#Amoi Berhijab

Jalan Hidayah Mantan Model Majalah Dewasa

Judul                            : #Amoi Berhijab

cover #amoi berhijab
cover #amoi berhijab

Penulis                          : Raisyyah Rania Yeap dan Syarafuddin Sulaiman

Penerbit                       : Mizania

Penerjemah                   : Indradya SP dan Rini Nurul Badariah

Editor                          : I.S. Putra

Tahun Terbit                : Pertama, Februari 2015

Jumlah Halaman          : 160 halaman

ISBN                           :  978-602-1337-49-3

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community.

Kisah masuk Islamnya seseorang memang selalu menarik perhatian, apalagi yang masuk Islam adalah seorang artis atau orang terkenal. Seperti Felixia Yeap, yang mencapai puncak kariernya sebagai model majalah dewasa terkenal, Playboy.

Kisah hidupnya tentu menarik bagi banyak orang, karenanya ditulislah perjalanan hidupnya  dalam sebuah buku yang berjudul #Amoi Berhijab. Sejak masuk Islam pada tahun 2014 lalu, Felixia Yeap mengganti namanya menjadi Raisyyah Rania Yeap dan biasa disapa dengan Rara saja (halaman 120).

Rara adalah warga Malaysia keturunan Tionghoa. Berasal dari keluarga sederhana, ayahnya meninggalkan keluarga untuk bekerja di Jepang sejak dia kecil (halaman 9). Keluarganya juga bukan keluarga yang religius, bahkan bisa dikatakan tidak beragama. Meski begitu, Rania kerap merasakan ada Zat yang menciptakan dia (halaman 10).

Ketika ayahnya kembali ke Malaysia, malah membuat hancur keluarganya karena membawa istri baru. Ibunya sedih, dan kabur dari rumah. Ayahnya juga jarang di rumah. Jadi dia yang harus mengurusi adik laki-lakinya, termasuk mengurus segala urusan rumah tangga seperti memasak, mencuci, mengepel dan menyetrika pakaian (halaman 30).

Setelah lulus SPM (Sijil Pelajaran Malaysia), Rara kuliah fashion design di Kuala Lumpur. Sejak di Kuala Lumpur di hidup mandiri. Awalnya dia bekerja sebagai testing food. Tetapi, masih belum mencukupi kebutuhannya, dia mencoba mengikuti perlombaan ratu kecantikan di kelab-kelab (halaman 55).

Dia tertarik karena kalau menang bisa mendapat RM1000-RM3000. Untuk menjadi pemenang tidak mudah, karena ada syarat-syarat lain yang harus dilakukan selain mengikuti lomba. Rara tidak mau melakukan itu, karena dia tahu batasan.

Tetapi karena dia ingin menjadi pemenang, dia nekat tampil dengan keseksian yang lebih dari peserta lainnya. Dengan begitu dia akan mendapat banyak sambutan, tepuk tangan dan pujian. Maka pemilik kelab akan senang dan dia pun bisa menjadi pemenang dan semakin tinggi bayaran (halaman 60).  Namun begitu, dia hanya berpakaian seksi, tidak lebih dari itu. Mau tidak mau dia harus begitu agar tetap hidup. Selain itu resep dia bisa menjadi pemenang, karena dia bisa bahasa Inggris (halaman 65). Karena itu juga dia semakin naik tingkat, dan banyak tawaran pekerjaan.

Kariernya berlanjut menjadi model di majalah FHM dan menjadi race queen (halaman 76). Rara sempat vakum menjadi model seksi karena permintaan orang yang dicintainya. Dia menjadi guru tk (halaman 84). Tetapi karena dia merasa kurang gaji guru tk, dia kembali menjadi model, dan semakin meningkat kariernya menjadi model majalah dewasa, Playboy. Sejak itu dia sering keluar negeri dan menjadi model di majalah Playboy di banyak Negara (halaman 92).

Namun, sejak itu dia merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Meski hidup tercukupi, dan terkesan glamour, dia merasa ini bukan tujuan hidupnya. Dia merasa malu dan menjadi rendahan dengan memakai pakaian ketat dan seksi (halaman 106). Dia pun mencoba memakai pakaian wanita melayu dan berkerudung meski tidak beragama Islam. Dia merasa nyaman dan terlindungi.

Karena nyaman memakai kerudung, Rara menjadi penasaran dengan Islam. Dia belajar Islam, dan akhirnya memeluk Islam (halaman 131). Begitulah misteri hidayah, bisa menyapa siapa saja. Sebuah buku inspiratif dan bermakna, cocok untuk dibaca banyak orang. Selamat membaca!

dok, pribadi
dok, pribadi

*Resensi ini dimuat di Malang Post 10 Mei 2015

2 thoughts on “#Amoi Berhijab

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s