti aku telepon kamu ya agak malaman dikit, miss you…” Sms yang Jo sendiri nggak tahu dari siapa, namun apa daya sms itu membuat Rina sensi dan cemburu, yang kemudian mengakhiri hubungannya dengan Jo karena menganggap Jo selingkuh. Nasib ya nasib, ya nasib Jo sungguh tak beruntung saat itu.

Lagi-lagi Jo harus sendiri dan lagi-lagi Jo harus jatuh cinta kembali pada Cindy. Cewek satu kampusnya yang banyak orang memuji kecantikan dan keelokan tubuhnya. Setelah awalnya Cindy hanya menjadikan Jo sebagai teman yang mengaku pacar saat menghadiri pesta mantan pacarnya. Akhirnya, Cindy pun harus luluh dan mengakui cintanya pada Jo yang memang sudah lama mencintainya dengan tulus.

Nasib apa namanya yang menimpa Jo hingga harus kecewa setelah menemukan Cindy dan seorang lelaki sedang asyik-masyhuk berfoto ria di dalam mobil. Patahlah hati Jo. Hancur leburlah cinta  Jo. Limbung sudah hidupnya sejak itu. Hingga, dia harus pulang ke rumah diantarkan oleh polisi karena memakai jalan sembarangan tanpa melihat rambu-rambu di jalanan.

Tetapi, ternyata semua itu hanya kesalahpahaman. Yang seharusnya bisa diselesaikan dengan baik, jika benar-benar cinta dan ada iktikad untuk memperbaiki hubungan. Selain kisah Jo, juga ada kisah tokoh lain yang bernama Kepo, sahabat seperjuangan yang hampir sama mengalami apa yang dialami Jo. Putus cinta, patah hati karena  dikhianati oleh ceweknya. Bisa  jadi benar lelaki harus lebih banyak bersabar, karena hampir semua perempuan itu membingungkan alias sulit untuk dipahami. Selain itu memang adanya sikap saling menerima pasangan dan saling pengertian, maka hubungan lawan jenis (sah)  akan baik-baik saja, insya Allah. Bagaimana ending kisah mereka, silakan sahabat membaca sendiri di novel ringan yang cukup sarat hikmah ini!

2 thoughts on “Benarkah Cewek Susah Dipahami?

  1. indah 7 Oktober 2014 / 11:03

    unsur intrinsik nya enggak ada kah?

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s