Blogtour dan Giveaway Sebuah Biografi Andy Noya: Kisah Hidupku

Judul                            : Sebuah Biografi: Andy Noya, Kisah Hidupku buku-biografi-andy-noya_20150808_214353

Penulis                          : Robert Adhi KSP

Editor                           : Andina Dwifatma

Penerbit                       : Penerbit Buku Kompas

Tahun Terbit                : Cetakan I, Agustus 2015

Jumlah Halaman          : 418 halaman

ISBN                           :  978-979-709-954-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Forum Lingkar Pena Bondowoso

Siapa yang tidak tahu Kick Andy, sebuah talkshow di salah satu televisi swasta yang  fenomenal nan inspiratif. Tidak seperti talkshow di televesi lain yang biasanya mengundang artis dan public figure, Kick Andy bisa dibilang antimainstream karena biasanya mengundang orang-orang yang sebelumnya tidak terkenal namun memiliki sesuatu yang dapat menginspirasi penonton.

Kick Andy tidak hanya menginspirasi banyak orang melalui media audio visual atau televisi, namun juga menginspirasi dengan menuliskan kisah orang-orang yang pernah diundang Kick Andy menjadi sebuah buku. Kurang lebih sudah sepuluh buku yang diterbitkan berdasarkan kisah-kisah inspiratif bintang tamu yang diundang ke acara Kick Andy.

Selama ini, Andy sebagai Host selalu mengangkat kisah hidup orang lain, sehingga banyak orang yang bertanya dan ingin tahu bagaimana sesungguhnya kisah Andy host talkshow inspiratif Kick Andy. Untuk menjawab pertanyaan ini, akhirnya Robert Adhi menulis kisah hidup teman dekatnya, Andy F. Noya.

Saya awalnya mengira Andy adalah orang Indonesia asli, orang timur yang berkulit putih. Karena sepengetahuan saya Andy orang Papua. Nah, setelah membaca buku ini perkiraan saya ternyata salah,Andy adalah seorang Indo. Dia masih keturunan Belanda, Ibunya adalah Indo-Belanda, sedangkan bapaknya berasal dari Ternate (halaman 10).

Dalam buku setebal 418 halaman ini dikisahkan hidup Andy mulai kecil hingga dewasa. Hidup Andy bisa dibilang tidak sebaik hidupnya hari ini. Bisa dikatakan serba susah dan kekurangan. Hal ini menyebabkan keluarganya seringkali pindah rumah, dari kota satu ke kota lain, dari pulau satu ke pulau lain.

Ketika kecil Andy dan keluarganya hidup di Surabaya. Hubungan kedua orangtuanya mulai tidak harmonis. Ayah Andy akhirnya memutuskan untuk hidup di Papua, meninggalkan Andy, ibu dan kakaknya. Andy dan keluarganya sempat pindah ke Malang, dan beberapa tahun kemudian akhirnya, nanti Ibu, Andy dan kakak-kakaknya, pun hidup di Papua. Sejatinya hidup Andy bak nano-nano, ada manis, asin, kecut, pedas dan pahit pula, namun kepahitan seringkali menghampiri hidupnya. Kemungkinan, karena hal inilah dia dan Kick Andy Foundation peduli kepada kaum papa dan terpinggirkan.

Saya menemukan kalimat inspiratif dalam buku ini:

  1. Tidak perlu menunggu untuk bisa menjadi cahaya bagi orang-orang di sekelilingmu. Lakukan kebaikan sekecil apa pun, sekarang juga.”
  2. Kalimat bu Ana yang menyemangati Andy ketika gagal dalam sebuah kompetisi, “Kamu tidak usah bersedih. Kamu anak pandai Andy. Kamu punya talenta dalam menulis. Kalau kamu kembangkan, suatu hari kamu bisa jadi wartawan.” (halaman 122)
  3. Perkataan Pak Bowo ketika karya tulis Andy didiskualifikasi oleh juri karena mereka merasa tidak mungkin anak setingkat STM menulis sebagus tulisan Andy. “Artinya tulisanmu terlalu bagus untuk anak seusiamu, kamu punya bakat menulis.” (halaman 145)
  4. Hidup ini terlalu indah untuk dibuat susah. Nikmati hari-harimu sebaik mungkin. Apapun pekerjaanmu, kerjakan dengan hati. (perkataan Ayah Andy halaman 171)

