(52-Resensi Buku 2013-Rimanews.com 30 Agustus 2013) Amalan Baik Yang Memudahkan Untuk Haji dan Umrah

Haji adalah rukun Islam yang kelima. Banyak orang yang ingin melaksanakan ibadah ini, tersebab tidak semua orang yang berkesempatan melaksanakan haji. Haji memerlukan dana sekaligus kesehatan yang baik. Jika kedua itu tidak dimiliki maka kesempatan pergi haji semakin sulit. Bagi Anda yang sudah memiliki kesempatan ada dana dan sudah mendaftar, ada baiknya membaca buku Amalan-Amalan Cespleng Cepat Bisa Haji/Umrah.Khalifi Elyas Bahar dalam buku ini membahas tentang sekilas ibadah haji dan umrah pada bab kedua. Ibadah haji bisa diartikan sebagai aktivitas berkunjung ke rumah Allah (Baitullah) untuk melakukan thawaf, sa’i, wuquf di Arafah, dan amalan manasik dalam waktu dan tempat tertentu. Ibadah ini menjadi salah satu ritual keagamaan tertua di dunia yangtelah berlangsung selama lebih dari empat ribu tahun. Karenanya, tidak salah ibadah ini disebut perjalanan spiritual (halaman 13-14).

 

Beberapa di antaranya keutamaan ibadah haji adalah berikut, pertama haji adalah amal dan jihad yang paling utama. Rasulullah pernah ditanya, “Amal apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Sahabat tersebut bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah,” Rasul ditanya lagi, “Setelah itu apa?” Rasulullah menjawab, “Haji yang mabrur.”

 

Keutamaan kedua dari haji dapat menghapus dosa. Hadits Rasulullah, “Barang siapa yang mengerjakan ibadah haji, sedangkan tidak bersetubuh dan tidak pula melakukan perbuatan dosa, maka ia akan kembali seperti saat dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhori, Muslim, Nasa’i, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

 

Ketiga menjadi duta Allah, sebagaimana dalam hadits Rasulullah Saw. “Orang-orang yang menunaikan haji dan umrah merupakan duta-duta Allah. Jika mereka memohon kepada-Nya, pastilah dikabulkan-Nya. Dan jika mereka meminta ampun, niscaya diampuni-Nya.” (HR. Nasa’i dan Ibnu Majah).

 

Keempat yang menunaikan haji akan masuk surga, dalam hadits Nabi, “Antara satu umrah dengan umrah lainnya dapat menghapuskan dosa yang ada di antara keduanya. Tiada balasan bagi haji yang mabrur, kecuali surga.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

 

Kelima, bagi orang haji akan terhapus kefakirannya. Sebagaimana hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, “Ikutilah antara haji dan umrah, karena keduanya akan menghilangkan kefakiran dan berbagai dosa…..”.

 

Sedangkan ibadah umrah adalah berkunjung ke Masjidil Haram dengan melaksanakan rukun-rukunnya. Di antara rukun-rukun umrah adalah, melakukan ihram di miqat, melaksanakan thawaf di seputar Ka’bah sebanyak tujuh kali, sa’i antara Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali, tahallul, dan tertib (berurutan). Bedanya dengan haji, umrah bisa dilakukan kapan saja, tidak terbatas waktu. Tidak terbatas pada bulan-bulan haji kecuali hari Arafah (10 Dzulhijjah) dan hari-hari tasyrik (11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

 

Hukum umrah disunnahkan bagi setiap muslim yang mampu (halaman 39).Umrah ada dua macam, yaitu umrah wajib dan sunnah. Umrah yang wajib adalah umrah yang berkaitan dengan ibadah haji sedangkan umrah yang sunnah adalah umrah yang dilakukan tidak ada hubungannya dengan ibadah haji.Umrah yang utama adalah umrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan, sabda Rasulullah Saw, “Umrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan seimbang nilainya dengan haji.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

 

Nah, amalan yang harus dilakukan agar bisa menunaikan haji dan umrah yang pertama adalah banyak berdoa, kemudian selalu membaca surat Ali ‘Imran dalam shalat lima waktu, memperbanyak shadaqah, melakukan perbuatan yang disenangi Allah SWT, membaca asmaul husna, dan tak lupa membuka manasik haji.

 

Buku 202 halaman ini tidak hanya berisi tentang uraian defini haji dan umrah, serta amalan apa saja yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan pertolongan agar bisa menaikkan haji namun juga dilengkapi dengan tuntunan haji dan umrah plus sedikit doanya. Buku ini mirip dengan buku Kumpulan Terlengkap dan Praktis Doa & Dzikir Ibadah Haji dan Umrah karya H. Harun Abu Rofi’ie. Bedanya buku tersebut fokus pada doa-doa haji dan umrah dan buku ini fokus tentang amalan yang memudahkan untuk bisa haji ataupun umrah. Ada baiknya Anda membaca dua buku ini, siapa tahu kelak kesempatan berziarah ke Tanah Suci Anda dapatkan. Semoga dan selamat membaca!

 

Judul : Amalan-Amalan Cespleng Cepat Bisa Haji/Umrah

Penulis : Khalifi Elyas Bahar

Penerbit : Sabil (Diva Press)

Tahun Terbit : Juni, 2013

Jumlah Halaman : 202 halaman

ISBN : 978-602-255-133-1

Peresensi : Muhammad Rasyid Ridho, Ketua Jurnalistik Club Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

 

http://www.rimanews.com/read/20130830/115698/amalan-baik-yang-memudahkan-untuk-haji-dan-umrah

cover Amalan-Amalan-Cespleng-Cepat-Bisa-Haji-Umrah-web
cover Amalan-Amalan Cespleng Cepat Bisa Haji/Umrah

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s