Panduan Kehamilan Muslimah

Panduan Agar Mudah Hamil

Judul                            : Panduan Kehamilan Muslimah cover panduan kehamilan muslimah1

Penulis                          : Dr. Dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk

Editor                           : Kiki Sulistyani, Bhesty Angelina

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Cetakan I, Februari 2015

Jumlah Halaman          : 244 halaman

ISBN                           :  978-602-0989-50-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Memiliki anak adalah sebuah impian terbesar bagi sepasang suami-istri. Tanpa anak terasa ada yang kurang, hidup menjadi sepi, rumah besar dan lebar pun serasa kecil nan sempit. Dalam Islam memiliki anak adalah dasar utama disyariatkannya menikah, seperti yang tercantum dalam Kitab Adab An-Nikah karya Al-Ghazali atau dalam edisi terjemahannya berjudul Menyingkap Hakikat Perkawinan (Noura Books, Februari 2015).

Islam pun telah mengatur perihal kehamilan muslimah, karenanya dr. Imam Rasjidi menulis buku yang berjudul Panduan Kehamilan Muslimah yang dipadupadankan dengan teori kedokteran. Buku ini diawali dengan pemahaman alat reproduksi baik wanita maupun pria, dengan tujuan agar memahami bagaimana agar kemudian sang istri bisa menjadi hamil (halaman 2).

Kemudian pemaparan dr. Rasjidi dalam buku ini dilanjutkan dengan membahas tentang gaya hidup sehat yang harus dilakukan oleh pasangan suami-istri yang merencanakan kehamilan. Sekitar empat belas gaya hidup yang disarankan, lima di antaranya adalah menghindari merokok. Merokok dapat menurunkan kesuburan wanita hingga 50%. Nikotin dalam rokok menyebabkan lendir leher rahim mengental sehingga mencegah sperma mencapai sel telur. Sedangkan bagi pria, merokok dapat menurunkan kualitas sperma. Hal ini dikarenakan campuran bahan kimia beracun dalam rokok, seperti karbon monoksida, tar, nikotin dapat menurunkan kadar testoteron, merusak DNA spermatozoa, mengganggu spermatogenesis di tubulus seminiferus, menyebabkan kematian sel sperma dan meningkatkan risiko disfungsi ereksi.

Gaya hidup yang dianjurkan agar bisa mencapai kehamilan adalah menghindari minum alkohol. Meminum alkohol berapapun persentasenya tidak hanya memabukkan tetapi juga berpengaruh pada reproduksi sel telur dan sperma. Bagi wanita, meminum alkohol dapat melumpuhkan fungsi alat reproduksi, memperburuk metabolisme estrogen dan progesteron sehingga proses pembuahan sel telur oleh sperma sulit terjadi. Alkohol juga mengurangi lubrikasi pada vagina, sehingga seringkali timbul rasa sakit saat berhubungan intim.

Sedangkan bagi pria alkohol dapat menurunkan kadar testoteron dan jumlah sperma, memperlambat kecepatan gerak sperma, dan menurunkan volume air mani sehingga mengakibatkan berkurangnya produksi sperma. Dalam Islam, mengkonsumsi alkohol hukumnya haram. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’idah ayat 90.

Ketiga anjuran dari dr. Rasjidi adalah menghindari stres. Studi yang dilakukan di Universitas California mengungkapkan bahwa stres dapat memengaruhi hormon seksual yang berperan penting selama masa konsepsi (pembuahan). Stres dapat menekan produksi gonadotropin releasing hormone (GnRH/ hormon kehamilan) sehingga menghambat proses pembuahan. Selain itu stres juga menurunkan sperma pada pria, menimbulkan masalah ovulasi pada wanita, menurunkan libido (gairah seksual), dan menimbulkan berbagai masalah seksual lainnya. Solusi Islam, agar terhindar dari stres adalah menaruh menempatkan dunia di tangan, bukan di hati. Caranya dengan banyak berzikir dan memohon ampun kepada Allah. Dengan demikian insya Allah, hidup akan lebih tenang.

Keempat adalah memakan makanan bergizi. Menurut para ahli untuk meningkatkan kesuburan suami-istri, makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin C, asam folat, vitamin E, Zink, minyak biji flax, zat besi, vitamin B dan likopen.

Gaya hidup yang dianjurkan yang kelima adalah berolahraga. Sebuah studi yang dilakukan di Denmark menyarankan wanita yang tengah merencanakan kehamilan untuk rutin latihan jalan cepat, bersepada santai, golf, hingga berkebun. Sedangkan olahraga yang berat sebaiknya dihindari.

Selain lima anjuran gaya hidup sehat di atas, tentu saja yang perlu dilakukan agar mencapai kehamilan adalah melakukan hubungan intim yang berkualitas. Menurut Islam, hubungan intim adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan agama dan mengandung nilai pahala yang sangat besar. Dalam buku ini pun dr. Rasjidi memberikan tips-tips seputar bersenggama mulai dari persiapan hingga selesai, begitupun juga teknik bersenggama yang dianjurkan agar hamil dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sebagai penyempurna ikhtiar Dr. Rasjidi pun menyarankan agar tidak lelah untuk berdoa, meminta Allah agar mengaruniakan seorang anak.

Buku 244 halaman ini tidak hanya membahas tentang tips agar mudah hamil, tetapi juga tentang masa kehamilan, masa persalinan hingga pasca persalinan. Dibahas juga dalam buku ini perihal akikah dan khitan, dan sebagai pelengkap ada tips fashion dan hijab bagi ibu hamil dan juga daftar nama bayi islami. Dengan demikian, buku ini sangat direkomendasikan khususnya bagi muslimah yang tengah mempersiapkan kehamilan. Selamat membaca!

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

*dimuat di Jateng Pos 8 November 2015

*diikutkan Islamic Reading Challenge 2015  http://yukmembacabukuislami.blogspot.co.id/2014/12/islamic-reading-challenge-isrc-2015.html

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s