(13-Resensi Buku 2013-Rimanews.com 13 April 2013) Jalan Berliku Mencari Cinta Sejati

RIMANEWS-Perjalanan cinta setiap anak manusia berbeda antara satu dan yang lainnya. Ada yang mulus-mulus saja tanpa hambatan, ada yang sedikit ganjalan, ada pula yang penuh liku sejak awal hingga akhirnya sampai pada yang didamba. Yang terakhir tersebut inilah yang mungkin terjadi pada Renata. Tokoh utama dalam novel I’m In Love karya Rut Pamestri Utami.

Dalam prolog novel ini saja Renata sudah harus mengalami patah hati. Renata mencintai sahabatnya sendiri, Aldo. Tetapi Aldo menolaknya. Bukan karena tak suka tetapi karena tak ingin persahabatan mereka hancur karena adanya hubungan lebih dari persahabatan. Tentu Renata kecewa, namun ini mau bagaimana lagi, dia pun berpikir persahabatan ini tak boleh rusak hanya karena egonya saja. Dia harus menerima. Untung saja Renata punya sahabat lain selain Aldo yang bernama Tere. Dia yang menguatkan Renata ( halaman 9-15).

Radith, nama tokoh lain yang Renata cintai. Dia lagi berusaha mandiri dengan menjadi wirausaha, salah satunya membuat konter menjual pulsa. Suatu malam,  saat Renata membantu menjaga konter Radith sekalian juga sebagai alasan bertemu dengannya. Tiba-tiba tak dinyana Radith mengajaknya makan Mie Ayam. Selesai makan, ditengah jalan hujan turun dengan derasnya. Mereka mencari tempat berteduh. Radith memberikan jaket yang dipakainya pada Renata untuk dipakai. Didekapnya Renata dan diusap kepalanya dengan hangat. Tentu Renata senang.

Dari atas genteng tempat mereka berteduh, ada sebuah batu jatuh. Renata mengambilnya dan mereka berdua bergurau menyepakati batu itu adalah batu keberuntungan. Akhirnya, Renata meminta agar hujan segera berhenti. Ternyata hujan berhenti. Renata meminta Radith menyimpan batu itu. Radith mengatakan batu itu adalah batu ajaib. Batu cinta, batu keberuntungannya dan Renata. Rasanya sejak itu Renata kembali jatuh cinta. Ya, cinta pada Radith (halaman 20-23).

Selain bersama Radith, Renata punya kisah lain bersama Moses. Setelah lama mereka berdua tak ada komunikasi, tiba-tiba Moses meng-sms Renata dan mengajaknya mencari kaos. Mereka semakin dekat dan Renata semakin nyaman di dekat Moses. Terlebih ketika Radith mengatakan masih mencintai Merry, mantan pacarnya yang telah menikah. Pasti Renata sangat kecewa dan patah hati. Terutama ketika Radith meminta dia mencari yang lain karena telah mengganggu waktunya untuk fokus pada usahanya (halaman 40).

Semakin dekat dia dengan Moses, namun dia masih trauma lantaran takut tertolak lagi untuk ketiga kalinya (halaman 43). Sekonyong-konyong pula ada inbox facebook dari Irgi teman Renata di daerah asalnya Yogyakarta, yang meminta Renata untuk menjadi pacarnya. Namun, Renata sadar tak mencintai Irgi. Segera dia tutup akun facebooknya.

Tak berakhir di situ, ternyata Moses yang telah menjadi harapan terakhir Renata pun hanya menganggap dia sebagai teman saja. Belum bisa sampai lebih dari teman. Lantaran memang Moses sudah punya hubungan khusus dengan perempuan lain. Kecewa dan patah hati yang sangat untuk ke sekian kalinya bagi Renata (halaman 56).

Akhirnya, Renata memutuskan untuk resign  dari tempat dia bekerja di Surabaya untuk kembali ke kotanya Yogyakarta. Untuk meninggalkan dua kenangan manis sekaligus pahitnya di sana, Radith dan Moses. Mamanya ingin Renata menjalani hubungan atau merestui jika dia mempunyai hubungan khusus dengan Irgi. Renata masih tetap, dia tidak mencinta Irgi.

Karena paksaan mamanya, Renata pun mencoba mencintai Irgi. Namun, ternyata bagaimanapun dia mencoba, tak ada rasa pun tumbuh untuk Irgi. Akhirnya Renata memutuskan Irgi. Ketimbang semua yang dilakukan terpaksa dan tak menghasilkan apa-apa. Terlebih jika lebih lama mereka jalani, akan semakin terbuka membuat luka yang lebar bagi Irgi (halaman 98-99).

Singkat cerita, ternyata Radith dan Moses sama-sama mencari Renata. Tetapi, ketika Radith menemukan Renata, ternyata dia sudah bersama Moses. Kecewa yang didapatkan Radith. Moses dengan pendekatan yang lebih berusaha membuka lagi hati Renata untuknya. Moses ingin Renata jadi pacarnya, sekaligus jadi calon istrinya.

Tanpa diduga masa lalu Radith datang lagi, Merry. Dia ingin kembali pada Radith (169-175). Radith tak bisa apa-apa, walau dia tahu hatinya menolak karena ada Renata yang dia cinta. Tetapi dia pun tak bisa menolak Merry cinta lamanya. Namun, pada akhirnya Merry tahu bahwa yang dicintai Radith adalah Renata. Begitu pula Moses pun sadar bahwa Radith yang ada di hati Renata. Akhirnya, Merry rela melepas Radith untuk Renata dan Moses rela melepas Renata untuk Radith.

Secara keseluruhan novel ini menarik untuk dibaca. Setidaknya ada dua hikmah yang akan pembaca dapati setelah membacanya. Yang pertama, kebahagiaan itu tak datang semudah yang dibayangkan. Pepatah mengatakan, “Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” Yang kedua, adalah cinta sejati akan didapati dengan kejujuran hati. Kejujuran hati, itulah letak cinta sejati.

Sayangnya, saya menemukan beberapa kesalahan. Diantaranya di halaman 157, kesalahan penulisan yang seharusnya Mos tetapi tertulis Mas. Juga kesalahan tanda yang ada dalam kalimat langsung sebelum tanda tanya ada titik, seharusnya tidak perlu titik, itu terdapat di halaman yang sama. Namun, bagaimanan pun itu, novel ini layak untuk Anda baca. Menghibur dan menginspirasi.

______________________________________________

Judul                            : I’m In Love

Penulis                          : Rut Pamestri Utami

Penerbit                       : Bening(Diva Press)

Tahun Terbit                : Pertama, 2012

Jumlah Halaman          : 235halaman

ISBN                           :  978-602-7695-08-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Ketua Journalistic Club Ikom UMM dan anggota  Forum Lingkar Pena Malang Raya. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM.

 

http://www.rimanews.com/read/20130413/98675/jalan-berliku-mencari-cinta-sejati

 cover im in love

2 thoughts on “(13-Resensi Buku 2013-Rimanews.com 13 April 2013) Jalan Berliku Mencari Cinta Sejati

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s