(49-Resensi Buku 2013-Madura Channel 22 Agustus 2013) Al-Qur’an Menjawab Masalah Kehidupan

Al-Qur’an bagi ummat Islam adalah kitab suci, yang diturunkan pada Nabi Terakhir Muhammad Saw. Kitab suci ini untuk menyempurnakan turunnya kitab-kitab yang telah turun sebelumnya, Taurat dan Injil. Bedanya, Taurat dan Injil sudah tidak terjaga keasliannya, sedangkan Al-Qur’an selalu terjaga sejak turun hingga kiamat kelak.

 

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Hijr ayat 9, “Sungguh, Kamilah yang menurunkannnya (Al-Qur’an) dan kamilah yang menjaganya.” Al-Qur’an sebagai kitab suci akhir zaman memang diistimewakan oleh Allah. Sejak turunnya yang berangsur-angsur, ditulis juga dihafalkan di dada parang huffadz dan dijadikan satu menjadi mushaf pada zaman Khalifah Utsman.

 

Karena keistimewaannya tersebut, tidak mengherankan isi Al-Qur’an banyak terjadi pada zaman sekarang, termasuk di dunia sains. Seperti peristiwa terjadi alam semesta yang disebut Big Bang, sudah termaktub dalam Al-Qur’an pada surat Ar-Rahman ayat 37, “Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti kilauan minyak.”Buku karya ustadz Amin Sumanwijaya ini berisi tentang Al-Qur’an bahwasanya Al-Qur’an adalah kitab suci sebagai penuntun hidup agar mendapatkan kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Hal itu karena Al-Qur’an, berisi tentang petunjuk yang akan menjawab semua tentang masalah-masalah kehidupan.

 

Namun tidak seperti buku-buku lainnya buku ini tidak membahas dengan  bahasa penulis, akan tetapi penulis langsung mencantumkan arti ayat-ayat yang memiliki keterkaitan dengan masalah yang dibahas. Pembahasan dalam buku ini diantaranya adalah tentang Al-Qur’an sendiri dalam bahasan pertama. Seperti apa tujuan mempelajari Al-Qur’an, hal tersebut termaktub dalam surat Yusuf ayat 1-2, “Alif Lam Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al-Qur’an) yang jelas. Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al-Quran berbahasa Arab, agar kamu memahami.”

 

Pembahasan lainnya yakni tentang tauhid. Seperti siapakah Allah itu? Di manakah Allah? Mengapa Allah tidak suka disekutukan? 3 hal tersebut termaktub dalam (Q. 6: 12), (Q. 34: 50), dan (Q. 3: 18). Persoalan ibadah ada dalam pembahasan ketiga. Seperti mendirikan shalat (Q. 2: 43), berniaga dengan Allah (Q. 9: 103), sejarah haji (Q. 19: 41), bekal terbaik untuk menunaikan ibadah haji (Q. 2: 197).

 

Pembahasan tentang manusia, keluarga dan masyarakat ada pada bab 4, 5 dan 6. Walaupun buku ini tidak membahas masalah kehidupan dengan bahasa penulis dan langsung dengan ayat-ayat Al-Qur’an buku ini sangat bermanfaat bagi setiap muslim. Karena buku ini akan memudahkan pembaca untuk mempelajari Islam lebih dalam dan semakin cinta dengan Al-Qur’an. Karena Sabda Rasulullah Saw jika manusia berpegang teguh dengan dua perkara yakni Al-Qur’an dan As-Sunnah maka tidak akan sesat selamanya. Maka hidup dunia dan akhirat Anda Insya Allah selamat dan bahagia. Selamat membaca!

 

*Ketua Journalistic Club Ikom Universitas Muhammadiyah Malang dan bergiat juga di Forum Lingkar Pena Malang Raya. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM

 

Judul              : Biarkan Al-Quran Menjawab

Penulis          : Ust. Amin Sumawijaya

Penerbit         : Zaman

Tahun Terbit         : Cetakan, 2013

Jumlah Halaman     : 384 Halaman

ISBN             : 978-979-0243-46-0

Peresensi        : Muhammad Rasyid Ridho*

 

#http://www.madurachannel.com/games/11280-al-quran-menjawab-masalah-kehidupan.html

buku_Biarkan-Al-Quran-Menjawab_e
cover biarkan Al-Qur’an menjawab

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s