Andy adalah orang yang bekerja keras dan jujur. Dari satu media, dia terus mendaki karir kesukesan, kemudian dia pindah ke media lain untuk mencari tantangan. Dia selalu berupaya untuk menerbitkan berita yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat. Dia sangat prihatin ketika kebebasan pers kemudian oleh beberapa orang malah dijadikan ajang eksitensi dengan menjual koran kuning yang beriskan berita sensasional, kekerasan dan pornografi. Dia tidak mau didekte oleh seseorang ataupun pemerintah. Dia adalah orang yang tegas.

Setiap membaca sebuah biografi seseorang, insya Allah kita akan menemukan mutiara inspirasi yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Nah tertarik membaca kisah hidup Andy F. Noya? Mau dapetin buku ini secara gratis? Mau, mau, mau? Ikut giveawaynya ya!

12438914_10206665922663929_422829680_o

Yang ingin memiliki kesempatan untuk dapatkan buku keren ini secara gratis, simak-simak persyaratannya baik-baik ya!

  1. Memiliki alamat (rumah) di Indonesia. Nah, WNI yang domisili lagi di luar negeri boleh ikut kok, asal ada alamat di Indonesia.
  2.  Follow twitter @muhrasyidridho, @BukuKOMPAS dan @RobertAdhiKsp
  3. Follow blog ini, bisa via email, wordpress atau bloglovin.
  4. Sebarkan link Giveaway ini di semua media sosialmu. Khusus di twitter, mention @muhrasyidridho, @BukuKOMPAS dan @RobertAdhiKsp hashtag #SebuahBiografiAndyNoya
  5. Jawab pertanyaan di kolom komentar dengan nama, twitter dan kota tinggal, cukup sekali saja. Pertanyaannya adalaah: Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? sertakan pula alasanmu ya!
  6. Setelah selesai menjawab, segera tweet, “Saya sudah ikutan giveaway #SebuahBiografiAndyNoya Ayo yang lain ikutan! @muhrasyidridho, @BukuKOMPAS dan @RobertAdhiKsp

Giveaway ini diadakan mulai tanggal 25 Januari–30 Januari 2016 jam 12 malam  (cukup lama kan?) Nanti pemenang akan dipilih dari jawabannya ya, jadi jawablah sesuai prosedur, sebaik mungkin (unik, lain daripada yang lain), jangan asal dan jangan lupa berdoa🙂

 

18 thoughts on “Blogtour dan Giveaway Sebuah Biografi Andy Noya: Kisah Hidupku

  1. Sinta Nisfuanna 25 Januari 2016 / 04:22

    Helvy Tiana Rosa

    Alasan: Sudah tentu karena idealisme yang begitu kuat dalam berkarya dan perjuangannya untuk mewujudkan film Ketika Mas Gagah Pergi

    Suka

  2. Amilatun Sakinah 25 Januari 2016 / 12:05

    Nama: Amilatun Sakinah
    Twitter: @amilatunS
    Domisili: Jogjakarta

    Penulis yang layak diundang adalah Felix Siauw. Beliau pernah melewati masa sulit, di saat siapapun tidak lagi sejalan dengannya karena menjadi mualaf. Saat-saat baru menikah dan gimana dengan keadaan yang terbatas bisa tetap menafkahi istrinya. Singkatnya, beliau pernah memutuskan sesuatu yang besar, yang berpengaruh dalam hidupnya.

    Bisa jadi inspirasi bagi kita yang ingin membuat keputusan berpengaruh dalam hidup juga🙂

    Suka

  3. nunaalia 26 Januari 2016 / 02:40

    Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Kota tinggal: Serang

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? Sertakan pula alasanmu ya!

    Jawaban:
    Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik. Penulis yang karya-karyanya penuh makna dan menginspirasi, juga fenomenal. Sangat layak untuk berada di Kick Andy.

