Galuh Hati

Antara Galuh Hati dan Cinta Segitiga

 

cover galuh hati
cover galuh hati

Judul : Galuh Hati
Penulis : Randu
Editor : Sapuroh
Penerbit : Moka Media, Jakarta
Tahun Terbit : Pertama, 2014
Jumlah Halaman : 294 halaman
ISBN : 978-979-795-816-9
Peresensi : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Pecinta Buku Booklicious.

 

 

 

“Orang bilang tanah kita tanah surga, Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”, begitu penggalan syair lagu Kolam Susu karya Koes Plus. Syair yang tidak berlebihan menggambarkan bagaimana kayanya alam Indonesia. Fakta bagaimana penjajah datang hanya karena Indonesia adalah penghasil rempah-rempah menjadi bukti. Namun sayangnya, sebagai generasi bangsa belum tentu kita tahu apa saja kekayaan alam yang ada di negeri kita.

peta Cempaka
peta Cempaka

 

Seperti cempaka yang terkenal dengan menghasilkan intan terbaik dan terkenal di dunia. Bahkan dalam beberapa berita pernah dipakai oleh artis-artis Hollywood. Saya juga baru tahu kalau ada nama tempat bernama Cempaka yang menghasilkan intan terbaik juga. Bersyukur Randu menulis novel yang bersetting di Cempaka, Banjarbaru Kalimantan Selatan yang berjudul Galuh Hati dan saya sempat membacanya.

Novel ini bercerita tentang Abul, Gilardia Florens dan Anang. Abul, ayahnya dulu pendulang intan, namun karena saat mendulang intan tertimpa batu-batu yang jatuh. Akhirnya, musibah itu mengakibatkan kedua tangan ayah Abul harus diamputasi dan berhenti menambang intan. Padahal, menjadi penambang itu sebuah kebanggaan bagi masyarakat Banjar. Jika tidak menambang, bisa disebut pengecut. Abul yang juga tidak dibolehkan menambang oleh orang tuanya pun kena getahnya, dia kerap jadi sasaran cemoohan orang lain. Sebagai gantinya Abul disuruh membuka warung di sekitar pendulangan.

Gilardia, biasanya dipanggil Gil adalah anak baru di sekolah Abul. Dia seorang tunagrahita, sejak awal sekolah sudah menjadi perhatian siswa-siswi lain. Tunagrahita, keadaaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental (mental retardation). Dia tertarik tentang pendulangan intan. Sedangkan Anang adalah teman Abul yang tidak sekolah dan bekerja sebagai pendulang intan. Dari ketiga anak ini cerita berjalan.

Abul yang tiba-tiba didatangi Kai Amak di warungnya malam-malam, dan bercerita tentang masa lalunya dengan Antas dan Sarah. Mereka bertiga bersahabat. Antas disebut-sebut sebagai pendulang yang menemukan intan terkenal yang dinamakan Galuh Hati. Galuh adalah bahasa cempaka dari intan, jadi pemberian nama itu karena intan tersebut berbentuk seperti hati. Namun, sampai sekarang Galuh Hati dan pemiliknya Antas tak pernah ada kabar.

galuh aka intan
galuh aka intan

Hal ini menjadi misteri dan membuat Abul dan terutama Gil penasaran, apa rahasia di balik semua misteri ini. Akhirnya, mereka pun melakukan aksi untuk membongkarnya. Kalau pengen tahu kisah berikutnya, baca novelnya langsung saja ya!🙂

Kekurangan buku ini, beberapa typo masih ditemukan, yang mungkin nanti di cetakan berikutnya bisa lebih teliti. Buku ini mengingatkan saya pada buku-buku Agromedia grup yang pernah saya baca yang berjudul Lampau karya Sandi Firly dan Rahasia Sunyi karya Brahmanto Anindito yang juga bertema lokal. Namun, jika saya bandingkan, Galuh Hati masih di bawah kedua buku itu. Entah, rasa penasaran saya terhadap awal-awal bab Galuh Hati kurang, baru di pertengahan baru terasa ingin menyelesaikan buku ini sampai habis.

Kelebihan buku ini terletak pada setting lokal, yang membuat pembaca yang semula tidak tahu ada nama daerah di Kalimantan Selatan yang bernama Cempaka, sekaligus sebagai tempat pendulangan intan terbaik di dunia, menjadi tahu. Memang beberapa novel Randu bertema lokal juga, baguslah. Termasuk juga bagaimana aksi Abul dan Gil bagaikan detektif yang cukup bagus untuk anak seumuran mereka. Maka, nggak salah lho kalau kamu jadikan novel ini pilihan untuk menemani weekand-mu nanti. Tidak hanya menghibur tetapi memberi pengetahuan baru.

Nah, kalau kamu perlu hal yang meyakinkan lagi kalau buku ini tepat untuk kamu baca. Mungkin kamu bisa membaca, menonton dan mendengarkan, tulisan, video dan lagu tentang cempaka yang sempat saya searching berikut ini.

Pendulangan Intan dan Permata Cempaka 3
pendulangan intan

 

 

 

 

 

 

mendulang intan
mendulang intan

 

 

 

 

 

 

1. Cuplikan Novel “Galuh Hati” Randu http://www.youtube.com/watch?v=H73bh32aPSQ

2. Lirik lagu Galuh Cempaka yang digubah oleh A. Thamrin http://id.wikibooks.org/wiki/Galuh_Cempaka

3. Video lagu Galuh Cempaka http://www.youtube.com/watch?v=4aHiJQxlMjQ

4. Artikel tentang Intan dan Cempaka http://jalan2.com/city/banjarmasin/pendulangan-intan-cempaka/

http://www.pasti.co.id/pendulangan-intan-wisata-edukasi-dari-cempaka/

Gambar diambil dari:
1. Cover di sini
2. Peta Cempaka di sini

3. Intan di sini

4.  Mendulang intan di sini

5. Pendulangan intan di sini

(31-Dimuat 22 April 2014)

2 thoughts on “Galuh Hati

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s