Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah

Mudah Berbahasa Arab Bagi Jamaah Haji dan Umrah

cover Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah
cover Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah

Judul                           : Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah

Penulis                         : Rafiq Jauhary

Proofreader                 : Ibnu Atha’

Penerbit                       :Wafa Press

Tahun Terbit                : Pertama, 2013

Jumlah Halaman          : 172 halaman

ISBN                           : 978-979-1414-72-2

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious.

Sebagai muslim, tentu kita semua ingin menunaikan Rukun Islam kelima. Yakni, ibadah ke Baitullah-Haji. Banyak kaum muslimin giat bekerja adalah salah satunya karena ingin mengunjungi Ka’bah sebagai upaya pendekatan diri dengan Sang Pencipta, Allah Subhana wa Ta’ala.

Karena kewajiban berhaji hanya kepada satu tempat yakni yang hanya berada di wilayah Arab Saudi, Ka’bah. Maka, ummat muslim di seluruh dunia yang ingin melaksanakan haji mau tidak mau harus mempersiapkan uang pemberangkatan ke Saudi dan ongkos akomodasi di sana. Maka, di Indonesia ada yang namanya Tabungan Haji.

Selain mempersiapkan ongkos, orang yang akan berhaji juga harus mempersiapkan fisik dan ilmu. Mengapa juga perlu fisik? Ini kan ibadah bukan olahraga? Ibadah haji adalah ibadah yang banyak melakukan kegiatan fisik, misal thawaf (mengelilingi) Ka’bah. Karena itu mempertimbangkan kesehatan calon jamaah haji itu sangat penting. Bukankah tidak sedikit di Antara jamaah haji Indonesia yang ketika melaksanakan ibadah meninggal di sana. Karenanya, calon jamaah haji pun harus mempersiapkan fisik masing-masing dengan latihan-latihan dasar pemanasan dan olahraga yang lain.

Soal ilmu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Calon jamaah haji wajib berilmu. Karena ilmu itu sebelum berkata dan beramal. Al-Ilmu qobla qoul wal amal. Karenanya, bagi calon jamaah haji ada pelatihan yang biasa disebut pelatihan manasik haji. Agar para jamaah haji mengetahui, apa saja yang harus dilakukan dan dilarang ketika berangkat hingga sampai berada di tanah suci.

Hal lain yang cukup mempengaruhi kekhusyukan beribadah, juga keamanan dan keselamatan diri ketika berada di Saudi adalah persoalan Bahasa. Begitulah, ketika berhaji maka kita berada di negeri orang dan memiliki Bahasa serta adat yang berbeda dengan kita. Maka, mengetahui Bahasa mereka-paling tidak dasar-dasar Bahasa mereka adalah penting. Karena, tidak jarang banyak masalah yang terjadi karena kesalahpahaman yang berujung pada penipuan, pelecehan, karena tidak mengerti Bahasa ketika berada di Saudi.

Maka hadirnya buku Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah karya Rafiq Jauhari bagaikan oase di tengah padang pasir. Buku mini yang akan memberikan manfaat bagi jamaah haji ataupun umrah agar bisa berkomunikasi dengan bahasa Arab ketika berada di tanah suci.

Dalam buku kecil (kutaib) ini penulis menghadirkan perbedaan bahasa sehari-hari (‘amiyah) dengan bahasa Arab resmi (fushhah). Dengan tujuan pembaca-calon jamaah haji, mengerti ketika perbedaan keduanya. Kemudian penulis tentu memberikan kosa-kata (mufrodat) bahasa Arab yang biasa dipakai dalam sehari-hari. Seperti benda apa saja yang di bandara, benda masak-memasak dan lainnya.

Selain kosa-kata penulis juga memberikan contoh percakapan yang biasa dipakai dalam keseharian kita. Seperti, bagaimana cara menyapa, percakapan di dalam pasar dan lainnya. Rafiq yang alumni Darul Hadits Al-Ghamidy, Awaly, di Makkah Al-Mukarramah ini juga menambahkan suplemen tambahan semacam informasi kebiasaan orang Arab. Dengan harapan pembaca akan mengerti dan tidak salah paham jika ada kebiasaan Orang Arab yang berbeda dengan kebiasaan kita. Misal, mereka mengusap kepala dan mencium ubun-ubun itu tanda sayang dan hormat, sedangkan di Indonesia mengusap kepala itu tidak boleh karena kepala adalah mahkota yang harus dijaga.

Penulis muda ini juga menambah suplemen soal kuliner yang ada di sekitar Makkah Al-Mukarramah. Dengan harapan pembaca-jamaah haji jika belum terbiasa makanan Arab maka bias mencari rumah makan Indonesia. Dalam buku ini juga, Rafiq memberi doa-doa ketika haji dan umrah. Agar senantiasa khusyuk beribadah pada-Nya.

Rafiq Jauhary
Rafiq Jauhary

Akhirnya, tidak salah lagi buku 172 halaman ini, sangat menjadi rekomendasi. Sebagai salah satu buku yang wajib Anda baca sebelum berangkat menunaikan ibadah haji.   Bahkan karena buku ini bentuknya kecil (kutaib), maka ketika dalam ibadah haji buku ini bisa Anda bawa ke mana saja-kecuali ke kamar mandi. Untuk semakin memudahkan Anda berkomunikasi dengan bahasa Arab. Selamat membaca dan semoga kita semua bisa menunaikan Rukun Islam yang kelima di kemudian hari. Aamiin….

Sumber gambar:

1. cover   Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah di sini

2. Foto Rafiq Jauhary  di sini

Info lain tentang buku ini di sini

(36-Dimuat di  1 Mei 2014)

5 thoughts on “Bahasa Arab Praktis Untuk Jamaah Haji dan Umrah

  1. kettyhusnia 4 Juni 2014 / 01:53

    Apa kabar Mas Ridho..apakah setiap mengirimkan naskah resensi juga disertai foto-foto penunjang selain cover bukunya? ataukah ini sekedar penambahan informasi di dalam blog saja?terima kasih atas jawabannya🙂

    Suka

  2. Mas Emmul 2 Juli 2014 / 03:13

    Bagaimana cara / di mana bisa mendapatkan buku ini ya?

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s