Soul Match

Persahabatan Adalah Segalanya

Judul                            : Soul Match

sumber: nourabooks.co.id
sumber: nourabooks.co.id

Penulis                          : Alfian Daniear

Penerbit                       : Noura Books

Editor                          : Jason Abdul

Tahun Terbit                : Cetakan I, 2014

Jumlah Halaman          : 224 halaman

ISBN                           :  978-602-1606-83-4

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Janitra adalah salah satu dari sekian perempuan yang suka bermain bola. Bahkan, cita-citanya ingin menjadi pemain sepakbola yang mengharumkan nama bangsa. Suatu ketika dia mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar di SMA St. Monica, di Brazil. Tentu saja Janitra senang bukan main, bisa hidup selama setahun di negeri yang tersohor dengan sepak bolanya tersebut.

Setelah sekolah di St. Monica, Janitra bertemu siswi-siswi yang juga menyukai sepak bola. Salah duanya akhirnya menjadi sahabat Janitra, yaitu Beatriz dan Flavia (halaman 15). Beatriz tidak terlalu menyukai sikap Flavia yang penuh gaya. Beatriz awalnya penyuka bola voli, dan bahkan dia memamerkan kemampuan bermain volinya kepada Janitra dan mengatakan ingin menjadi pemain voli. Tetapi ketika ada pengumuman seleksi tim sepak bola pantai wanita di sekolah, dia tertarik untuk ikut.

sumber: www.sundul.com
sumber: http://www.sundul.com

Sedangkan Flavia telah lama menyukai sepak bola. Ketika pertama kali bertemu dengan Janitra, mereka berdua langsung cocok. Mereka ingin membuat tim sepak bola siswi St. Monica. Setelah ada pengumuman seleksi dari sekolah, Flavia dan Janitra pun mengikuti seleksi tersebut. Persahabatan Flavia dan Janitra sangat erat, mereka terbiasa latihan bersama. Hasilnya, dari ratusan peserta, Flavia, Janitra dan Beatriz lolos seleksi dan akan diseleksi kembali untuk menjadi kelompok yang lebih kecil. Hingga akhirnya mereka bertiga tetap terpilih di tim inti sepak bola pantai (halaman 40).

Dalam sebuah persahabatan, tidak hanya ada kesetiaan, atau cinta dan pengertian. Tetapi juga terkadang ada khilaf dan kesalahpahaman. Begitu juga persahabatan Beatriz dan Janitra, begitu juga persahabatan Janitra dan Flavia. Janitra merasa paling bagus skill bermain sepak bolanya, dan dia meremehkan Beatriz sehingga Beatriz merasa tersinggung (halaman 80). Akhirnya Beatriz tidak menyapa Janitra.

Retaknya persahabatan Janitra dan Flavia berbeda persoalan lagi. Flavia mencintai Kaisar, meski Kaisar tidak mencintainya. Kaisar mencintai Janitra, tetapi Janitra tidak mau merusak hubungan Kaisar dengan Flavia yang kabarnya sedang pacaran. Karena Kaisar lebih sering mendekati dan memotivasi Janitra, Flavia jadi benci pada Janitra. Flavia adalah anak pemberi sponsor dalam lomba sepak bola pantai tersebut, akhirnya Flavia membuat kebijakan agar Janitra yang bukan asli Brazil tidak boleh ikut pertandingan (halaman 158).

sumber: wisataterbaikmu.blogspot.com
sumber: wisataterbaikmu.blogspot.com

Keretakan persahabatan mereka bertiga menjadi masalah dalam tim mereka, tim yang biasanya selalu menang, menjadi tidak memiliki taring lagi. Awalnya ketika Janitra dilarang bermain, kemudian ketika Flavia ketahuan melakukan kecurangan dan dilarang bermain pula. Padahal dua orang ini adalah penyerang andalan tim St. Monica. Setelah Janitra masuk lagi dalam pertandingan, tim kembali cemerlang.

Namun, Janitra merasa seperti ada yang kurang ketika tidak ada Flavia, timnya menjadi kurang tajam. Akhirnya, dia memaksa agar Flavia bisa kembali bertanding dan dia memaafkan Flavia. Sebuah sikap yang patut dicontoh, yaitu saling memaafkan dan mau berkorban untuk sesuatu yang lebih besar dan berkaitan dengan orang banyak. Dengan demikian tim St. Monica menjadi juara pertandingan.

Melalui tokoh-tokoh di atas penulis memberi pelajaran yang berguna bagi kehidupan, tak pelak novel dengan bahasa yang renyah dan mengalir ini layak dibaca. Selain sikap baik di atas buku ini juga mengajarkan bahwa sebagai makhluk sosial manusia tidak boleh menang sendiri, harus saling membantu karena membutuhkan orang lain utamanya sahabat. Karenanya, persahabatan adalah segalanya dan harus selalu dijaga.  Selamat membaca!🙂

*resensi ini dimuat di Harian Singgalang 12 Juli 2015

 

7 thoughts on “Soul Match

  1. Ombak Bintang 5 Agustus 2015 / 22:18

    Ini buku ketiga penulisnya kalau gak salah. Makin keren deh. ^^

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s