Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

Menulis Fiksi Ala Winna Efendi

cover draf 1: taktik menulis fiksi pertamamu
cover draf 1: taktik menulis fiksi pertamamu

Judul                            : Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

Penulis                          : Winna Efendi  

Proofreader                  : Christian Simamora

Penerbit                       : Gagas Media

Tahun Terbit                : Pertama, 2012

Jumlah Halaman          : 346 halaman

ISBN                           :  978-979-780-595-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious.

            Writing is an exploration. You start from nothing and learn as you go. – El Doctorow

            It takes courage to be writer. Courage to face yourself, work through your demons and make your art. – Terry Rossio

            Talent is helpful in writing, but guts are absolutely essential. – Jessamyn West

            A novelist is someone who has volunteered to be a representative of literature and to move it forward a generation. – Jane Smiley, ’13 Ways’

            You don’t find time to write. You make time. – Nora Roberts

            Siapa yang tidak tahu Winna Efendi? Dia penulis novel yang banyak dibaca seperti Refrain, Remember When, Ai: Cinta Yang Tidak Pernah Lelah Menanti, Melbourne: Rewind, Unforgettable, Unbeleavable (Glam Girls Series), dan  Truth or Dare. Bahkan dari novel-novel tersebut sudah ada yang difilm-kan seperti Refrain. Juga ada kabar bahwa Remember When juga akan difilmkan oleh Rapi Film.

            Namun, ada satu karya Winna yang berbeda dari biasanya. Biasanya Winna menulis fiksi, namun ada buku Winna yang nonfiksi. Yakni, Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu. Dalam buku ini Winna menulis tentang dunia kepenulisan, khususnya menulis fiksi. Iyalah, secara Winna udah banyak ngeluarin buku yang kebanyakan fiksi. Paling nggak, dia udah melalui banyak proses dan pengalaman selama menulis novel-novelnya.

            Menurut Winna dalam awal buku ini, menulis itu susah pake banget. Jika kita tidak punya komitmen kuat dan disiplin untuk itu. Seseorang harus memiliki motivasi buat apa dia menulis. Jika motivasinya sudah kuat, maka dia akan bisa berkomitmen untuk terus menulis dan menulis hingga akhir.

            Menurut Winna jika kita ingin menjadi penulis maka jangan percaya dengan mitos yang ada dalam dunia kepenulisan. Misal, mitos menulis itu butuh talenta, jadi nggak semua orang bisa menulis. Hal ini salah. Sebagaimana perkataan Winna:

“Semua orang bisa menulis, tapi nggak semua orang bisa menulis dengan baik. Nggak semua orang yang memiliki ketekunan dan keteguhan untuk terus-menerus memperbaiki tulisannya dan nggak pernah menyerah sampai karyanya diterbitkan. Menjadi penulis yang baik membutuhkan waktu, latihan, juga kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri.”

cover Creative Writing
cover Creative Writing

Ada juga mitos lain yang tidak perlu dipercaya, seperti mitos bahwa karya penulis terkenal tidak akan ditolak penerbit. Kata siapa? Semua itu bohong. Semua penulis terkenal pasti pernah merasakan yang namanya ditolak oleh penerbit. Ini ada kaitannya dengan pendapat A.S. Laksana dalam bukunya Creative Writing, yang mengatakan bahwa kita harus menulis yang buruk. Dengan maksud menulis sajalah dulu, jangan hiraukan kesalahan saat menulis. Mengedit draf tulisan itu setelah naskah jadi.

            Nah, jadi tulisan siapapun itu akan berpotensi dinilai buruk oleh orang lain atau bahkan oleh diri sendiri. Karenanya, diperlukan komitmen untuk terus belajar, menulis dan menulis. Yah, Winna sangat menggarisbawahi komitmen itu sangat penting dilakukan oleh setiap orang yang ingin menulis.

            Jika ditanya apa perbedaan Creative Writing-nya  A.S. Laksana dengan Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu-nya Winna Efendi jika keduanya sama-sama tentang menulis fiksi? Perbedaannya adalah, Winna lebih fokus pada penulisan novel. Persamaannya adalah gaya penulisan teknik, tips dan motivasi yang tidak ribet. Jadi pembaca akan mudah mengerti. Selain itu persamaan lainnya, adalah kedua buku tentang penulisan fiksi ini sama-sama diterbitkan oleh Gagas Media😀

Buku Winna ini ada delapan bagian. Bagian pertama adalah intro sebelum memulai menulis. Kedua, tentang elemen-elemen novel. Ketiga, tentang bagaimana proses menulis. Keempat, tentang cara self editing. Sedangkan kelima tentang bagaimana menerbitkan novel. Kemudian bagian selanjutnya adalah bagaimana cara menghadapi naskah karya kita yang ditolak dan diterima. Terakhir, berisi tentang lain-lain yang  berkaitan dengan dunia penulisan, seperti apa langkah selanjutnya setelah ada karyamu yang diterbitkan. Apakah kau bangga dengan itu dan berhenti menulis? Atau sebaliknya?

winna efendi
winna efendi

           Begitulah isi buku 346 halaman ini. Sangat saya rekomendasikan bagi Anda yang ingin menjadi penulis khususnya bagi Anda yang bisa menulis fiksi. Akhirnya saya tulis untuk siapa buku ini Winna tulis, moga semakin membuat Anda penasaran tentang buku ini. Hehe…

            “This book is dedicated to: Everyone who dreams of being a writer; have faith that someday you’ll make it”

           Tentang Winna Efendi:

           1. Di bukabuku.com   

           2. Di merdeka.com

          Sumber gambar:

          1. Cover buku Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu di sini

          2. Cover buku Creative Writing di sini

          3. Foto Winna Efendi di sini

  (33-Dimuat 28 April 2014)

5 thoughts on “Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

  1. soeto 29 April 2014 / 09:12

    sepertinya masuk waiting list..terimakasih reviewnya Dho..

    Suka

  2. luckty 29 April 2014 / 11:43

    aku pengeeennn banget buku ini, biar bisa belajar nulis, semoga suatu saat kesampaian punya… :))

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s