Annyeong Korea!

LiburanKe Korea Selatan

Judul                            : Annyeong Korea!

sumber: mizanstore.com
sumber: mizanstore.com

Penulis                          : Annisa Rizkia Arigayota

Penerbit                       : Noura Books

Editor                          : Aan Wulandari

Tahun Terbit                : Cetakan I, April 2015

Jumlah Halaman          : 140 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-08-2

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Setelah melakukan Korean Wive atau menyebar demam Korea melalui film, serial tv, juga musiknya, Korea menjadi salah satu destinasi pilihan banyak orang. Selain itu Korea memang menjaga warisan budayanya. Maka, tak heran banyak tempat wisata di Korea yang sarat sejarah. Selain itu memang juga bertaburan tempat wisata modern.

sumber: stephphotog.files.wordpress.com
sumber: stephphotog.files.wordpress.com

Tempat wisata Korea di antaranya N Seoul Tower, Lotte World, Pulau Jeju, dan The Grand Palace. N Seoul Tower disebut juga Namsan Tower, letaknya di gunung Namsan tepatnya di Distrik Yongsandong (Yongsan-gu). Namsan Tower adalah menara komunikasi dan observasi. Menara ini merupakan landmark Kota Seoul. Tingginya sekitar 236,7 meter dan merupakan titik tertinggi di Seoul.

sumber: explore.cj.net
sumber: explore.cj.net

Di tower ini ada sudut tempat menaruh gembok cinta yang dipercaya jika ditulis nama kedua pasangan di gembok dan ditaruh di taruh di Namsan Tower maka akan langgeng hubungan keduanya. Tempat ini juga yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan domestik untuk mengunjungi Namsan Tower (halaman 39).

sumber: skippingclouds.blogspot.com
sumber: skippingclouds.blogspot.com

Ada juga yang namanya Lotte World yang terletak di Sincheong-dong, Songpa-gu, Seoul. Tempat wisatanya ini adalah tempat bermain indoor terbesar di dunia. Lotte World adalah versi Korea Selatannya Dufan dan Trans Studio Bandung. Arena permainannya sejenis Dufan, dan tempat indoornya seperti Trans Studio Bandung, tetapi lebih besar. Di sini ada banyak permainan seperti The Adventur of Sinbad, The Conquistador, Drumen Basket dll (halaman 83).

sumber: vipme-tyastyas.blogspot.com
sumber: vipme-tyastyas.blogspot.com

Tempat wisata yang sarat sejarah adalah The Grand Palace. Istana ini adalah peninggalan Dinasti Joseon. Arsitektur dan adat istiadat pada zaman Dinasti Joseon di digambarkan dengan sangat detail. Di tempat ini juga sering diadakan peragaan ulang dari tradisi-tradisi terdahulu. Istana ini terbagi menjadi lima bagian, Gyeongbok-gung, Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung, dan Gyeonghuigung (halaman 113).

sumber: guiddoo.com
sumber: guiddoo.com

Tempat wisata alami adalah Pulau Jeju (Jeju-do). Pulau ini adalah pulau terbesar di Korea dan terletak di selatan Semenanjung Korea. Pulau Jeju adalah satu-satunya provinsi yang berotonomi di Korea Selatan. Di tengah-tengah pulau, ada gunung Halla, yang menjadi gunung tertinggi di Korea 1.950 m. Pulau ini bercuaca hangat sepanjang tahun, dan pada musim dingin jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang tumbuh di daerah subtropics bisa bertahan hidup.

sumber: lukevery.blogspot.com
sumber: lukevery.blogspot.com

Pulau Jeju dijuluki Samdado yang berarti Pulau yang berlimpah dengan tiga hal, yaitu bebatuan, wanita dan angin. Karena memiliki kebudayaan yang unik dan keindahan alam yang menarik, Pulau Jeju menjadi salah satu objek wisata yang paling terkenal di Korea (halaman 123).

Novel anak seri Holidaylicous yang diterbitkan oleh Penerbit Noura Books adalah novel yang akan membawa pembaca berwisata ke tempat-tempat menarik sekaligus mencicipi makanan-makanan lezat dari berbagai negara di dunia. Annyeong Korea! Adalah salah satu judul dari seri ini karya Annisa Rizkia Arigayota.

Novel ini bercerita tentang Ryana dan kakaknya-Tasya berlibur ke Korea Selatan. Ini adalah rencana kedua orangtuanya, untuk berlibur bersama kedua anaknya. Kedua orangtua mereka adalah pembisnis yang sukses yang jarang di rumah karena kesibukan mereka sering di luar kota bahkan di luar negeri. Liburan ini sebagai hadiah dari kedua orangtua Ryana dan Tasya, sebagai pengganti tiadanya waktu orangtuanya bagi mereka.

Namun, setelah Ryana dan Tasya sampai di Korea Selatan. Orangtua mereka malah membatalkan untuk kesekian lagi liburan keluarga mereka, mereka masih sibuk bekerja sehingga tidak bisa datang ke Korea. Ryana dan Tasya sangat sedih, karena kekecewaan mereka terulang lagi. Lalu bagaimana kelanjutan kisah mereka? Baca novelnya langsung aja ya kalau penasaran!😀

sumber: zonacewek.com
sumber: zonacewek.com

Selain menjadikan berbagai objek wisata di Korea sebagai setting cerita, novel ini juga memberi informasi seputar makanan di Korea, seperti ramen, jajangmyeon, kimchi dan gimpab. Jika penasaran dengan jenis makanan itu bisa langsung baca novel ini aja deh ya. Ada penjelasannya di novel ini. Tentang fenomena boyband dan girlband juga tak luput untuk ditulis oleh Annisa. Dengan demikian, novel ini tidak hanyak menghibur tetapi juga bertabur informasi yang bermanfaat. Novel anak rekomendasi, selamat membaca!

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s