The Miracle Of Endorphin

Rahasia Khasiat Berpikir Positif 

Judul                            : The Miracle Of Endorphin cover endhorpin-20141011-500x500

Penulis                          : Dr. Shigeo Haruyama

Penerjamah                   : Muhammad Imansyah & Ridwana Saleh

Editor                           : Eva Y. Nukman

Penerbit                       : Qanita

Tahun Terbit                : Cetakan I, 2014

Jumlah Halaman          : 264 halaman

ISBN                           :  978-602-1637-48-7

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Forum Lingkar Pena Bondowoso

Semua orang ingin selalu sehat. Namun, tentu saja ada kalanya tubuh terserang penyakit, bisa dikatakan wajar. Namun, jika penyakit tidak mau lepas dari tubuh atau malah bertambah parah maka ini yang tidak wajar. Manusia modern seperti sekarang banyak yang mempercayakan kepada dokter, ilmu kesehatan barat dan obat-obatan ketika sedang sakit. Padahal, hanya sekitar 20% pasien yang benar-benar sembuh melalui tindakan terapeutik dokter. Sedangkan 80% lainnya berarti adalah penghamburan biaya kesehatan saja. Di Jepang, biaya kesehatan telah melampaui 210 miliar Euro. Benar-benar pemborosan bukan? Itu belum di negara lainnya.

Maka dengan fakta ini seharusnya ilmu kesehatan barat tidak meninggalkan pengobat ala timur. Sejatinya, keduanya bisa disatukan dan saling berkaitan. Menurut Dr. Shigeo Haruyama, dalam pengobatanya kepada pasiennya tidak hanya menggunakan pengobatan barat, namun juga disinergikan dengan pengobatan timur. Dr. Shigeo sesuai pengobatan timur malah lebih mendahulukan bagaimana cara agar para pasien tidak terserang penyakit. Kombinasi kedua pengobatan ini bisa menjadikan dokter mungkin menangani kesehatan sebelum datang penyakit datang, umur akan lebih panjang serta terbebas dari penyakit.

Salah satu cara Dr. Shigeo adalah dengan terapi three in one. Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, olah tubuh untuk membentuk otot dan membakar lemak, serta meditasi untuk berfikir positif. Dari terapi ini, salah satu pasien Dr. Shigeo akhirnya berhasil menurunkan berat badannya dari lebih dari seratus kilogram, kemudian menjadi sekitar 80 kilogram (halaman 18).

Dalam buku ini Dr. Shigeo membahas tentang khasiat berpikir positif. Dengan berpikir positif maka akan keluarlah hormon kebahagian yang sangat baik bagi tubuh. Sebaliknya, jika berpikir negatif-stres maka yang terjadi tubuh akan melemah dan akan menjadi penyakit.

Memang berpikir positif tidak semudah ketika dikatakan ataupun ditulis. Cara pertama agar bisa berpikir positif adalah bereaksi terhadap sesuatu adalah positif, maka jika yang terjadi di luar adalah negatif, kejahatan atau mengecewakan maka itu tidak akan mempengaruhi. Sebaliknya, dengan reaksi positif maka jiwa dan raga akan menjadi tenteram (halaman 42).

Selain mengubah cara bereaksi dengan baik, cara agar bisa berpikir positif adalah mengetahui betapa pentingnya berpikir positif. Dengan berpikir positif maka akan mengeluarkan hormon kebahagian salah satunya adalah beta-endorfin. Beta-endorfin ini oleh Dr. Shigeo sebagai morfin otak. Karena khasiatnya lima atau enam kali lebih kuat dari obat bius dan akan sangat membuat bahagia (halaman 32).

Hormon kebahagiaan inilah yang khasiatnya besar, yaitu mencegah penyakit. Hal ini terjadi karena beta-endorfin memperkuat daya tahan tubuh. Meski tidak bisa menyembuhkan AIDS, namun bisa saja hormon kebahagiaan ini akan menumbuhkan kekuatan untuk melawan penyakit. Sehingga, yang terjadi adalah meski terjangkit AIDS, namun masih bisa hidup lebih lama dari yang lainnya (halaman 23).

Hormon kebahagiaan menurut Dr, Shigeo dalam buku juga akan memperbaiki daya ingat. Hormon-hormon kebahagiaan akan menjadi semacam penguat. Dia akan menguatkan semua ingatan lemah yang telah direkam hipokampus, jika dianalogikan hal ini persis seperti memperbesar volume suara pada radio (halaman 176).

Dalam buku ini pula Dr. Shigeo menjelaskan bahwa pembentukan hormon kebahagiaan dari protein. Karenanya, pola makan harus pula dijaga. Makan sesuai kebutuhan, makan banyak yang mengandung protein nabati, dan juga tidak banyak memakan makanan berkalori. Dengan cara ini produksi hormon kebahagiaan akan lancar (halaman 163).

Buku ini tidak saja secara lengkap membahas rahasia khasiat berpikir positif, tetapi juga membahas tentang revolusi otak agar awet muda dan berumur panjang. Dengan demikian buku 264 halaman ini sangat bermanfaat bagi pembaca. Semoga nantinya akan lebih sehat dan awet muda. Selamat membaca!

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

*dimuat di Harian Singgalang 8 November 2015

2 thoughts on “The Miracle Of Endorphin

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s