(34-Resensi Buku 2013-Eramadina.com 27 Juni 2013) Mengungkap Identitas Lelaki Berbibir Miring

Judul                            : Sherlock Holmes : Sebuah Skandal di Bohemia dan Pria Berbibir Miring.

Penulis                          : Sir Arthur Conan Doyle

Penerbit                       : Laksana (Diva Press)

Tahun Terbit                : Mei, 2013

Jumlah Halaman          : 124 halaman

ISBN                           :  978-602-7724-56-3

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM. Ketua Journalistic Club UMM.

Kisah detektif cukup banyak peminatnya. Kabarnya, salah satu kisah detektif pertama adalah Sherlock Holmes karya seorang dokter. Buku ini sangat banyak sekali peminatnya. Karena kepiawayan dan kecerdasan otak Holmes dalam mengungkap sebuah kasus.

 

Kali ini Sherlock mendapatkan tugas dari seorang istri lelaki kaya bernama Neville. Selama beberapa hari suaminya menghilang. Dia kebingungan. Sebelumnya, dia mendapati suaminya berada di sebuah rumah bernama Swandam Lane, tempat orang menghisap madat (mabuk). Setelah bertatapan mata mereka, Neville melambaikan tangan. Namun, setelah itu suaminya seakan ditarik oleh seseorang, dan menghilang.

 

Karena kaget St. Clair istri Neville pun berusaha naik ke atas, namun dihalangi oleh preman yang menjaga di sana, bahkan dipukuli. Akhirnya, Nyonya St. Clair terus berjalan hingga mendapati polisi. Lalu dia melaporkan apa yang tengah terjadi padanya. Mereka lalu segera ke Swandam Lane, dan langsung menuju ke atas kamar yang tadinya ada Neville. Namun, tidak ada siapa-siap selain seorang lelaki pengemis berbibir miring.

Polisi memeriksa semua tempat, tetapi tidak menemukan Neville. Di jendela kamar tersebut ada darah, sehingga untuk penyelidikan pengemis itu ditahan. Sejak kejadian itu, suaminya tidak pulang ke rumah. Tidak ada kabar, entah mati ataukah masih hidup. Nyonya St. Clair pasti bingung perihal ini.

 

Holmes awalnya mencoba mencoba mencari jawaban apakah orang seperti pengemis bungkuk itu bisa membuat Neville mati dan membuangnya ke sungai lewat jendela? Tetapi, di jendela ada darah. Darah siapa itu? Dia bertanya-tanya, untuk mengungkap kasus yang janggal ini. Holmes mengira Neville sudah tewas hari senin  (halaman 41).

 

Upaya pengungkapan bertambah rumit. Kaget bukan kepalang Holmes. Karena datang surat yang atas nama Neville untuk Nyonya St. Clair. Dalam surat itu Neville mengatakan bahwa semua akan baik-baik saja, karena terjadi kesalahpahaman sementara dia tidak pulang ke rumah dulu dan meminta St. Clair sabar menunggu (halaman 44). Dalam surat itu juga ada cincin.

 

Sepertinnya Holmes sudah mulai menemukan jawaban tentang ini. Kemudian dia bertanya lagi pada Nyonya St. Clair bahwa tentang hubungan suaminya dengan madat dan Swandam Lane. Ternyata, tidak ada hubungan antara Neville dan madat.

 

Muncul teori dalam otak Holmes. Dia ingin menguji teorinya. Ternyata dia selama ini tertipu apa yang dia lihat di depan matanya. Dia mendatangi kantor polisi dan ingin melihat pengemis berbadan bungkuk yang masih ditahan di sana.

 

Saat itu Neville sedang tertidur lelap. Wajahnya dekil, ada bekas luka. Ada keinginan Holmes untuk memandikan pengemis itu. Bukan hanya untuk membersihkan kotoran di mukanya, tetapi untuk mengungkap siapa dia sebenarnya. Setelah bersih, maka akan terlihat dia sebenarnya adalah Neville yang selama ini dicari oleh istrinya.

Rupanya Neville mendapatkan kekayaan karena menjadi pengemis. Dulunya dia bekerja sebagai wartawan dan mendapatkan tugas meliput para pengemis. Dalam melaksanakan liputannya dia menyamar menjadi pengemis juga. Tidak mudah baginya merubah wajah dan tubuhnya, karena dia memiliki pengalaman teater.

 

Namun, karena dia merasa hasil mengemis lebih banyak ketimbang bekerja menjadi wartawan akhirnya dia berhenti dari media dan menjadi pengemis. Dari itulah dia mendapatkan kekayaan. Istrinya tidak tahu akan hal itu, St. Clair menganggap Neville bekerja kantoran.

 

Kecerdikan holmes adalah kecerdikan penulisnya, Sir Arthur Conan Doyle. Dokter yang menguasai ilmu detektif. Masih ada satu kasus lagi dalam buku ini yang harus diungkap Holmes. Anda bisa baca sendiri nantinya.

Walaupun buku 124 halaman ini bukanlah serial terbaru, paling tidak penerbit Laksana memudahkan Anda untuk mencari serial Sherlock Holmes yang sebelumnya di pasaran sulit ditemukan. Ini hadiah bagi Anda pecinta kisah detektif dan Holmes.

 

*dimuat di eramadina.com 27 Juni 2013 http://eramadina.com/mengungkap-identitas-lelaki-berbibir-miring/

Sherlock-Holmes-cover-web
cover sherlock holmes (diva press)

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s