The Ultrasmart Holiday

Inspirasi Dari Sebuah Kekalahan

Judul                            : The Ultrasmart Holiday

cover The Ultrasmart Holiday by Shely Kayoula
cover The Ultrasmart Holiday by Shely Kayoula

Penulis                          : Shely Kayoula

Penerbit                       : Metamind-Tiga Serangkai

Editor                          : Ferrial Pondrafi

Tahun Terbit                : Cetakan I, Maret 2015

Jumlah Halaman          : 240 halaman

ISBN                           :  978-602-72029-4-9

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Yaji adalah anak betawi yang pindah ke Bandung, nama panjangnya Kukuh Samiaji. Dia sekolah di SMAN 80 Bandung (halaman 25). Dia bertubuh besar, memiliki kebiasaan telat tiap datang di sekolah. Yaji juga pemalas, dan juga memiliki kepandaian yang pas-pasan. Namun, yang mengejutkan adalah dia terpilih menjadi salah satu peserta The Ultrasmart Holiday.

The Ultrasmart Holiday adalah program reality show NTV. Acaranya adalah liburan, tetapi dengan cara berbeda. Liburan dengan game yang ada kaitannya dengan budaya dan sejarah bangsa. Mereka yang terpilih rata-rata adalah anak yang pintar dan paling tidak rajin. Awalnya, Yaji minder. Karena awalnya dia hanya berniat untuk menghindari pelajaran sekolah. Tetapi, kemudian dia berusaha sekuat tenaga untuk menjadi pemenang. Sebab tidak mau menanggung malu, karena diejek teman-temannya.

Tanpa sengaja ternyata teman satu sekolah dan anak baru di sekolahnya yang bernama Elis menjadi satu tim dengannya. Selain dengan Elis, Yaji juga satu tim dengan peserta lain yang pendiam tetapi memiliki kemampuan, kepintaran dan kecerdasan yang memukau bernama Bono.

Awalnya, peserta The Ultrasmart Holiday adalah 30 orang, kemudian diseleksi dengan game hingga menjadi dua belas peserta dan Yaji termasuk di dalamnya. Bersama Elis dan Bono Yaji, masuk dalam tim Bravo. Shely mampu mengaduk emosi pembaca dengan membuat adegan kesalahpahaman antar tim. Sebuah kewajaran dalam sebuah tim. Namun, penulis mampu memberi solusi agar kesalahpahaman menjadi hilang dan kembali bersatu untuk tujuan bersama.

Novel The Ultrasmart Holiday ini, adalah pemenang harapan 2 lomba menulis novel bertema “Seberapakah Indonesiakah Dirimu?” yang diadakan oleh penerbit Tiga Serangkai. Dengan kemampuan menulis yang renyah dan mengena Shely layak mendapatkan itu. Novel ini sebenarnya mengajak pembaca untuk kembali mengingat atau bahkan mempelajari sejarah dan budaya Indonesia. Tidak seperti buku nonfiksi, Shely pun tidak menggurui namun menulisnya menjadi sebuah cerita yang menarik.

Pembaca akan diajak menelusuri sejarah, melalui tokoh-tokoh dalam novel ini yang mencoba memecahkan maze di kawasan Monumen Nasional Jakarta, di Yogyakarta yang eksotis, di Candi Arjuna yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dan juga di Bandung yang gemerlap di malam hari.

Melalui Yaji tokoh dalam novel ini, penulis memberi pelajaran kepada pembaca. Bahwa kegagalan bukanlah akhir, bahkan lebih dari itu kegagalan adalah pelecut untuk menjadi lebih baik. Seperti Yaji yang suka malas-malasan, kemudian dia berubah seratus delapan puluh derajat menjadi lebih rajin, tidak telat ke sekolah dan mau berusaha untuk menjadi lebih baik.

Hanya saja karakter Elis di novel ini kurang didalami, sehingga kurang jelas karakter sebagai seorang bulenya. Dengan demikian, terlepas dari kekurangan yang ada, novel 240 halaman ini layak dibaca oleh siapa saja. Karena selain menghibur, novel ini juga menyimpan banyak hikmah di dalamnya, termasuk mengajak pembaca untuk lebih mengenal Indonesia dan mencintai Indonesia lebih dalam lagi. Selamat membaca!

dok. pribadi

*dimuat di harian singgalang 28 Juni 2015

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s