Sehat Ala Nabi

Belajar Sehat Kepada Rasulullah

Judul                            : Sehat Ala Nabi

sumber: www.nourabooks.co.id
sumber: http://www.nourabooks.co.id

Penulis                          : dr. Mohammad Ali Toha Assegaf

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Cetakan I, Februari 2015

Jumlah Halaman          : 208 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-49-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Tubuh manusia adalah sebaik-baik bentuk. Bahkan lebih dari itu, manusia juga dilengkapi ketahanan tubuh secara alami, dari segala yang membahayakan. Tetapi, mengapa ada manusia yang sakit? Hal itu banyak terjadi sebab gaya hidup manusia yang menyalahi aturan. Sehingga sakit menjadi salah satu penyadar atas kesalahannya yang telah merusak keseimbangan yang telah diciptakan oleh Allah SWT.

Sebagai Nabi yang diutus untuk seluruh manusia, Nabi Muhammad Saw menjadi teladan agar selamat di dunia akhirat. Perilaku yang dicontohkannya tidak hanya perihal ibadah, namun juga muamalah sehari-hari yang ternyata menyehatkan. Rasulullah sangat mengatur gaya hidupnya agar selalu sehat. Hal itu dapat ditemukan dari pola makan yang mengawali dengan mencuci tangan, termasuk jenis makanan yang dipilih. Rasulullah juga menjaga kebersihan dan penampilan, gemar berolahraga dan menempa mental dan kejiwaannya. Tidaklah mengherankan, jika kemudian para dokter peneliti mengakui bahwa apa yang Rasulullah ajarkan adalah perilaku sehat dan menyehatkan.

Dalam buku dr. Mohammad Ali Toha Assegaf yang berjudul Sehat Ala Nabi, disebutkan pengobatan islami adalah pengobatan dan penyehatan dengan mengoptimalkan segala petunjuk, baik yang berhubungan langsung dengan kesehatan mapun tidak. dr. Ali Toha menyusunnya dengan nama smart healing. Ini adalah konsep hidup sehat yang cerdas dan mencerdaskan dengan metode alami dan islami. Dalam buku ini ada smart tips yang dr. Ali Toha susun dengan mempertimbangkan manhaj smart healing, yaitu Halal, Islami, Manfaat, Murah, Aman dan Holistik (Himmah). Tercatat ada 365 tips sehat sesuai ajaran Rasulullah, dalam buku 208 halaman ini.

Dr. Ali Toha merangkumnya dalam 6 smart. Pertama adalah smart behavior. Smart behavior ini tentang perilaku keseharian manusia, karena memang perilaku itu berpengaruh terhadap kesehatan. Subbab ini berisi 87 tips seputar sikap dan tingkah laku menyehatkan yang dicontohkan Nabi Saw. Di antaranya, tidak  boleh bakhil atau kikir. Kikir itu dimulai dari cinta dunia yang berlebihan, takut miskin, hati selalu cemas, dan tidak bahagia. Akibatnya, otak akan mudah terserang gangguan, seperti pikun dan sulit tidur. Dr. Ali Toha juga menyebutkan bahwa marah akan membuat pelakunya berisiko tekanan darah tinggi, stroke, depresi, penyakit saraf pusat, penyakit jantung dan vertigo (halaman 22).

Smart tips kedua adalah smart eating. Sumber penyakit berasal dari perut. Karenanya, subbab ini akan memberikan 101 tips seputar jenis makanan, pola makan, dan etika aplikatif yang dapat menyehatkan tubuh. Di antaranya adalah, menurut penelitian air sebagai kompenan terbesar makhluk hidup yang ada di alam ini, dan 70% dalam tubuh manusia adalah air. Banyak penyakit berat menjangkiti tersebab kurang minum air atau meminum air yang berkualitas buruk. Disebutkan juga dalam subbab ini bahwa madu bermanfaat sebagai antibiotik yang mengobati diare kronis (halaman 60).

Smart tips ketiga adalah smart ibadah. Ibadah yang dilakukan dengan ikhlas, khusyuk dan hudhur, serta dilakukan sesuai dengan petunjuk Rasulullah Saw, ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan. Prof. Dr. Syahatah dari bagian THT Fakultas Kedokteran Universitas Alexandria membuktikan dalam suatu penelitiannya bahwa istinsyaq (menghirup air lewat hidung sewaktu wudhu), dapat membersihkan hidung dari kuman-kuman. Sedangkan, istintsar (mengeluarkan air yang dihirup lewat hidung) dapat mengeluarkan kuman tersebut sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi hidung (halaman 100).

Smart keempat adalah smart doa. Doa adalah salah satu cara pengobatan yang hebat karena kesembuhan hanya datang dari Allah Swt. Namun, tidak semua doa dikabulkan oleh Allah Swt. Syarat utama agar doa dikabulkan, yaitu dilakukan dengan tulus disertai rasa takut akan kurangnya ibadah dan amal saleh yang diperbuat (halaman 117).

Kelima adalah smart medicine. Subbab ini memberikan panduan membuat ramuan yang berguna untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit tertentu. Misalnya, jika mengalami keracunan bisa diatasi dengan membuat cincau. Caranya, 50 g daun cincau diremas-remas dalam empat gelas air matang, hingga airnya berwarna hijau. Lalu biarkan hingga menjadi agar-agar, menambahkan lima sendok gula kelapa dan diaduk rata. Dengan meminum 2 kali sehari insya Allah akan, segera terbabas dari keracunan (halaman 134).

Terakhir, adalah smart environment. Manusia di bumi sebagai khalifah yang mengatur agar hidup dengan segala kebaikan. Namun, sayangnya banyak yang menyalahgunakan sehingga terjadi kerusakan di bumi. Salah satu kerusakan yang dibuat dan dirasakan langsung akibatnya oleh manusia adalah memakan dan meminum minuman sembarangan. Seperti memasukkan obat kimia terlalu banyak sehingga merusak kesehatan (halaman 163). Akhirnya, buku karya pendiri dan Pembina Lembaga Penelitian, Pendidikan,dan Pengembangan Kesehatan Islami (LP3KI) ini memang layak dibaca. Semoga kita semua sehat selalu. Amin!

 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

*dimuat di jateng pos 23 Agustus 2015

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s