(50-Resensi Buku 2013-Madura Channel 22 Agustus 2013) Buku Lengkap Doa & Dzikir Haji dan Umrah

Banyak orang ingin sekali menginjakkan kakinya ke tanah suci Makkah dalam rangka haji ataupun umrah. Dalam buku karya H. Harun Abu Rofi’ie disebutkan ada doa agar bisa menunaikan haji dan umrah, doanya sebagai berikut. Allahumma ballighna makkata wal madiinah wal ‘arafah war zuqnal hajja wal ‘umratal mabrrurah wardha ‘annaa waghfir lanaa warhamnaa anta mawlaanaa fanshurnaa ‘alal qawmil kaafiriin.

 

Buku ini memaparkan doa-doa seputar haji dan umrah. Dimulai dari doa agar bisa menunaikan haji seperti di atas, doa keluar rumah, doa ketika haji dan umrah, semisal dzikiri setelah berihram, doa saat melihat Ka’bah, doa ketika thawaf sampai doa setelah melakukan haji dan umrah (halaman 7-111). Setelah bab pertama berisi doa-doa sejak akan berangkat, saat haji dan umrah hingga pulang, bab kedua membahas tentang tuntunan praktis haji dan umrah. Ibadah haji terdiri atas tiga macam, yaitu haji tamattu’, qiran dan ifrad. Ketiga jenis haji tersebut memiliki cara masing-masing.

 

Haji tamattu’ adalah haji yang mendahulukan idabah umrah daripada haji. Haji tersebut adalah bagi mereka yang tidak membawa hewan qurban (hadyu). Haji ifrad adalah haji yang mendahulukan ibadah haji, baru kemudian dilanjutkan dengan umrah. Haji ini adalah bagi warga Makkah yang membawa hadyu.  Haji adalah penggabungan antara umrah dan haji. Haji ini untuk orang yang bukan berasal dari Makkah yang tidak membawa hadyu. Bagi penduduk Indonesia, haji yang lebih utama dilakukan adalah haji tamattu’. Hal ini dikarenakan, mayoritas jamaah haji dari Indonesia berangkat haji tidak membawa hadyu (halaman 113-113). Pembahasan tentang haji tamattu’ difokuskan dalam buku ini.

 

Pada bab ketiga buku ini membahas tentang tips agar dimudahkan untuk menunaikan ibadah haji oleh Allah. Diantaranya banyak berdoa, selalu membaca surat Al-Imran pada saat shalat lima waktu, melakukan shalat hajat, perbanyak shadaqah, membaca asmaul husna, termasuk membuat tabungan haji.

 

Buku 164 halaman ini sedikit mirip dengan buku yang berjudul Amalan-Amalan Cespleng Cepat Bisa Haji/ Umrah karya Khalifi Elyas Bahar yang diterbitkan Diva Press juga. Namun, hampir separuh buku ini lebih banyak berisi dengan doa-doa, jadi buku ini semakin melengkapi isi dalam buku karya Khalifi Elyas Bahar tersebut. Ada baiknya Anda membaca kedua buku ini, jika memang berniat menunaikan ibadah haji dalam beberapa tahun ke depannya.

 

*Ketua Jurnalistik Club Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

 

Judul              : Kumpulan Terlengkap dan Praktis Doa & Dzikir Ibadah Haji dan Umrah

Penulis          : H. Harun Abu Rofi’ie

Penerbit         : Safirah (Diva Press)

Tahun Terbit         : Juli, 2013

Jumlah Halaman     : 164 halaman

ISBN             :  978-602-255-205-5

Peresensi         : Muhammad Rasyid Ridho

 

 

 

#http://www.madurachannel.com/games/11281-buku-lengkap-doa-a-dzikir-haji-dan-umrah.html

75270kumpulan-terlengkap-dan-praktis-doa-dzikir-ibadah-haji-dan-umrah
cover Kumpulan Terlengkap dan Praktis Doa & Dzikir Ibadah Haji dan Umrah

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s