Keajaiban Enzim Awet Muda

Kunci Emas Agar Hidup Sehat Ala Dr. Sinya

Judul                            : Keajaiban Enzim Awet Muda

cover Keajaiban Enzim Awet Muda
cover Keajaiban Enzim Awet Muda

Penulis                          : Hiromi Sinya, M.D.

Penerjemah                   : Novitri

Editor                          : Budhyastuti R.H.

Penerbit                       : Penerbit Qanita

Tahun Terbit                : Cetakan I, 2014

Jumlah Halaman          :180 halaman

ISBN                           :  978-602-1637-49-4

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Dr. Hiromi Sinya terkenal ketika menulis buku yang berjudul The Miracle of Enzym. Dokter Sinya menurut Erikar Lebang adalah dokternya dokter. Julukan ini cukup beralasan, dokter sinya adalah tenaga kesehatan yang konsekuen dengan apa yang dia lakukan, menerapkannya dalam keseharian, baik kepada diri sendiri ataupun pada pasiennya.

Dalam buku selanjutnya dokter Sinya memberi tips kunci emas untuk hidup sehat. Ada 7 kunci emas yang berfungsi untuk menghemat Enzim Ajaib dalam tubuh sehingga dapat menikmati hidup yang panjang dan sehat. Pertama, melakukan pola makan yang baik. Pola makan yang baik adalah 85-90% memakan makanan berbasis nabati seperti biji-bijian utuh, beras merah, sayuran hijau dan kuning, buah-buahan dan lain-lain (halaman 159). Selain itu perlu ditambah makanan tambahan seperti teh herbal dan tablet rumput laut. Makanan yang dihindari atau dibatasi adalah seperti susu sapi dan keju.

Pola makan rekomendasi dokter Sinya adalah berhentilah makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur, kunyahlah setiap suap 30-50 kali dan jangan makan di antara waktu makan kecuali makan buah utuh. Kedua, adalah minum air yang cukup dan sehat seperti air mineral atau air sadah yang memiliki banyak kalsium dan magnesium yang akan menjaga tubuh tetap pada pH basa yang optimal. Orang dewasa sebaiknya minum setidaknya 6-10 gelas air setiap hari.

Ketiga adalah membuang air besar secara teratur. Membuang air besar ini bertujuan untuk menyingkirkan zat-zat yang mencemari usus dan membersihkan sistem tubuh secara berkala. Tetapi meskipun begitu, dokter Sinya melarang untuk menggunakan obat pencahar. Keempat adalah olahraga secukupnya. Olahraga yang dilakukan adalah yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik. Namun, tidak boleh berlebihan karena dapat melepaskan radikal bebas dan membahayakan tubuh.

Kelima adalah istirahat yang cukup. Tidur diusahakan pada jam yang sama setiap malam dan jangan makan atau minum 4-5 jam sebelum tidur, jika lapar atau haus maka dibolehkan makan sepotong kecil buah dalam jarak waktu sejam sebelum tidur. Selain itu sebaiknya melakukan tidur siang setelah makan siang selama 30 menit.

Kunci keenam adalah melakukan latihan pernafasan dan meditasi. Selain itu dokter Sinya juga menyarankan agar selalu memiliki pikiran yang positif dan juga memakai pakaian yang longgar agar tidak menyesakkan pernafasan (halaman 163). Kunci terakhir adalah selalu melakukan hal-hal yang membuat bahagia dan bersifat kasih sayang. Seperti tertawa, menyanyi, menari, membaca Al-Qur’an dan komunikasi dengan keluarga dan orang lain dengan sepenuh hati. Dengan begitu akan meningkatkan enzim tubuh.

Buku ini juga berisi tentang tips-tips ampuh dari dokter Sinya agar tetap awet muda. Dengan Demikian buku ini sangat rekomendasikan kepada Anda, dengan harapan mampu membuka pikiran dan menginspirasi agar senantiasa hidup sehat dan awet muda. Selamat membaca!

*dimuat di harian singgalang 16 Agustus 2015

 

 

2 thoughts on “Keajaiban Enzim Awet Muda

  1. Ade anita 17 Agustus 2015 / 15:21

    Ini sepertinya bisa jadi kado ultah buat suamiku.tks ya

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s