Secangkir Kopi Inspirasi

Catatan Inspiratif Prabu Revolusi

                                                                            Judul                           : Secangkir Kopi Inspirasi

cover secangkir kopi inspirasi
cover secangkir kopi inspirasi

Penulis                         : Prabu Revolusi

Penerbit                       :Kaifa-Mizan

Tahun Terbit                : Pertama, 2013

Jumlah Halaman          : 256 halaman

ISBN                           : 978-602-8994-94-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious,

Prabu Revolusi memang terkenal menjadi news anchor di sebuah stasiun televisi swasta. Gaya dan suaranya yang khas, sekaligus tampang yang banyak disukai penonton wanita sudah menjadi modalnya untuk dikenal masyarakat luas.

Lalu, bagaimana jika sang penyiar berita ketika menulis, apakah selancar ketika dia membaca sebuah berita? Tak dinyana ternyata tulisan penyiar muda ini pun renyah dan mengalir. Bahkan, tak hanya itu tulisan Prabu juga inspiratif.

Hal ini terbukti dalam bukunya yang berjudul Secangkir Kopi Inspirasi. Sebuah judul yang dia dapatkan ketika sedang santai ngopi sambil mencari inspirasi. Buku ini berisi kumpulan catatan Prabu tentang apa saja, dari cinta, keluarga, uang, hingga pekerjaan. Kesemuanya inspiratif dan membangun diri, jadi judul yang dia pilih tidak hanya judul hiasan namun memang sesuai dengan isi bukunya.

Secara sistematika buku ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama, berisi tentang cinta dan keluarga. Dalam gagasannya, setiap orang hendaknya bangun cinta bukan jatuh cinta. Karena menurut Prabu, orang jatuh cinta itu mudah sekali. Dalam jangka 10 menit orang akan mudah jatuh cinta, bahkan bisa lebih sedikit dari itu. Ketika itu hidup terasa indah, semua terasa dalam keadaan suka cita saja. Karena pada saat itu kita buta, tuli, dan bisu terhadap keburukan pasangan kita.

Namun, dalam pernikahan tidak hanya ada senang di dalamnya. Ada sedih, ada duka, juga ada jengkel dan berbagai kesalahpahaman lainnya. Karena hidup 24 jam per hari, 7 hari seminggu, semua belang akan tersingkap. Di sinilah perbedaan jatuh cinta yang ada pada saat saling menyukai, sedangkan bangun cinta diperlukan pada saat saling jengkel. Dalam keadaan tersebut cinta bukan hanya sebuah pelukan, namun juga iktikad. Untuk memahami konflik dan bersama-sama mencari solusi yang dapat diterima kedua belah pihak (halaman 22).

Pada bagian kedua, Prabu membahas tentang uang, pekerjaan dan kreativitas. Pada artikelnya yang berjudul sama dengan judul bukunya, Secangkir Kopi Inspirasi Prabu berbicara tentang kopi. Dibalik banyaknya orang berbicara tentang sisi negatif kopi, Prabu menulis tentang sisi positif kopi.

Mengambil pendapat Sayyid Habib Umar bin Saqqaf dalam kitabnya Tafrihul Qulub wa Tafrihul Kurub, “Kopi memang hitam, tapi menyalakan semangat, bahkan memancarkan cahaya.” Prabu merasakan sendiri khasiat kopi dalam memudahkan pekerjaannya.

Selain agar tidak mengantuk, ternyata kebiasaan mengopi di kafe sebelum masuk kantor memberi Prabu inspirasi untuk membangun ide acara yang akan dibuatnya. Setelah beberapa waktu berkontemplasi bersama kopi, akhirnya jadilah sebuah acara yang dia rancang bernama 8 Eleven Show (halaman 133).

Di bagian ketiga buku ini Prabu membahas kesehatan dan kebahagiaan. Sehat akan ada jika kita bahagia. Bahagia itu bisa jadi kebalikan dari stres. Agar tidak stres, maka kita harus mengusahakan kebahagiaan.

Bahagia itu mudah didapat. Bahagia bisa didapat ketika kita berbagi. Hal itu dirasakan oleh Prabu ketika diundang oleh Suryo Brahmantyo untuk mengisi tentang public speaking di Akademi Bersama Jakarta. Sebuah acara yang pembicara yang diundang tidak dibayar dan peserta yang hadir tidak membayar, gratis. Acara yang murni untuk saling berbagi sesuai namanya, Akademi Berbagi. Melihat banyaknya dan antusiasme peserta, Prabu semakin semangat dalam membagi ilmu yang dia miliki.

Sampai saat ini Akademi Berbagi tidak hanya ada di Jakarta, tetapi menyebar ke berbagai daerah. Fotografi, menulis, enterpreuner dan lainnya juga dibahas dalam akademi ini. berbagi semakin menyebar karena akademi berbagi ini. Karena manfaatnya bagi banyak orang Akademi Berbagi mendapat banyak penghargaan di antaranya: The Most Inspiring Social Movement-Klik Hati Award dan juga The New Alternative-Editor’s Choice dari majalah Rolling Stone Indonesia.

Bagian terakhir Prabu membahas tentang impian dan gagasan. Orang bekerja sebaiknya sesuai dengan passion. Apa itu passion? Ketika seseorang bekerja berdasarkan dedikasi dan cinta, maka itu yang disebut dengan passion (halaman 239). Passion itu unik. Ketika kita bisa bekerja berdasarkan passion yang kita miliki, otomatis kita akan pada sebuah titik yang sangat optimal, aktual dan bisa jadi jauh lebih besar hasilnya dibandingkan dengan kita bekerja di bidang yang tidak cocok dengan passion kita. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja sebagai salesman, namun passion-nya ternyata main gitar, sesungguhnya ia telah menghilangkan kesempatan untuk menjadi lebih besar dari Slash atau Dewa Bujana.

Begitulah, Prabu dalam merangkai kata pun penuh makna. Catatan inspiratif yang merevolusi diri pembaca. Sesuai namanya, Prabu mampu merevolusi diri pembaca. Buku ini cocok dibaca siapa saja, Anda yang sudah menikah ataupun belum, yang sudah atau belum bekerja. Dengan membaca buku ini Anda akan memiliki pandangan lain akan hidup, hidup itu bahagia.

Capture
dokumen pribadi pemuatan di harnas 30 maret 2014

#Resensi sebelum diedit harnas.

cover diambil dari sini

(27-Dimuat di harian nasional 30 Maret 2014)

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s