Wanita Yang Dirindukan Surga

Amalan Rahasia Wanita Ahli Surga

Judul                            : Wanita Yang Dirindukan Surga buku-wanita-yang-dirindukan-surga1

Penulis                          : M. Fauzi Rahman

Editor                           : Yadi Saeful Hidayat

Penerbit                       : Mizania

Tahun Terbit                : Cetakan I, Februari 2015

Jumlah Halaman          : 208 halaman

ISBN                           :  978-602-1337-48-6

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Suatu ketika Rasulullah bersabda berkaitan tentang peringatan kepada kaum wanita, sebagaimana hadis dari Abdullah bin Umar r.a, bahwasanya Rasulullah bersabda, “Wahai kaum wanita, bersedekahlah kalian, perbanyaklah memohon ampunan, sesungguhnya aku melihat sebagian besar kalian penghuni neraka.”

Hadits ini menjadi salah satu peringatan Rasulullah Saw kepada para wanita. Lalu ada pertanyaan mengapa banyak dari kaum wanita yang nantinya akan menjadi penghuni neraka? Apakah ini bentuk ketidakadilan Allah? Bukan. Allah adil kepada seluruh hamba-Nya, tidak pandang bulu, bahkan tidak pandang jenis kelamin. Ini sesuai firmannya di surat Al-Ahzab ayat 33 (halaman 10).

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Lantas apa yang menyebabkan kaum perempuan banyak yang menjadi penghuni neraka? Menurut Imam Al-Qurthubi ini beberapa sebabnya. Pertama, karena kaum wanita terpedaya oleh hawa nafsu dan terlalu mencintai perhiasan dunia. Kedua, sulit tersentuh dengan akhirat karena lemah akal sehingga suka lalai. Ketiga, Wanita merupakan faktor pertama dan utama penyebab laki-laki berpaling dari urusan akhirat, karena terpesona dan daya tarik mereka yang mampu membangkitkan nafsu laki-laki. Terakhir, sebagian besar mereka berpaling dari akhirat, karena mudah terpedaya dan sulit menanggapi seruan terhadap akhirat (halaman 23).

Nah, lalu bagaimana keadilan Allah kepada kaum wanita. Allah menyediakan banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan oleh kaum wanita, sehingga kelak akan menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Karena hanya dengan beribadah makhluk akan dekat dengan Sang Khalik. Dengan mendekati Allah, maka itu pun juga sama dengan mendekati surga.

Dalam buku Wanita Yang Dirindukan Surga: Beribadah Tanpa Lelah karya M. Fauzi Rahman ini disebutkan berbagai macam ibadah yang bisa dilakukan oleh kaum wanita guna mendekatkan diri kepada Allah dan tentu saja surga-Nya. Di antara ibadah-ibadah tersebut adalah, pertama iman kepada Allah. Iman berarti pembenaran. Dalam Islam, iman berarti pembenaran terhadap apa yang disampaikan oleh Rasulullah Saw yang pokok-pokoknya telah tercantum dalam enam rukun iman (halaman 62).

Iman merupakan faktor utama dalam upaya meraih kecintaan Allah Swt. Bahkan, dalam Al-Qur’an ada pujian kepada wanita budak tapi beriman daripada wanita musyrik nan cantik, tetapi tidak beriman kepada Allah. Hal ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 221, “Janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya, wanita budak yang beriman lebih baik daripada wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu.”

Amalan yang mendatangkan kecintaan Allah Swt. Adalah bertaqwa. Taqwa berasal dari kata waqa-yaqi yang berarti menjaga atau melindungi. Dari kata kerja ini kemudian menjadi kata benda, waqwa. Namun, orang Arab mengubah huruf wawu menjadi ta’, sehingga kata benda waqwa menjadi taqwa.

Rasulullah pernah melihat seorang wanita menangis di kuburan, beliau kemudian berpesan, “Bertakwalah kepada Allah!” Hal ini berarti takwa penting dalam keseharian manusia. Bahkan, saking penting bertakwa, dalam Al-Qur’an perintah untuk bertakwa disebutkan sebanyak 69 kali (halaman 71).

Setelah beriman dan bertakwa, maka yang mendekatkan wanita kepada kecintaan Allah adalah beribadah. Ada begitu banyak ibadah yang Allah sediakan, dari yang wajib hingga yang sunnah. Alangkah baiknya ketika menunaikan kewajiban shalat lima waktu, puasa Ramadhan, haji, dan lainnya, diiringi juga dengan mengerjakan ibadah-ibadah sunnah. Seperti shalat sunnah rawatib, dhuha, tahajud dan lainnya. Puasa sunnah senin-kamis, daud, syawal, hari asyura Muharram dan lainnya. Membaca dan mengkaji Al-Qur’an. Zikir kepada Allah. Berakhlah mulia, berbakti pada orangtua, membina kehidupan beragama dalam keluarga dan lain-lain (halaman 169).

Dengan demikian, buku 208 halaman ini tidak hanya menarik dan inspiratif tetapi juga penuh dengan ilmu agama yang penting diketahui, khususnya oleh para wanita. Sehingga kelak menjadi wanita yang dirindukan oleh Surga. Semoga!

dok pribadi
dok pribadi

*dimuat di Harian Singgalang 8 November 2015

*diikutkan Islamic Reading Challenge 2015  http://yukmembacabukuislami.blogspot.co.id/2014/12/islamic-reading-challenge-isrc-2015.html

 

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s