    Suka

  4. Nata Carol 26 Januari 2016 / 03:42

    Nama: Nata Carol
    Twitter: Natacarol13
    domisili: Jakarta

    Sapardi Djoko Dormono, penulis yang sebagian besar karyanya tentang musik ini. Sungguh membuat hati termotivasi untuk menjadi pemusik. Bahasa yang digunakan walaupun terkesan kaku tapi sarat akan kata bijak.

    Suka

  5. Nurul Hasanah 26 Januari 2016 / 04:14

    Nama : Nurul Hasanah
    Twitter : @meimeinurul
    Domisili : Bondowoso

    Penulis yang belum pernah dan layak diundang di Kick Andy?

    Jawaban saya : Tasaro GK.
    Alasan :

    – Ketika berbicara tentang profesi penulis, bagi saya yang hanya hobi membaca, tapi tidak hobi menulis, tentu pada akhirnya jadi mengenal nama beberapa penulis dan ciri khas tulisan masing-masing penulis. Meski tidak semua penulis yang ada di negeri ini saya tahu. Tapi setidaknya saya punya beberapa penulis favorit, seperti; Dee Lestari, Sapardi Djoko Damono, Aan Mansyur, Joko Pinurbo, Habiburrahman El-Shirazy, dll. Dan belakangan, menyusul nama Tasaro GK yang masuk sebagai list penulis favorit saya. Tentu karena beberapa karyanya yang pernah saya baca, diksi karya Tasaro sangat baik seperti novel2nya yg berjudul Kinanthi dan yang populer kini hingga nama Tasaro semakin dikenal, karena karya trilogi Novel Biografi-nya Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Karena.novel biografi inilah menurut saya Tasaro layak diundang di Kick Andy.

    Bagi saya, sebuah karya tulis layak mendapat penghargaan tertinggi ketika buku/tulisan itu bisa membawa pengaruh bahkan perubahan yang positif kepada para pembacanya. Dan Tasaro mendapatkannya.

    Ia membikin sebuah novel biografi tentang manusia termulia di dunia, manusia tersempurna. Meski ada tokoh fiksi di dalamnya, tapi tidak sedikitpun mengurangi nilai sejarah ttg Nabi Muhammad SAW di dalamnya. Fiksi dan sejarahnya seakan kawin, membuat pembaca jadi seakan hadir, larut terbawa merasakan peristiwa sejarah yg ada di dalam buku, dan terpenting pembaca jadi semakin mengenal dekat dan semakin mencintai Nabi besar Muhammad SAW, serta menambah keimanan kepada Tuhan.

    Jika Tasaro GK diundang di Kick Andy (yang penontonnya saentero Indonesia), dan bisa men-share cerita latar belakang pengalamannya menulis tentang biografi Muhammad SAW, ini sungguh sangat menarik. Karena bukan tidak mungkin kelak Tasaro bisa membawa perubahan yang baik lewat bukunya, mengingat Indonesia sendiri memiliki penduduk mayoritas muslim (yang wajib mengenal dan meneladani Nabi Muhammad SAW untuk menjadi warga muslim Indonesia yang baik). Intinya ingin Tasaro GK diundang di Kick Andy dan menshare karya tulisannya yang bagus untuk dibaca warga negara Indonesia, terutama warga muslimnya.

    Kok jadi panjang banget yak! :p
    Gapapa ya, namanya juga ikhtiar. :p
    Trims.

    Suka

  6. teguhafandi 28 Januari 2016 / 01:06

    Ini pertanyaan yang menarik, Bang. Siapa penulis yang sekiranya patut diundang oleh Kick Andy di show-nya. Dalam kepala saya berkelbat nama-nama penulis besar Indonesia (SGA, Danarto, Eka Kurniawan, Alm.Pramoedya Ananta Toer, Wiji Thukul, Okky Madasari, Linda Christanty, dsb) tapi yang menurutku sangat dan harus gegas diundang adalah NH DINI.

