Super Handbook For (Super) Teens

Rahasia Menjadi Remaja Super Sukses

cover Super Handbook for (Super) Teens
cover Super Handbook for (Super) Teens

Judul                            : Super Handbook for (Super) Teens

Penulis                          : Fita Chakra

Penerbit                       : Metagraf, Imprint Penerbit Tiga Serangkai

Editor                          : Cahyadi H. Prabowo

Tahun Terbit                : Februari, 2014

Jumlah Halaman          : 196 halaman

ISBN                           :  978-602-9212-92-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Pendiri Klub Pecinta Buku Booklicious.

Masa remaja adalah masa peralihan yang akan dialami oleh semua orang, yaitu ketika beranjak dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada waktu itu akan banyak hal yang berubah, baik dari segi fisik, emosional, maupun hal lainnya, seperti hubungan dengan orang tua, saudara ataupun teman.

Karena masa ini adalah masa peralihan, maka masa ini memerlukan panduan baik dari orang tua ataupun dari orang lain maupun dari sebuah buku. Seperti buku yang berjudul Super Handbook for (Super) Teens ini, buku karya Fita Chakra yang akan memberikan petunjuk juga rahasia agar remaja bisa menjadi super.

Ada lima bab yang membahas tentang rahasia meraih kesuperan di masa remaja. Pertama adalah berteman dengan orang yang baik. “Orang yang dekat dengan penjual parfum, maka dia pun akan ikut harum. Jika orang sedang duduk di dekat pandai besi, maka dia akan ikut bau.” Pepatah ini bermakna, bahwa mencari teman harus yang baik, agar ketika Anda salah maka akan diingatkan atau dinasehati dengan baik.

Fita Chakra mendefinisikan teman yang baik adalah teman yang respek tidak cuek. Teman yang selalu ada kapanpun di sisi Anda, tidak hanya pada saat senang-senang tetapi juga disaat dilanda duka. Teman yang mau mendengarkanmu ketika curhat atau berkeluh kesah ketika ada masalah. Teman yang berani menunjukkan kesalahan Anda agar semakin baik di kemudian hari.

Dalam bab berikutnya Fita membahas beberapa hal penting yang harus remaja ketahui. Seperti Bullying, Menurut Komisi Nasional Perlindungan Anak, bullying berarti kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan oleh seorang atau kelompok kepada orang atau suatu kelompok yang tidak bisa mempertahankan diri agar orang tersebut tertekan, trauma, depresi dan tidak berdaya (halaman 14). Karena ini adalah perbuatan negatif, maka perlu dihindari.

Dalam bab ini Fita juga membahas internet. Internet bak dua sisi pisau. Bisa berbahaya ataupun bernilai baik. Karenanya, di masa remaja sudah harus belajar lebih bijak, termasuk bijak dalam memakai internet, termasuk menjaga waktu dan berhenti ketika adzan agar bisa shalat di awal waktu.

Bab kedua adalah tentang keluarga. Fita menyarankan agar sejak remaja sudah bersahabat dengan kedua orang tua, dengan maksud agar dalam satu keluarga saling percaya dan tidak cekcok karena dalam asuhan. Fita menyebutkan beberapa cara agar remaja bisa bersahabat dengan orang tuanya, pertama dengan memiliki waktu berdua bersama ibu dan ayah. Seperti jalan bareng ke car free day atau menonton film di bioskop. Kedua, meminta maaf jika salah. Tentu manusia punya salah, jadi minta maaf selalu pada mereka berdua. Ketiga respek, yaitu menghormati guru dengan itu orang lain akan menghormati juga (halaman 34). Selain itu Anda juga harus bersahabat dengan kakak atau adik kandung agar rumah tangga harmonis karena ada komunikasi dan bagi tugas dalam tugas keluarga (halaman 41).

Memahami diri dan menggali potensi adalah rahasia ketiga agar menjadi remaja yang super. Karena dengan memahami diri maka akan diketahui seperti apa diri Anda dan akan tahu apa yang seharusnya dilakukan dengan potensi diri yang ada, sekaligus ada kelemahan di dalamnya. Fita memberi tips agar tetap percaya diri yaitu dengan mengingat pujian, sugesti diri sendiri, berada dalam lingkaran teman-teman yang memercayaimu, mengukir prestasi, mengingat kelebihan dan berpikir positif (halaman 59).

Bab terakhir Fita membahas tentang pernikahan. Karena mau tak mau semua manusia akan melalui yang namanya pernikahan. Setelah beranjak dewasa, maka akan ada keinginan untuk menikah. Ada empat yang harus diperhatikan ketika telah menikah, pertama adalah komunikasi. Tanpa komunikasi maka kesalahpahaman tak akan selesai. Kedua menjaga hubungan yang baik dengan keluarga besar. Ketiga, menyisihkan waktu untuk bersama pasangan. Dan keempat adalah mengatur keuangan agar, kehidupan rumah tangga lebih lancar.

Dalam buku 196 halaman ini, juga ada dua bab tentang remaja lelaki dan remaja perempuan yang membahas tentang perilaku, pubertas dan life skill yang wajib dimiliki masing-masing remaja lelaki ataupun perempuan. Seperti perempuan itu harus memilik life skill tentang keuangan dan kehamilan, sedangkan life skill lelaki adalah menjadi pemecah masalah dan menjadi kepala keluarga.

Buku ini sangat super sekali dari kemasan, desain dan lay out yang remaja banget. Dengan dua kover bolak-balik dan ilustrasi yang mendukung tema yang dibahas. Saya rasa para remaja akan suka buku rekomendasi ini. Tidak hanya, untuk para remaja, dewasa muda ataupun orangtua pun boleh membaca. Agar dalam mendidik anak, memiliki inovasi dan tidak kaku. Selamat membaca dan semoga menjadi remaja super!

dok pribadi
dok pribadi

(88- di Harian Nasional 14 Desember 2014)

2 thoughts on “Super Handbook For (Super) Teens

  1. Atria Dewi Sartika 15 Desember 2014 / 03:42

    zaman aku remaja buku semacam ini belum ada (>_<)
    jadilah trial and erorr..ha..ha..
    Good review, Mas (^_^)

    Suka

    • Muhammad Rasyid Ridho 15 Desember 2014 / 04:59

      hehe

      ya sama, saya juga baru baca sekarang🙂
      kan baru tahun ini terbitnya, makasih ya, ayo kirim ke media juga🙂

      Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s