(25-Resensi Buku 2013-Berita99.com 10 Juni 2013) Kisah Mereka Yang Overdosis Cinta

Judul                         : Loverdosis

Penulis                      : Danessi Moore

Penerbit                    : Ping!!! (Diva Press)

Tahun Terbit              : April, 2013

Jumlah Halaman        : 163 halaman

ISBN                           :  978-602-255-068-6

Peresensi                   : Muhammad Rasyid Ridho, Ketua Journalistic Club Ikom UMM dan anggota  Forum Lingkar Pena Malang Raya. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM.

 

Demam boyband dan girlband membuat siswa dan siswi di Lovasco High School juga ingin membuat boyband. Candle Boys adalah boyband terkenal di sekolah tersebut, yang digawangi oleh Syam Alfredo, Ken, Victor, Bruno, Jayden, serta si kembar Biko dan Biki. Mereka selalu membuat histeris siswi-siswi di sekolah tersebut.

 

Namun, kematian Syam, personel yang paling banyak fansnya membuat mereka kecewa. Termasuk salah dua dari personel persahabatan Firefly Girls, Cinmy dan Kania. Salah satu dari mereka Kyukyu tidak termasuk. Usut punya usut ternyata bunuh diri oleh Syam karena pacarnya selingkuh dengan salah satu rekannya di Candle Boys, Ken. Kekecewaannya terhadap pengkhianatan sahabatnya sendiri dan orang yang dicintainya membuatnya untuk nekad bunuh diri, itulah salah satu yang disebut oleh Loverdosis.

 

Kyukyu tokoh utama dalam novel ini memang tidak terlalu tertarik dengan hingar bingar pesona boyband yang banyak membuat siswi-siswi seumurannya mati kutu.  Dia lebih tertarik dengan melestarikan budaya. Menari Jawa plus dagelannya. Dia merasa harus ada di antara sekian banyak generasi yang sudah lebih banyak menyukai budaya luar, yang melestarikan budaya dalam negeri. Dia ingin menjadi salah satu yang melestarikan tersebut.

 

Kematian Syam ternyata membawa banyak perubahan bagi Cinmy  yang mungkin cinta mati, atau seperti yang disebut oleh Kyukyu adalah loverdosis, plesetan dari over dosis cinta. Bahkan sampai-sampai Syam hadir di mimpi Cinmy hampir setiap malam. Syam mengatakan kalau arwahnya masuk ke kucing kesayangan Syam yang ada di rumahnya. Syam meminta Cinmy untuk menjaganya.

 

Akhirnya, Cinmy mengajak Kyukyu untuk mengambil kucing kesayangan Syam tersebut. Dan mereka pun mendapatkan kucing tersebut. Namun, setelah itu Cinmy nggak pernah masuk sekolah. Hal ini membuat Firefly Girl kekurangan personelnya yang biasa membuat keramaian di antara mereka.

 

Sekolah pun ramai dengan datangnya artis baru yang akan menjadi personel baru Candle Boys pengganti Syam, Judit. Judit adalah teman kecil Kyukyu. Sama seperti Kyukyu dia juga suka melukis. Sejak kecil mereka sudah merasakan yang namanya cinta di antara keduanya. Ternyata sampai saat itu mereka pun masih saling cinta, namun Kyukyu masih tak mau mengungkapkan dan ia merasa belum siap dengan konskuensi cinta.

 

Namun, Judit tetap memaksa dan melakukan hal yang konyol yaitu bernyanyi malam-malam di depan rumah Cinmy ketika Kyukyu dan Kania menjenguk Cinmy. Ia menyanyikan lagu cinta khusus untuk Kyukyu. Namun, bukannya Kyukyu tersipu dan menerima Judit, tetapi malah menyiram Judit dengan air dan menyuruhnya pulang. Ini juga yang mungkin oleh Kyukyu disebut loverdosis.

 

Cinmy semakin sakit karena kehilangan kucing milik Syam. Bukan hanya itu, ternyata dia juga mengidap kanker otak. Singkat cerita dia meninggal akibat sakit parah yang dideritanya tersebut. Firefly Girl sedih kehilangan salah satu personelnya. Padahal mereka  berencana membuat girlband untuk menyaingi Young Girls. Namun, sampai saat itu mereka tidak terealisasikan karena kehilangan salah satu sahabatnya, Cinmy.

 

Begitulah, memang segala sesuatu di dunia ini tidaklah boleh berlebihan, termasuk cinta. Kiranya hal ini menjadi amanat dalam novel 163 halaman ini. Ada satu quote menarik dalam novel ini yang mungkin bermanfaat bagi pembaca, “Jangan terlalu berlebihan mencintai seseorang. Sesuatu yang berlebihan itu buruk. Segalanya bukan milik kita, semua hanya titipan. Tapi, bersungguh-sungguhlah menjaga titipan-Nya.” (halaman 157). Selamat membaca!

 

Karya-karya lainnya berupa cerpen, artikel, resensi, dan puisi juga dimuat di beberapa media offline maupun online, antara lain di Kompas, Jawa Pos, Koran Jakarta, Radar Surabaya, Malang Post, Republika, Harian Surya, Metro Riau, Majalah Matan,  Majalah Gizone, Majalah Sabili, Koran Kampus UMM Bestari, Kompas.com Okezone.com, Annida online, Eramuslim.com, Analisisnews.com, Dakwatuna.com, Fimadani.com, Rimanews.com, Wawasanews.com, Wasathon.com, Radarseni.com, nusumenep.or.id, berita99.com, eramadina.com,  Minimagz Gen_M2.

*dimuat di berita99.com http://www.berita99.com/review/8152/kisah-mereka-yang-overdosis-cinta

loverdosis
cover doc writerpreuner

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s