Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia

Menelisik Evolusi  Teknologi Modern

cover buku
cover buku

Judul                           : Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia

Penulis                         : Lukman Santoso Az.

Editor                          : Evrine

Penerbit                       : Penerbit Diva Press

TahunTerbit                 : Jogjakarta, Pertama, Juni 2014

JumlahHalaman           : 312 halaman

ISBN                           :  978-602-255-627-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Pendiri Klub Pecinta Buku Booklicious.

Dunia inovasi dan teknologi selalu berkembang sepanjang waktu. Manusia semakin kreatif dalam menciptakan inovasi yang akan berguna bagi kelangsungan hidup. Dengan inovasi teknologi, segalanya dapat dimudahkan, semakin efisien, dan membuat aktivitas menjadi produktif. Semua itu karena beberapa teknologi yang memengaruhinya.

Dengan adanya inovasi dari berbagai penemuan, proses evolusi seperti tak disadari. Perubahan dari zaman ke zaman terasa sangat cepat dan menakjubkan. Berbagai inovasi tersebut tidak hanya menunjang sektor industri dan individu, tetapi juga telah menjadi komoditi dalam berbagai bidang. Perusahaan teknologi berlomba menciptakan produk-produk canggih untuk menarik perhatian konsumen.

Komputer dan internet adalah teknologi modern yang saat ini bisa dibilang paling canggih. Sebagai teknologi komputer mengalami evolusi. Dari yang biasa, hingga saat ini yang bagi kita sudah luar biasa. Ke depan komputer tidak akan stagnan, dan terus akan mengalami evolusi menuju teknologi lebih modern.

Komputer berasal dari kata latin computare yang berarti menghitung (to compute yang berarti berhitung atau to reckon). Namun, pengertian komputer dewasa ini bukanlah semata sebagai alat hitung, tetapi lebih luas lagi, mencakup alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan padanya.

Sebelum ada komputer modern lahir, maka yang ada adalah komputer analog. Perancangnya adalah Vannevar Bush (1890-1974). Dia membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931, yang kemudian diproduksi oleh MIT (Massacahussets Institute of Technology). Alat ini berguna untuk memecahkan beberapa cabang ilmu matematika. Bertambahnya tahun, penemuan itu terus berkembang.

Komputer generasi pertama, adalah Electronic Discrete Variable Automatic Computer (Edvac) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat, kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann  ini adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang membuat seluruh fungsi komputer dikoordinasi melalui sumber tunggal.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses digunakan di bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dalam disket, memori, sistem operasi, dan program. Contohnya, adalah IMB 1401 yang dikenal luas di kalangan industri (halaman 47).

Komputer generasi ketiga lahir ketika para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan yang lain adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengoordinasi memori komputer.

Komputer generasi keempat adalah komputer yang dibuat mulai tahun 1980 hingga sekarang. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra Large Scale Integration (ULSI), meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Komputer terus mengalami perkembangan dan memungkinkan orang-orang untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Sampai sekarang komputer terus mengalami evolusi dan inovasi, menjadi lebih simple seperti laptop hingga yang lebih tipis nan ringan seperti tablet.

Buku 312 halaman ini terdiri dari 12 bab. Bab pertama tentang evolusi internet. Bab kedua tentang evolusi komputer. Bab ketiga, evolusi televisi. Bab keempat, evolusi sistem komunikasi. Bab kelima tentang sosial media. Bab keenam, evolusi kamera. Bab ketujuh tentang listrik. Bab kedelapan tentang evolusi pesawat terbang. Bab kesembilan tentang uang koin. Bab sepuluh, evolusi roda. Bab sebelas, tentang tranformasi kertas. Dan terakhir tentang plastik.

Setiap bab dalam buku menarik untuk dikaji. Buku ini akan menambah wawasan pembaca tentang sejarah evolusi teknologi modern.  Dengan begitu, pembaca bisa menarik kesimpulan bahwa teknologi saat ini bisa dihasilkan dengan waktu yang amat panjang dan berdarah-darah. Selayaknya, semangat itu pembaca tangkap dan aplikasikan dalam hidup. Selamat membaca!

(81- 30 November 2014)

 

2 thoughts on “Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia

  1. lapakmedan 1 Desember 2014 / 01:11

    dengan terus berkembangnya teknologi, makin mempermudah dan makin praktis hidup di dunia ini. bukunya menarik nih buat di baca , beli ahh.

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s