(17-Resensi Buku 2013-Rimanews.com 30 April 2013) Nasi Uduk Pembawa Berkah

Judul                            : Kuingin Jadi Sajadahmu

Penulis                          : Fahri F. Fathoni

Penerbit                       : Safirah (Diva Press)

Tahun Terbit                : Januari, 2013

Jumlah Halaman          : 211 halaman

ISBN                           :  978-602-7723-26-9

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho,Ketua Journalistic Club Ikom UMM dan anggota  Forum Lingkar Pena Malang Raya. MahasiswaJurusan Ilmu Komunikasi UMM.

Fira Anggraheni adalah seorang gadispenjual nasi uduk di pasar Klaten. Setelah ditinggal meninggal oleh kedua orangtuanya, dia harus menjadi tulang punggung keluarga mengurusi dan membiayaihidup termasuk sekolah adiknya, Farid. Setiap pagi selalu saja aktivitasnyasama, pergi ke pasar menjual nasi uduk. Hidup mandiri dengan usaha sendiri.

Harapan perubahan hidup munculseiring info diadakannya lomba memasak yang diadakan oleh salah satu TV swasta,TV Pluto. Fira ingin sekali mengikutinya. Dia mendapatkan izin pula daripamannya, Hadi. Maka dengan uang hasil penjualan perhiasan peninggalan orangtuanya dan sepeda yang biasa dia pakai untuk menjual nasi uduk ke pasar.

Dengan bekal uang seadanya dankeyakinan Fira dan Farid berangkat ke Jakarta. Setiba sampai di Jakarta Firalangsung ke tempat diadakan lomba. Dalam perlombaan Fira membuat nasi udukseperti yang biasa dia jual namun kali ini memakai variasi penataan agarterlihat lebih indah nan cantik. Fira tak merasa kesulitan membuat nasitersebut, hanya sedikit canggung saja. Terutama karena ada Robert Brady yangmenjadi juri tamu dalam lomba tersebut. Artis muda yang sangat disukai olehFira.

Setelah selesai, sambil menunggupengumuman hasil penilaian juri tak hentinya Fira berharap yang terbaikbaginya. Tak dinyanya dia menjadi pemenang pertama dalam lomba tersebut. Jurimenganggap nasi uduk Fira enak sekali. Sampai ada yang menganggap diberimantra-mantra. Tentu Fira menyangkal hal tersebut karena dia pertama kalinyabelajar kepada ibunya, dan membuat nasi uduk dengan bahan alami. Sungguh nasiuduk yang membawa keberuntungan, membawa keberkahan.

Tanpa sangka pula, ternyata RobertBrady ingin menikahi Fira. Tak pelak Fira terkejut. Dengan persetujuan Farid,Fira pun menyetujui dan mereka menikah. Sekaligus melaunching rumah makan milikFira. Suatu ketika sebagai artis tentu ada waktu di mana Robert harus lamameninggalkan rumah karena syuting, kali itu kata Robert ke Sumatera. Lamasekali, Fira bahkan seakan tak sanggup menahan rindu.

Sesampainya kembali Robert ke rumah,dia membawa teman satu filmnya, Gaino. Fira senang bukan kepalang ataskedatangan suaminya. Segala rindunya telah menemukan obatnya. Namun sayangkebahagiaan sementara ternyata, Robert membius Fira. Setelah itu secarabersama-sama Robert dan Gaino menyetubuhi Fira. Dan ketika tersadar Fira kagetdalam keadaan telanjang dan melihat surat perpisahan dari Robert dan foto-fototelanjang mereka bertiga.

Sedih sekali dia. Singkat ceritasetelah itu datang surat cerai dari Robert. Kandungan Fira semakin besar. Diamengidam rujak yang enak di tempat Paman Hadi. Akhirnya Paman Hadi mengirimTaufik pekerjanya untuk datang ke rumah Fira. Kedatangan Taufik yang ternyataadalah orang yang pernah dia tabrak saat pulang dari pasar membuat Firabahagia. Ngidamnya akan terpenuhi.

Ujian baginya belum selesai, diadifitnah telah membunuh mantan suaminya, Robert. Dia sempat ditahan sementara.Namun karena tak ada bukti dan terbukti Robert kecelakaan, dia dibebaskan.Setelah itu Taufik yang dia minta menetap di Jakarta dan menjadi penjaga kasirdi rumah makannya, ternyata berniat baik untuk menikahi Fira. Bahagialah Firaakan mendapatkan suami yang baik dan shalih seperti Taufik.

Novel ini memberikan hikmah bahwaujian bisa jadi melalui kesenangan yang diberikan Allah pada kita. Maka, sudahselayaknya bersyukur serta istighfar ketika mendapatkan kesenangan dan memintakekuatan untuk melalui ujian di dalamnya. Makna yang sangat bermafaat bagikita.kuingin jadi sajadahmu

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s