Aku Angin Engkaulah Samudra

Persahabatan, Konflik dan Tsunami

Cover Aku Angin Engkaulah Samudra
Cover Aku Angin Engkaulah Samudra

Judul                            : Aku Angin Engkaulah Samudra

Penulis                          : Tasaro GK

Penerbit                       :Qanita-Mizan

Editor                          : Indradya SP

Tahun Terbit                : Pertama, 1 Februari 2014

Jumlah Halaman          : 572 halaman

ISBN                           :  978-602-1637-20-3

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious,

Bencana tsunami aceh  2004 lalu memang banyak menyisakan cerita, baik bagi rakyat Aceh sendiri maupun orang luar Aceh yang waktu itu ada di Aceh. Juga bagi orang luar Aceh yang berada di jauh adri Aceh namun mampu merinding ketika hanya melihat berita-berita bergambar tentang tsunami Aceh.

Tasaro yang memiliki kenangan dengan tsunami Aceh pun menulis novel yang di dalamnya ada tsunami Aceh. Judul novel itu adalah Aku Angin, Engkaulah Samudra yang diterbitkan Qanita-Mizan.

Novel ini bercerita tentang persahabatan Maruto dan Samudro yang plek, kayak saudara kandung. Mereka berasal dari pelosok Gunung Kidul. Sejak kecil menjadi teman sepermainan. Sejak kecil Samudro ingin menjadi tentara. Khususnya angkatan laut, sesuai namanya yang berarti lautan. Sedangkan Maruto yang berarti angin, sering dicandai oleh Samudra akan menjadi orang-orang yang akan pindah-pindah seperti angin.

Nyatanya memang begitu, setelah ibu Maruto yang seorang guru pensiun, akhirnya keluarga Maruto pindah ke Yogyakarta. Benar, Maruto adalah angin yang akan berpindah-pindah. Dia akan meninggalkan desa tercintanya sekaligus meninggalkan sahabat tercintanya Samudro. Namun, kisah persahabatannya dengan Samudro tidak akan pernah hilang. Selalu dalam ingatannya. Begitupun bagi Samudro.

Ketika telah sama-sama dewasa, Maruto menjadi seorang wartawan dan penulis novel, sedangkan Samudro telah mencapai apa yang inginkan yakni menjadi tentara. Tetapi mereka tidak pernah bertemu, sejak perpisahan di waktu sekolah dasar. Di manakah mereka akan bertemu nanti? Silakan baca sendiri novelnya ya🙂

Di Serambi Makkah
Di Serambi Makkah

Selesai baca novel ini saya melihat bahwa novel ini adalah cetak ulang novel lama Tasaro, yakni Di Serambi Makkah. Sekaligus dimasukkan beberapa cerita yang ada di buku lama Tasaro juga yang berjudul Kau Gila, Maka Kucinta.

Di bab-bab awal yang banyak bercerita tentang perjalanan kewartanan Maruto itu banyak diambil dari buku Kau Gila, Maka Kucinta. Kemudian bab tengah hingga akhir adalah cerita yang ada dalam buku Di Serambi Makkah.

Dengan penambahan itu, buku ini semakin terasa mengena. Karena mengisahkan dua sahabat yang berbeda profesi. Novel ini juga mengisahkan bagaimana konflik di Aceh, perang antara pemerintah dan GAM dengan segala opini yang ada di masyarakat waktu itu tentang konflik Aceh.

Novel yang menarik menurut saya. Namun, sayang sekali novel ini cukup mengecewakan. Baru pertama kali ini saya membaca novel karya Tasaro GK juga terbitan Mizan yang memiliki kesalahan yang lumayan membuat gregetan pembaca. Apa pasal? Kesalahan dalam buku ini bukan kesalahan semacam typo atau salah tulis. Namun, salah dalam menuliskan POV. POV yang di  awalnya aku, kemudian tiba-tiba menjadi dia.

Sangat disayangkan. Semoga ke depan penulis dan terlebih editor lebih teliti lagi. Agar tak terulang lagi kesalahan seperti ini. Harapan saya novel ini segera naik cetak kembali dan sudah dalam keadaan yang lebih baik ketimbang cetakan pertama. Semoga!

Buku ini mengingatkan saya juga pada buku yang juga tokohnya seorang jurnalis dan ada setting Aceh-nya, yakni Mencari Tepi Langit-nya Fauzan Mukrim. Dalam buku itu pun ada kisah persahabatan. Fauzan Mukrim pun adalah jurnalis. Akhirnya, kisah persahabatan, konflik Aceh, tsunami saya rasa adalah tema yang menarik. Maka, saya rekomendasikan novel ini pada Anda semua. Cerita yang menyentuh hati Anda. Selamat membaca!

 

Tasaro GK
Tasaro GK

Sumber gambar:

1. cover   Aku Angin Engkaulah Samudra di sini

2. cover Di Serambi Makkah di sini

3. Foto Tasaro GK di sini

 

(34-Dimuat 28 April 2014)

2 thoughts on “Aku Angin Engkaulah Samudra

  1. buzzerbeezz 28 April 2014 / 23:46

    Aku udah punya dan baca buku Di Serambi Makkah udah dari lama

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s