Buku Pintar ASI dan Menyusui

Peran ASI Dalam Menyehatkan Bayi

Judul                            : Buku Pintar ASI dan Menyusui

sumber: nourabooks.co.id
sumber: nourabooks.co.id

Penulis                          : F. B. Monika

Editor                           : Kiki Sulistyani

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Februari 2015

Jumlah Halaman          : 288 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-20-4

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Dalam sebuah data, pada tahun 2006 diperkirakan 9,5 juta anak meninggal sebelum berusia 5 tahun dan dua per tiga kematian ini terjadi pada tahun pertama kehidupan anak-anak tersebut. Apa yang menyebabkan kematian ini? Ternyata, dari berbagai penyebab kematian bayi/anak-anak, 35% berhubungan dengan malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Hal ini berkaitan dengan banyaknya para ibu yang minim pemahaman tentang pentingnya ASI dan menyusui. Ada yang meninggalkan ASI bukan sekadar tidak keluarnya ASI dari payudara sang ibu, tetapi lebih dari itu karena menganggap susu formula itu benar-benar menyehatkan seperti dalam iklannya yang dikatakan mengandung berbagai zat yang menyerupai ASI. Bahkan yang lebih membuat miris lagi adalah ketika orangtua memberikan susu formula pada sang bayi dengan alasan gengsi dengan memberikan susu formula berharga mahal, bukan karena alasan kesehatan.

Apa kaitan ASI dan malnutrisi? Pada dua tahun pertama kehidupan anak, pertumbuhan anak akan mengalami kecepatan yang sangat, sehingga periode ini disebut sebagai golden period atau periode emas. Jika rentang usia dua tahun pertama sang anak mendapatkan asupan gizi yang optimal, seperti ASI, penurunan status gizi bisa dicegah. Karenanya, periode ini tidak boleh terlewatkan karena tidak akan datang lagi.

Pemberian asupan yang optimal sejak bayi adalah upaya paling efektif untuk meningkatkan kesehatan anak. Jika terjadi malnutrisi selama periode emas, maka yang akan terjadi adalah anak akan tumbuh pendek (beberapa sentimeter lebih pendek dari tinggi potensialnya) dan juga berpengaruh pada perkembangan intelektualnya. Sedangkan bila wanita menderita malnutrisi sejak kecil, kondisi reproduksi wanita tersebut juga terpengaruh. Bayi yang dikandungnya kelak lahir dengan berat badan rendah dan dapat mengalami komplikasi selama melahirkan.

Selain itu buku karya F. B. Monika yang berjudul Buku Pintar ASI dan Menyusui ini juga membahas tentang berbagai peran penting ASI untuk meningkatkan kesehatan bayi. Pertama, bayi yang diberi ASI 17 kali lebih jarang menderita pneumonia/radang paru. Kedua, bayi yang diberi ASI lebih terlindungi dari penyakit sepsis/infeksi dalam darah yang menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh hingga terjadi kematian.

Ketiga, waktu menyusui yang lebih panjang dapat melindungi bayi dan anak dari asma atau mengurangi terjadinya serangan asma pada anak kecil. Risiko menderita asma meningkat bila pemberian ASI eksklusif dihentikan sebelum 4 bulan. Keempat menyusui dengan waktu lebih dari enam bulan dapat melindungi bayi dari penyakit rhinitis alergi.

Kelima, risiko dirawatnya bayi yang disusui eksklusif selama 4 bulan karena penyakit saluran pernafasan, 3 kali lebih jarang daripada bayi yang diberikan susu formula. Keenam, bayi yang diberi ASI eksklusif 25 kali lebih jarang menderita diare fatal/ menyebabkan kematian. Persentase bayi yang dirawat di rumah sakit karena diare dapat dicegah sebesar 53% setiap bulannya dengan memberikan ASI eksklusif.

Ketujuh, bayi yang diberi ASI selama enam bulan atau lebih, akan lebih jarang menderita kanker (leukimia, limfona maligna). Kedelapan, pemberian ASI akan mengurangi risiko diabetes/kencing manis. Kesembilan, pemberian ASI eksklusif selama 3-5 bulan mengurangi risiko obesitas/kegemukan sebesar 35% pada masa datang (usia 5-6 tahun). Kesepuluh, ASI melindungi bayi dari celiac disease/kelainan autoimun ketika penderita mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, akan terjadi kerusakan terjadi kerusakan usus halus.

Selain itu buku ini juga membeber keunggulan ASI lainnya, seperti selalu tersedia dalam keadaan bersih dari payudara ibu. Selalu tersedia kapan pun dan dengan suhu yang tepat, dan juga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh bayi. Buku karya konselor menyusui dan La Leche League Leader ini tidak hanya membahas perihal manfaat asi, namun juga tentang anatomi payudara dan produksi ASI, tentang masalah-masalah menyusui dan juga nutrisi untuk ibu menyusui. Dengan demikian buku ini cukup lengkap membahas tentang ASI dan sangat direkomendasikan kepada pasangan yang baru berumah tangga atau istri yang tengah hamil, dengan harapan akan memudahkan memahami tentang menyusui dan ASI dan mengerti solusi-solusi atau mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam menyusui. Semoga!

Resensi Buku Pintar Asi dan Menyesui di Jateng Pos 11 Oktober 2015

*dimuat di Jateng Pos 11 Oktober 2015

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s