Move On!

Kisah Hidup Chef Cilik

Judul                            : Move On!

cover move on
cover move on

Penulis                          : Salsa Putri Sadzwana

Penerbit                       : Noura Books

Editor                          : Aan Wulandari

Tahun Terbit                : Cetakan I, Mei 2015

Jumlah Halaman          : 128 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-63-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Syiffa sekolah di Indonesia Cooking School. Meski begitu sekolah itu tetap ada pelajaran umum lainnya seperti sekolah biasa (halaman 2). Dia memiliki sahabat bernama Nina. Selain itu ada Myra murid baru dari Belanda yang juga menjadi sahabat Syiffa. Suatu ketika Indonesia Cooking School akan mengikuti lomba memasak se-Indonesia. Guru-guru di sana sepakat memilih Syiffa yang akan mengikuti lomba tersebut.

Sungguh kebahagiaan bagi Syiffa menjadi wakil lombanya, untuk perlombaan bergengis. Terlebih lagi dia bisa bertemu dengan Chef yang dia kagumi, Farah Quinn (halaman 28). Chef terkenal itu menjadi juri dalam perlombaan nasional tersebut. Semangat Syiffa semakin menjadi, dia ingin mengerahkan segala kemampuannya agar menjadi yang terbaik.

Syiffa membuat masakan khas daerahnya yaitu Ikan Arsik, makanan khas batak. Setelah selesai dan dilakukan penjurian, akhirnya yang terpilih menjadi juara pertama adalah Syiffa. Ini menjadi puncak kebahagiaanya. Tidak hanya bangga menjadi wakil sekolahnya di ajang nasional, tetapi juga mempersembahkan yang terbaik untuk sekolahnya.

Namun, kebahagiaannya lekas sirna. Karena saat ujian nilainya yang biasanya selalu terbaik. Harus turun dengan drastic. Hal ini karena Syiffa lebih sering belajar memasak, ketimbang membaca buku pelajarannya. Setelah menerima raport, dan benar nilainya sangat jelek. Orangtuanya kecewa padanya.

Akhirnya, mamanya mengirimnya ke desa untuk tinggal di sana sekaligus sekolah di sana. Dengan harapan dia bisa lebih fokus belajar, dan nantinya bisa lulus UN. Syiffa menjadi kecewa pada ibunya. Dia tidak habis pikir mengapa harus pindah ke sekolah biasa, di desa lagi. Bagaimana kelanjutan kisah Chef cilik ini? Baca sendiri bukunya ya! J

Novel seri Penulis Cilik Punya Karya ini adalah karya Salsa Putri Sadzwana yang pernah mendapatkan penghargaan dari Panitia Penerbit Buku Anak Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO atas cerpennya yang dimuat di Media Indonesia. Jika diperhatikan saya melihat ada formula yang mirip dengan Novel PCPK lain yang berjudul Konnichiwa Jepang! yaitu kakek dan nenek tokoh utama mengasuh anak yang mendapatkan musibah.

Namun, meski begitu tentu saja keduanya adalah kisah yang berbeda. Karya Salsa ini memuat kisah yang menarik dan juga berhikmah. Seperti, tidak boleh berprasangka buruk kepada orangtua, karena keinginan orangtua tentu adalah kebaikan untuk anaknya. Sebuah novel rekomendasi bagi anak-anak. Selamat membaca! J

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s