Book Reviewer Gathering: Menulis Kritik dengan Asik

Banner meet meSebagai pemula dalam dunia resensi buku, tak menyangka saya menjadi salah satu pembuka diskusi Book Reviewer Gathering: Menulis Kritik dengan Asik dalam acara Kumpul Penulis & Pembaca Penerbit Gagas Media, Bukune, dan Panda Media. Yuk, sahabat yang bisa hadir dalam acara ini, datang dan ngobrol soal, resensi dan blog buku🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

http://bukune.tumblr.com/post/69955748223/kumpul-penulis-pembaca-2013-gagasmedia-bukune
http://bukune.tumblr.com/post/69955748223/kumpul-penulis-pembaca-2013-gagasmedia-bukune

 

Book Reviewer Gathering: Menulis Kritik dengan Asik

Host: Lia Achmadi

Pembuka Diskusi:
Okta Wiguna (Jakarta)
Dwi Dini Nuraini (Bogor)
Ila Rizky Nidiana (Tegal)
Muhammad Rasyid Ridho (Malang)

Sebagai sebuah karya, buku membutuhkan umpan balik dari pembacanya. Untuk itulah, kritik-kritik yang disampaikan melalui resensi akan sangat membantu penulis untuk melihat sejauh mana karyanya di mata pembaca. Bagi penulis, resensi bukan hanya bentuk apresiasi, melainkan juga masukan-masukan yang bisa menjadi bahan untuk penulisan buku berikutnya.
Belakangan, menulis resensi bisa dilakukan oleh siapa saja. Kehadiran internet memudahkan setiap orang untuk menyebarkan pendapatnya tentang sebuah buku. Entah melalui blog, twitter, atau pun facebook. Resensi buku, kini tidak lagi ekslusif kehadirannya di media-media cetak seperti dulu. Bentuk penulisan resensi pun menjadi semakin beragam. Peresensi buku semakin banyak.

Di antara banyaknya peresensi buku, beberapa orang mengkhususkan blognya menjadi tempat untuk mengapresiasi setiap buku yang dibacanya. Pilihan mereka ini tentu saja memiliki alasan yang beragam. Teknik dan gaya mereka dalam menulis resensi juga unik satu sama lain. Beberapa peresensi melakukan kritik dalam tulisannya dengan halus, dan beberapa peresensi melakukan kritik dengan sedikit kejam. Bagaimanapun, peresensi buku adalah bagian yang penting dan patut dikembangkan dalam industri perbukuan di Indonesia.
Dalam Book Reviewer Gathering, para peresensi buku yang juga belakangan disebut blogger buku akan berbagai kisah tentang resensi-resensi buku yang ditulisnya dan bagaimana resensinya menghasilkan efek yang tak terduga baik bagi dirinya, penulis, penerbit, atau pihak lain.

http://bukune.tumblr.com/post/69955748223/kumpul-penulis-pembaca-2013-gagasmedia-bukune

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s