Kisah 10 Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga

Rahasia Sahabat Nabi Yang Dijamin Surga

Judul                            : Kisah 10 Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga

sumber: http://www.tigaserangkai.co.id/
sumber: http://www.tigaserangkai.co.id/

Penulis                          : Nita Candra

Penerbit                       : Tiga Ananda, Imprint Penerbit Tiga Serangkai

Editor                          : Hariyadi

Tahun Terbit                : Oktober, 2014

Jumlah Halaman          : 80 halaman

ISBN                           :  978-979-045-795-9

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Rasulullah Muhammad Saw. adalah seorang yang maksum (diampuni segala dosanya), maka tentu saja beliau adalah penghuni surga. Selain beliau, Rasulullah mengabarkan bahwa ada 10 sahabatnya yang sudah dijanjikan masuk surga. Seperti sabda Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi (shahih) berikut.

“Dari Abdurrahman bin ‘Auf, dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda, ‘Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, az-Zubair di surga, Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad di surga, Sa’id di surga dan Abu Ubaidah bin Jarrah di surga.”

Dari sepuluh orang ini pasti memiliki rahasia yang menjadikan mereka terpilih menjadi calon penghuni surga. Empat orang pertama adalah orang yang paling sering di dengar. Mereka adalah yang menjadi pemimpin umat Islam setelah wafatnya Rasul. Mereka sering disebut sebagai khulafaur rasyidin. Abu Bakar ra, yang menjadi salah satu sahabat terdekat Nabi. Seorang yang meyakini ucapan ketika yang lain masih mempertanyakan. Orang yang paling setia kepada Nabi dan agama Allah (halaman 9).

Umar adalah sahabat Nabi yang menjadi khalifah setelah wafatnya Abu Bakar. Umar ra, adalah pemimpin yang rendah hati. Bahkan ketika menjadi pemimpin umat, Umar biasa memakai baju penuh tambalan dan ketika tidur hanya beralaskan tikar saja (halaman 18). Utsman ra, mengganti setelah wafatnya Umar. Utsman juga sahabat setia Nabi dan termasuk assabiqunal awwalun juga. Utsman memiliki sifat yang pemalu, dan menjadi menantu Rasulullah (halaman 28). Ali mengganti Utsman. Dia orang yang cerdas, mengimani Islam sejak kecil dan berakhlak mulia (halaman 37).

Enam sahabat Nabi yang lain sangat jarang dikenal. Seperti Abu Ubaidah bin Jarrah ra. Rahasia dia menjadi orang yang telah dijanjikan surga meski masih hidup di dunia, adalah dia taat memegang amanah. Rasulullah bersabda, “Tiap-tiap umat ada orang yang pemegang amanah dan pemegang amanah umat ini adalah Ubaidah bin Jarrah.” Sungguh teladan yang baik bagi pemimpin zaman sekarang jika menginginkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.

Abu Ubaidah masuk Islam karena perantaraan Abu Bakar. Sebab lain yang menjadikannya menjadi ahli surga adalah sangat cintanya kepada Nabi. Ketika Perang Uhud Rasulullah terpanah dan terkena serpihan besi dari baju yang dipakai beliau, sehingga darah terus mengucur dari pipinya. Kemudian Abu Ubaidah mencabut serpihan besi yang mengenai pipi Rasulullah tersebut dengan giginya. Meski sampai beberapa giginya copot, dia tidak tidak peduli. Yang dia cemaskan hanya Rasulullah (halaman 74).

Selain Abu Ubaidah ada Sa’id bin Zaid ra yang menjadi calon penghuni surga. Ibunya adalah Fatimah binti Ba’jah bin Malik al-Khuzaiyyah dan termasuk golongan perempuan yang mengawali masuk Islam. Dia adalah pembela Islam yang rendah hati. Meski Sa’id adalah saudara ipar Umar bin Khattab ra, tetapi dia tidak mau mendapatkan jabatan. Bahkan ketika ada tawaran untuk mengisi posisi di pemerintahan, Sa’id tetap tidak mau (halaman 68). Begitulah Sa’id orang yang teguh berpendirian, dermawan, kuat menjaga hawa nafsu bahkan termasuk orang yang dikabulkan doanya.

Suatu ketika Sa’id pernah dizalimi oleh seorang perempuan. Perempuan itu menuduh Sa’id merampas tanah milik perempuan tersebut. Sa’id teringat sabda Nabi bahwa orang yang terzalimi akan terkabulkan doanya. Sehingga diapun berdoa, “Ya Allah, jika dia berbohong, berikanlah balasan setimpal untuknya (halaman 70).”

Buku 80 halaman ini menceritakan empat sahabat Nabi lain yang juga telah dijanjikan surga. Sebagai buku anak, buku ini berwarna-warni dan dipenuhi dengan ilustrasi dengan harapan menarik anak-anak untuk membaca. Buku ini tak hanya cocok dibaca oleh anak-anak, remaja dan orangtua pun dianjurkan membaca. Selain menambah ilmu, juga agar mempermudah jika nantinya ingin mendongengkan kisah-kisah dalam buku ini kepada adik atau anaknya. Semoga dengan adanya buku ini, lahirlah generasi bangsa yang baik dan amanah. Selamat membaca!

dok. pribadi
dok. pribadi

*dimuat di Harian Singgalang 18 Oktober 2015

*diikutkan Islamic Reading Challenge 2015  http://yukmembacabukuislami.blogspot.co.id/2014/12/islamic-reading-challenge-isrc-2015.html

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s