Belajar Kreatif Dari Orang-Orang Top Inspiratif

Top Words di Tribun Jogja 6 Oktober 2013
Top Words-Tribun Jogja

Judul                            : Top Words

Penulis                          : Billy Boen

Penerbit                       : B-First (Bentang Pustaka)

Tahun Terbit                : Pertama, Juni 2013

Jumlah Halaman          : 194 halaman

ISBN                           :  978-602-8864-78-7

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Banyak orang mengatakan hidup adalah pilihan, menjadi apapun manusia bebas memilih. Kendati demikian, manusia pasti memilih menjadi sukses. Tidak ada manusia yang memilih tidak sukses. Namun, tidak semua orang yang memilih menjadi sukses berani untuk menjadi sukses.

Berani mencoba lebih baik walau salah, ketimbang tidak melakukan apa-apa, kata tersebut cocok menjadi gambaran dari seorang Prayugo Gunawan. Prayugo merupakan lulusan jurusan Industrial Engineering, Institut Teknologi Nasional di Malang.

Setelah lulus dia mendapatkan tawaran kerja di sebuah pabrik di Bekasi. Dengan semangat muda, dia rela berangkat sendirian naik bus untuk wawancara pekerjaan tersebut. Setelah diterima dia baru tahu kalau gajinya kecil. Banyak orang yang menganggap dia bekerja di tempat yang salah, bahkan ayahnya menyuruh dia tidak mengambil pekerjaan tersebut. Tetapi Prayugo tidak mau, dengan alasan dia ingin mencoba dirinya sendiri, seberapa kuat dia hidup dalam keadaan sengsara.

Aneh, tapi itulah sebuah pilihan, life is about making choices. Karena Prayugo sudah memilih, maka jika pilihannya salah dia akan menerima dan belajar dari kesalahan tersebut agar tidak jatuh ke lubang yang sama dua kali sekaligus menjadi lebih baik. Menurut Prayugo melakukan kesalahan itu tidak apa-apa, itu sesuatu yang wajar. Karena tidak ada manusia yang sempurna. Melakukan kesalahan bukan akhir dari semua; it’s not the end of the world (halaman 146).

Banyak orang takut untuk mengambil keputusan, Prayugo memberikan cara paling mudah agar yakin dalam mengambil keputusan. Yakni dengan cara membayangkan risiko yang mungkin diterima nantinya. Jika siap menanggung risiko yang dibayangkan, maka putuskan. Jangan takut, karena ketakutan akan membuat kita nggak bisa menjalani hidup dengan maksimal (halaman 152).

Prayugo menyarankan agar membiasakan kritik dalam sebuah perusahaan. Jika Anda seorang pemimpin tidak mau dikritik, maka itu akan membahayakan karena akan selalu merasa benar sendiri. Nah, siapa sangka karena keberanian Prayugo tersebut, menjadikannya sebagai Presiden Director PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat & Soyjoy).

Kisah Prayugo ini dirangkum oleh Billy Boen dalam bukunya yang masih setia dengan warna kuning, Top Words. Buku ini adalah kumpulan kisah orang-orang sukses di Indonesia yang pernah Billy undang ke acara on airnya di KIS FM 95.1, Young On Top Live. Buku ini memuat 21 kisah nyata kesuksesan anak negeri.

(59-Resensi Buku 2013-Tribun Jogja  6 Oktober 2013)

4 thoughts on “Belajar Kreatif Dari Orang-Orang Top Inspiratif

  1. Dalamlembar 27 Oktober 2013 / 09:14

    semoga menjadi inspirasi berikutnya…🙂 tulisan yang membangun,..

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s