Misteri MH-370

Membongkar Misteri Hilangnya MH-370

cover misteri MH 370
cover misteri MH 370

Judul                            : Misteri MH-370

Penulis                          : Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan

Editor                          : Nastiti Pudyaning

Penerbit                       : Phoenix-Penerbit Ufuk Publishing House

Tahun Terbit                : Pertama, Mei Jakarta 2014

Jumlah Halaman          : 252 halaman

ISBN                           :  978-602-7689-83-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious.

Malaysia kembali berduka setelah hilangnya pesawat MH-370, pesawat MH-17 ditembak dan jatuh di Ukraina. Salah satu anggota TNI yang berpengalaman dengan dunia intelejen Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan menulis pendapatnya tentang MH-370 dalam sebuah buku. Buku tersebut berjudul, Misteri MH-370.

Atas misteri ini Prayitno membahas hilangnya MH-370 melalui kacamata intelejen. Menurutnya, kasus hilangnya MH-370 adalah kasus pembajakan pesawat. Dan sepanjang sejarah, pembajakan MH-370 adalah pembajakan yang paling unik dalam sejarah penerbangan.

Pasalnya, Malaysian Airways MH-370 Boeing 777-200 adalah pesawat bermesin dua Rolls-Royce yang dinilai memiliki teknologi tercanggih dan mencatat rekor keselamatan nyaris sempurna. Namun, ternyata harus mengalah dengan keadaan yang membawanya melayangkan nyawa 239 awak (termasuk kru) yang ada di dalamnya. Bahkan, yang mengejutkan dan membuat penasaran. Meski telah melibatkan operasi SAR dari banyak negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina dan lainnya. Namun sampai saat ini, masih tidak ditemukan jejaknya.

Dalam analisisnya, Prayitno mengatakan bahwa hilangnya MH-370 adalah pembajakan yang dilakukan dengan perencanaan yang terstruktur. Jika dilihat dari kronologis raibnya MH-370 yang setelah kurang lebih satu jam setelah lepas landas kemudian menara pengawas Malaysia kehilangan kontak dengan MH-370.

Hal ini karena transponder dan ACARS MH-370 dimatikan dengan sengaja, kemudian arah pesawat diubah. Jadi pesawat sudah tidak sesuai dengan tujuan, MH-370 menjadi sebuah objek yang disebut sebagai black flight. Saat itulah berlangsung pembajakan. Dari fakta pesawat diterbangkan ke ketinggian 45.000 ft dan jatuh secara dramatis ke ketinggian 23.000 ft. Kemudian Prayitno perkirakan, pesawat mengalami high speed stall, jatuh setinggi 22.000 ft. (halaman 38).

Ketika itu berlaku hukum G negative, yaitu bagi mereka yang on board, darah akan secara cepat mengalir ke kepala. Kemudian menimbulkan pendarahan, baik di hidung, mulut, telinga, maupun mata. Pembuluh darah di kepala bisa pecah dan menyebabkan orang tewas. Namun, pilot bisa selamat dan dia mampu melakukan manuver recovery.

Setelah keamanan Malaysia melakukan pengumpulan data penumpang, semua dinyatakan bersih. Maka, Prayitno beranggapan bahwa pembajak pesawat adalah pilot MH-370. Antara Kapten Pilot Zaharie Ahmad Shah dan kopilot Fariq Abdul Hamid, ataupun keduanya. Karena, bisa dikatakan dalam pesawat hanya pilot yang mengerti mengatur pesawat, misal mampu akan dibawa ke mana pesawat dan juga mengerti soal menghidupkan atau mematikan transponder.

Anggapan bertambah kuat ketika ada penyelidikan ke rumah Pilot Zaharie. Bahwa, di rumahnya polisi menemukan sebuah simulator Boeing 777 yang setelah diselidiki ada penghapusan data pada tanggal 3 Februari 2014. Simulator diketahui mampu melakukan simulasi emergency serta tempur. Ditambah lagi ada seorang perempuan tak dikenal yang menelpon Zaharie sebelum lepas landas.

Kemudian, analisis Prayitno mengerucut mengatakan raibnya MH-370 adalah aksi terorisme. Karena dalam teori terorisme, ada yang namanya The Art of Impossible. Sebuah aksi terorisme yang seperti mustahil, namun ternyata bisa dilakukan.

Seperti kata Ayman Al-Zawahiri yang dalam videonya, menyuruh untuk menyerang  Amerika Serikat. Agar menjadi negara yang tak pernah tenang. Karena Boeing 777 adalah produk Amerika, bisa jadi ini adalah sinyal dari Al-Qaeda yang seolah mengatakan, “Kami tetap ada.” (halaman 213)

Meski begitu, buku Misteri MH-370 adalah analisis dan kesimpulan penulis. Tidak bisa dijadikan ini rujukan pasti, karena sampai sekarang keterangan yang jelas apakah pesawat meledak di udara, atau pesawat jatuh ke tanah belum ada. Bahkan kotak hitam pun belum ditemukan.

Dibalik semua itu, ada hikmah di balik musibah MH-370. Bahwa, manusia bisa membuat pesawat, tetapi manusia tidak bisa menghindari takdir kematian. Meski semua yang ada dalam buku ini bisa jadi salah ataupun benar.  Misteri MH-370 bisa dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan tentang dunia penerbangan dan intelejen. Selamat membaca!🙂

dok pribadi resensi Misteri MH370  di jateng pos 20 Juli 2014
dok pribadi resensi Misteri MH370 di jateng pos 20 Juli 2014

(52- dimuat di Jateng Pos 20 Juli 2014)

2 thoughts on “Misteri MH-370

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s