Garuda

Mengenal Superhero Garuda

Judul                            : Garuda

cover garuda
cover garuda

Penulis cerita dan gambar : Oyasujiwo

Penerbit                       : Noura Comic

Editor                          : Nurhadiansyah

Tahun Terbit                : Cetakan I, Desember 2014

Jumlah Halaman          : 100 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-26-6

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Garuda adalah komik lokal yang dibuat berdasarkan film dengan judul yang sama. Bedanya, versi komiknya lebih diperuntukkan pada pembaca anak-anak. Komik ini terdiri dari lima file yang berbeda kisah ataupun tema di tiap file. File pertama mengisahkan tentang seperti apa Garuda itu dari sudut pandang anak-anak. Berbagai macam Garuda lahir dari sudut pandang anak-anak SD tersebut.

IMG_5767

            File kedua mengisahkan tentang penyerangan pasukan luar angkasa ke bumi, di tanah Indonesia, tepatnya Metro City. Saat penyerangan terjadi, sepanjang file ini mengisahkan perjuangan anak-anak SD melawan pasukan luar angkasa. File ketiga, berisi tentang siapa Garuda dan siapa musuh Garuda.

IMG_5768

20140926garudafilm

File keempat, tentang kisah Oyasujiwo dalam menggambar Garuda dari versi livenya. Oyasujiwo juga mengatakan dalam file ini bahwa memang komik ini dibedakan dengan isi filmnya. Karena komik ini terbit duluan, kalau sama maka bisa jadi akan spoiler.

File kelima menceritakan tentang film Garuda. Film Garuda sebagai pembuktian bahwa Indonesia bisa juga membuat film superhero yang keren.  Garuda adalah film superhero generasi baru. Sebelumnya, pada tahun 80-an ada beberapa film superhero generasi pertama. Film ini dibuat dengan memadukan live action dan CGI (Computer Generated Imagery), 80% prosesnya dilakukan lewat proses digital.

Sebagai komik pertama superhero Garuda, maka selayaknya komik ini adalah pengenalan 141195329146186_500x833Garuda kepada pembaca. Sayangnya, pengenalannya kurang lengkap. Sosok Garuda sebagai pahlawan tidak diceritakan sepak terjang melawan kejahatan. Selain itu, musuh Garuda, Durja King juga sedikit diceritakan. Termasuk juga apa motif dari pasukan luar angkasa menyerang bumi, tidak diceritakan.

Terlepas dari semua itu, komik Garuda ini bisa menjadi awal kebangkitan komik Indonesia, khususnya komik superhero Indonesia. Maka, selayaknya karya ini diapresiasi. Selamat membaca!🙂

2 thoughts on “Garuda

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s