Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu

Sukses Karena Taat Pada Orangtua

cover Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu
cover Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu

Judul                            : Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu (Ada Surga di Rumahmu #2)

Penulis                          : Ust. Ahmad Al-Habsyi-Teguh Iman Perdana

Penerbit                       : Noura Books

Editor                          : M. Iqbal Dawami

Tahun Terbit                : Pertama, 1 Juni 2014

Jumlah Halaman          : 151 halaman

ISBN                           :  978-602-1306-41-3

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Pendiri Klub Pecinta Buku Booklicious. Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMJ

Berbakti pada orangtua merupakan salah satu kewajiban seorang muslim. Dalam Al-Qur’an berbakti pada orang tua beberapa kali disebutkan setelah perintah untuk menyembah Allah tanpa menyekutukan-Nya. “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan berbuat baiklah kepada orangtua…. (QS An-Nisa’ (4); 36).

Hal ini berarti kewajiban berbakti pada orang tua menjadi utama, setelah menauhidkan Allah. Seperti sabar, berbakti pada orangtua mudah diucapkan namun cukup sulit dalam praktiknya. Butuh keikhlasan dan kesabaran, menghadapi orangtua. Apalagi jika orangtua sudah berumur senja.

Apalagi zaman modern seperti sekarang banyak orang menyepelekan akan wajibnya berbakti pada orangtua. Banyak anak yang tidak mau mengurus masa tua orangtuanya. Karena masa tua manusia akan seperti bayi lagi, banyak anak yang malas mengurus kehidupan orangtuanya. Merepotkan alasannya. Akhirnya, memasrahkan orangtua pada panti jompo. Mungkin, mereka lupa sewaktu kecil dulu mereka juga merepotkan. Na’udzubillah.

Tentu orangtua ingin selalu bersama anak yang dia kasihi sejak kecil. Jika, kita malah membawanya ke panti jompo, bisa jadi itu mengecewakan orangtua dan artinya durhaka pada orangtua. Mengucap “ah” saja itu tidak  dibenarkan, apalagi membuat mereka kecewa dan bersedih. Lebih jauh lingkupnya lagi dalam bahasa agama, berbuat baik pada orangtua adalah pembuktian tauhid kepada Allah subhanahu wa Ta’ala (17).

Dalam buku seri kedua dari Ada Surga di Rumahmu yang berjudul Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu ini, ustadz Ahmad Al-Habsyi menekankan bahwa berbakti, berbuat baik pada orangtua akan memberikan keajaiban pada kesuksesan sang anak. Tidak hanya menampilkan dalil-dalil agama, Ustadz Al-Habsyi sendiri sudah membuktikan dalam kehidupannya.

Suatu ketika Ustadz Al-Habsy menanyakan cara sukses kepada paman sekaligus gurunya di pesantren, kebetulan namanya juga sama Ustadz Ahmad Al-Habsy. Guru dan paman Ustadz Ahmad memberi amalan yang memang sudah dia amalkan dan menghasilkan kesuksesan dalam kehidupan. Amalan itu adalah, ketika Guru Ahmad Al-Habsy mendapatkan amplop ketika selesai berdakwah, beliau membagikan dulu separuh isinya kepada surga yang ada di rumah. Siapa surga yang ada di rumah? Orangtua. Hingga akhirnya, Guru Ahmad menjadi seperti yang Ustadz Al-Habsy lihat waktu itu.

Setelah guru sekaligus pamannya itu meninggal, Ustadz Al-Habsy masih mengingat pesannya. Tidak hanya mengingat, tetapi juga dipraktikkan. Setelah mendapatkan amplop pertamanya ketika berdakwah, Ustadz Al-Habsy membuat perjanjian dengan uminya. Kontraknya adalah ketika ada amplop setelah berdakwah maka yang membuka adalah uminya dan separuh isinya itu untuk uminya. Fifty-fifty istilah Ustadz Al-Habsy. Sedikit ragu, namun orangtuanya mau menerima hasil kerja anaknya. Tentu saja juga bahagia dan bangga.

Uang yang ada dalam amplop itu ada seratus ribu. Berarti uminya dapat lima puluh ribu, dan ustadz Al-Habsy juga lima puluh ribu. Meski masih merasa sayang kepada uang lima puluh ribu hasil kerjanya, namun Ustadz Al-Habsy pun berusaha mengikhlaskan serta yakin Allah akan memberi ganti yang akan lebih besar. Belum beberapa menit kontrak fifty-fifty, ada telpon untuk Ustadz Al-Habsy dengan maksud untuk mengundang beliau mengisi pengajian. Ternyata, rezeki yang didapatkan Ustadz Al-Habsy setelah itu adalah sepuluh kali lipatnya yang dia keluarkan, lima ratus ribu (halaman 142).

Apa yang didapatkan Ustadz Al-Habsy itu baru yang di dunia, belum balasan di akhirat tentunya. Hanya dengan membuat orangtua senang, bahagia, bangga, ternyata kesuksesan akan mengikuti dari belakang. Maka, memang sudah kewajiban kita untuk berbuat baik pada orangtua. Jika kita durhaka, tentu akan ada balasan yang setimpal.

Dalam buku 151 halaman ini, Ustadz Al-Habsy juga menguraikan bahwa yang berpotensi untuk durhaka bukan anak saja, tetapi orangtua juga berpotensi durhaka pada anak. Misal ibu yang menyiksa bahkan sampai membunuh anak kandungnya sendiri, itu termasuk durhaka ibu pada anaknya (halaman 41).

Maka buku yang memakai panggilan bro and sis ini memang lengkap uraiannya. Dari penjelasan durhaka, kesuksesan anak karena bakti pada orangtua, juga cara agar bisa menciptakan surga di dalam rumah. Selain memang membidik pembaca muda (remaja), namun tak ada salahnya orangtua juga membaca buku penuh ilmu namun ringan ini. Agar ada bisa menciptakan surga di dalam rumah serta bisa mencapai kesuksesan di dunia maupun akhirat. Selamat membaca!

resensi mukjizat orangtua sempurnakan suksesmu
resensi mukjizat orangtua sempurnakan suksesmu

(72- Dimuat di Kabar Probolinggo  5-Nopember-2014)

4 thoughts on “Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu

  1. richoiko 14 November 2014 / 09:23

    segala tulisan tentang orang tua selalu meninggalkan kesan yang dalam :”

    Suka

  2. hind28 15 November 2014 / 23:22

    Wah, jadi pengen beli…

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s