(36-Resensi Buku 2013- Nusumenep.or.id 27 Juni 2013) Dahsyatnya Energi Tahajjud

Judul                            : Tahajjud Sangat Menakjubkan!

Penulis                          : Muhammad Muhyidin

Penerbit                       : Safirah  (Diva Press)

Tahun Terbit                : April, 2013

Jumlah Halaman          : 186 halaman

ISBN                           :  978-602-7724-41-9

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Alumni Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso.

Shalat merupakan amal yang paling pertama kali dihisab saat hari kiamat. Apabila bagus shalatnya, maka akan bagus pula seluruh amalnya. Sebaliknya, jika rusak shalatnya, maka akan rusak pula amal lainnya. Disabdakan Rasullah pula, bahwa shalat adalah ‘imaduddin, tiang agama. Jika shalat sebagai tiang rapuh, maka agama pun akan ikut rapuh.

Begitulah letak pentingnya shalat dalam kehidupan setiap muslim. Tidak hanya shalat lima waktu, tetapi juga dengan shalat-shalat sunnah lainnya. Di antara banyak shalat sunnah, shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam atau biasa disebut tahajjud. Dalam hadits Rasulullah Saw disebutkan, “Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat tengah malam.” (HR. Ahmad).

Di dalam surat Adz-Dzariyaat ayat 15-17 juga disebutkan bahwa taman-taman surga itu akan menjadi milik orang bertakwa. Orang bertakwa yang dimaksud adalah orang yang berbuat kebaikan selama di dunia dan juga sedikit sekali tidur ketika malam. Di malam-malam itu mereka bertahajjud, banyak mengingat Allah.

Namun, sangat disayangkan oleh penulis buku Tahajjud Sangat Menakjubkan! Banyak orang yang tidak memanfaatkan keutamaan dari Tahajjud ini. Padahal, sudah jelas bahwa shalat malam itu sangat baik bagi muslim. Padahal ada di antara mereka bangun pada malam hari namun lalai tidak melaksanakan tahajjud. Hanya mementingkan kehidupan duniawi, biasanya anak muda bangun untuk nonton sepak bola. Bahkan, ada yang lebih dari itu mereka memanfaatkan malam bukan untuk ibadah tetapi untuk maksiat kepada Allah. Na’udzubillah.

Muhyidin dalam buku ini berupaya memotivasi pembaca agar mau melaksanakan tahajjud dengan memaparkan keutamaan dari energi tahajjud lainnya. Di antaranya, orang yang melaksanakan tahajjud akan masuk surga dengan damai. Berdasarkan hadits Nabi Saw, “ Wahai manusia, sebarkan salam, berikanlah makanan, sambunglah persaudaraan dan kerjakankan shalat di malam hari ketika manusia sedang tidur, maka kalian akan masuk surga dengan penuh kedamaian. (HR. Tirmidzi dan Ibn Majjah)

Selain itu tahajjud juga memiliki energi lain yakni sebagai pencegah dan penghapus dosa. Sebagaimana hadits Rasulullah Saw, “Tetaplah kalian untuk mengerjakan shalat malam karena ia merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia merupakan pendekatan kepada Tuhan kalian, penghapus dosa-dosa, dan pencegah penyakit dari badan.” (HR. Tirmidzi). Sebagaimana disebutkan di hadits di atas, tahajjud juga menjadi pencegah penyakit dari badan. Sebenarnya,  masih banyak energi lainnya selain di atas, yang bisa Anda baca dalam buku ini.

Agar tidak hanya memotivasi tetapi juga memberi solusi, penulis di bagian empat memberikan tips agar mudah bangun malam hari agar bisa melaksanakan shalat tahajjud. Pertama, memiliki azzam yang kuat untuk bangun malam (niat). Kedua, tidak terlalu banyak makan dan minum sebelum tidur. Ketiga, menggunakan pengingat atau alarm. Keempat, tidak terlalu banyak bekerja. Kelima, tidur sejenak di siang hari dan keenam tidak melakukan dosa di siang hari. Di bagian akhir buku ini penulis juga melengkapi dengan doa-doa penyejuk hati yang bisa kapan saja pembaca panjatkan, agar hati senantiasa tenang dalam rahmatNya.

Buku setebal 186 ini termasuk buku laris sejak awal Diva Press lahir dan kini dicetak ulang di penerbit yang sama. Karena, memang kandungan isi buku ini menginspirasi pembaca untuk mau dan bisa melaksanakan tahajjud. Setiap muslim disarankan membaca buku ini, semoga kita dimudahkan untuk melaksanakan tahajjud dan semakin hari semakin dekat dengan Allah Swt.

 

*dimuat di Nusumenep.or.id http://nusumenep.or.id/dahsyatnya-energi-tahajjud/

 

tahajjud-sangat-menakjubkan
cover tahajjud-sangat-menakjubkan

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s