(28-Resensi Buku 2013-mediamahasiswa.com 16 Juni 2013) Cita-Cita dan Cinta Datang di Saat yang Tepat

Judul                            : Entangled

Penulis                          : Michelle Tanera

Penerbit                       : Bentang Belia

Tahun Terbit                : Maret, 2013

Jumlah Halaman          : 252 Halaman

ISBN                           : 978-602-9397-91-8

Peresensi*                     : Muhammad Rasyid Ridho, Ketua Journalistic Club Ikom Universitas Muhammadiyah Malang dan bergiat juga di Forum Lingkar Pena Malang Raya. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM.

 

Chloe Rebecca Dahl adalah model muda asal Belgia. Cantik dan berbakat. Ketika liburan dia ingin mengunjungi Indonesia. Tempat di mana lelaki yang dia cintai ada, Taura Tanoto. Begitu prolog novel karya Michelle Tanera ini berjalan.

 

Chloe dan Taura kenal sejak kecil. Kemudian mereka akrab, suatu ketika Chloe kecil mengucapkan yang mungkin lelucon bagi anak seumuran mereka, yakni akan menikah dengan Taura. Taura hanya menanggapinya tidak serius, karena walau jarak umur mereka cukup berdekatan, setahun. Tetapi, Taura menganggap Chloe sebagai adiknya saja.

 

Beberapa tahun lalu sebelum di Belgia sebelum Taura kembali ke Indonesia. Mereka sempat cekcok karena Chloe yang sudah tidak bisa dikatakan anak kecil lagi, mengungkapkan apa yang dulu pernah dia katakan ketika masih kecil. Sayang respon Taura masih saja, menganggap Chloe sebagai adik kecilnya, dan satu alasan lagi yang dia simpan dalam hati, merasa tak pantas dengan Chloe. Sampai mereka berpisah jarak antara Belgia dan Indonesia, itulah kisah akhirnya.

 

Tahun berlalu. Kedatangannya di Indonesia Taura sambut dengan baik, dia jemput Chloe di Bandara. Taura sudah melupakan kejadian waktu itu, buktinya dengan menjemput Chloe dengan baik. Chloe tinggal bersama keluarga Dewantara yang juga menyambutnya dengan suka cita. Keluarga yang lebih dekat dengan Taura ketimbang keluarga Tanoto, sehingga saat ini Taura lebih terkenal dengan Taura Dewantara.

 

Ternyata liburan Chloe di Indonesia dijadikan kesempatan Andres Ichijou untuk mendekatinya lebih dari sebelumnya. Andres adalah penyanyi terkenal Asia yang kini sedang memulai debut internasionalnya. Andres mengajaknya untuk menjadi model di proyek video klip albumnya. Taura yang tahu Chloe hanya untuk liburan di Indonesia agak keberatan dengan ajakan Andres, tetapi karena Chloe merasa Andres cukup nyaman dijadikan teman. Chloe menyetujui, terlebih tempat syuting mereka nanti adalah Bali, bisa saja nanti akan menyenangkan.

Selama satu minggu mereka berada di Bali untuk mengambil gambar video klip Andres. Ternyata, tanpa memberitahu sebelumnya pada Chloe konsep video klip yang akan Chloe bintangi adalah untuk lagu One Day Less. Lagu cinta, dalam konsep yang romantis Chloe dan Andres menikah di sebuah gereja di Bali. Chloe kaget bukan kepalang, demi keprofesionalan dia setujui saja apa mau Andres.

 

Satu hal lagi yang dikagetkan Chloe adalah keikutsertaan Anya Anggabrata. Anya adalah teman Taura di sekolah, sebenarnya baik dan sopan. Tetapi keinginannya untuk memiliki Taura menghilangkan kebaikannya tersebut. Anya terobsesi menjadi model seperti Chloe. Dalam audisi yang diadakan oleh manejemen Andres, Anya terpilih karena rekomendasi dari Jovan sepupunya yang kebetulan kenal dengan juri.

 

Konflik memuncak dari sini, ketika ternyata Anya diam-diam mendengar dirinya tidak terpilih secara fair dibicarakan oleh petinggi manajemen Andres. Hal itu karena mereka cukup kecewa dengan Anya yang masih belum bisa tampil natural ketika syuting, sehingga harus take beberapa kali. Ketika kembali dari Bali, Anya malah memfitnah Chloe yang mengatakan semua itu dan menangis di depan Jovan dan Taura. Akhirnya, entah kenapa Taura marah sekali mendengar itu, baru kali ini Chloe mendapat bentakan yang keras dari seorang Taura. Taura juga tak mempercayainya, sedih dan air matanya keluar. Akhirnya dia keluar dan pergi menuju tempat Andres (halaman 149-150).

 

Entah mengapa dia memeluk Andres dan bercerita apa yang terjadi. Tahu apa yang terjadi Andres pun memeluk erat Chloe, akhirnya Chloe sadar dan segera melepas pelukan Andres. Ketika mereka berpelukan Taura sempat melihatnya kemudian meninggalkan mereka berdua, dan Chloe tambah sedih dengan itu.

 

Singkat cerita Taura dan Chloe pun baikan dan Taura berjanji akan membahas kelanjutan hubungan mereka ke depan suatu saat. Liburan Chloe habis dan akan langsung ke Amerika untuk mengikuti pemotretan dengan model terkenal. Sedangkan Taura lulus SMA dan melanjutkan ke Barkeley mempelajari perhotelan. Sampai Ending menceritakan Taura Jonathan Tanoto menjadi CEO Lannou Indonesia dan Chloe menjadi model terkenal. Dan mereka memutuskan untuk menikah.

 

Begitulah, cita-cita dan cinta akhirnya bertemu saat waktu yang tepat, ketika mereka telah sukses. Cinta pun harus teruji oleh waktu dan mereka berdua tetap dalam cinta. Cinta gila seorang gadis Belgia pun mendapatkan jawabannya. Semoga Anda mendapatkan pesan positif novel ini, selamat membaca!

(*):

Entangled
cover

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s