    Mengapa? Karya dan konsistensinya sudah tidak diragukan lagi. Serial kenangan yang sampai sekrang (buku terakhir “Dari Ngaliyan ke Sendowo”) masih terus memukau banyak pembaca. Namun juga kisah hidup beliau patut dipublikasikan massal agar pembaca dan penulis muda mampu mengambil pelajaran.

    Bagaimana dia memilih berpisah dari suaminya yang seorang atase kedutaan Prancis? Kisah hidup di Jepang dengan keperempuanan yang dikekang? Kemudian memiliki anak yang ternyata sangat berprestasi dalam dunia animasi? Kemudian pilihan hiidup di panti wreda dengan sebuah alasan yang sangat sederhana, bahwa dia ingin hidup bersama kawan-kawan menjelang kematiannya. Menurutku dia sejatinya seorang penulis yang rendah hati dan sejati.

    Senang dengan Eyang Nh Dini.

    Teguh Afandi | @afanditeguh | Jogja

    Suka

  7. Marfa 28 Januari 2016 / 02:17

    Yang terpikirkan pertama kali kok Mbak Ruwi Meita ya. Bang Ridho juga udah tau kan? Pengarang buku Misteri Patung Garam, Rumah Lebah dan yang terbarunya itu Alias. Seperti Pak Andy juga, Mbak Ruwi bakat nulis misterinya bagus dan belum terkenal, dan juga nggak sok misterius, hehehe. Masih termasuk lokal, endingnya selalu tak terduga-duga, cerpen di blognya juga bagus-bagus. Rasanya harus banyak yang tau ada penulis unik seperti Mbak Ruwi.

    Nama : Umi Marfa
    Twitter : @umimarfa
    Domisili : Banyumas

    Suka

  8. emma 28 Januari 2016 / 03:41

    Emma | @EmmaNoer22 | Inhu

    jawaban : Aku pikir ILANA TAN adalah salah satu penulis bestseller misterius yg harus di undang ke kick Andy… alasannya begitu banyak penulis terang-terangan memperlihatkan profil mereka. Tapi ILANA TAN sendiri tidak melakukannya dan terkesan sangat misterius, dari beberapa novel itu bahkan ada yg di film’kan tapi sosok ILANA TAN sendiri sbg penulis tidak di ketahui. Jadi aku ingin melihat sosok ILANA TAN, apakah beliau ini seorang laki-laki atau perempuan karena novel-novelnya sendiri genre romance yang lebih ke perempuan, tapi siapa yg tahu sebenarnya kalau belum melihatnya.😀 Semoga Kick Andy dan MetroTV mau dan berhasil mengundangnya.

    Suka

  9. Afif Rohman 28 Januari 2016 / 13:24

    Nama: Afif Rohman
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Domisili: Lamongan, Jatim

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy?

    Kalau beliau masih hidup, tentu nama “Pramoedya Ananta Toer” akan menjadi daftar para penulis hebat yang layak diundang di acara Kick Andy. Beliaulah orang yang mampu melunturkan mistik dari kisah Ken Arok dan Ken Dedes lewat bukunya “Arok Dedes”. Tapi bagaiman kalau untuk sekarang???

    Adalah Sujiwo Tejo, seniman urakan yang mampu melunturkan makna negatif dari kata “Jancuk” menjadi lebih bersahabat dan terdengar tidak munafik. Beliau juga seorang presiden di negeri #Jancukers. Negeri yang satire dan berkonotasi khayalan, namun ideal seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini.

    Dan buku Republik #Jancukers adalah kumpulan esai beliau yang pantas disimak siapa aja, mulai dari yang sekadar tak buta huruf sampai profesor, “tapi tak bisa dibaca oleh siapa pun yg sedang diliputi kemunafikan,” begitu kata mbah Sujiwo Tejo.

    Suka

  10. n0v4ip 28 Januari 2016 / 15:25

    Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/692717191309864960

    Asma Nadia. Siapa yang tidak kenal dengan seorang Asma Nadia. Seorang penulis yang inspiratif yang tidak hanya menuliskan buku fiksi tapi juga non-fiksi. Menurut saya semua karyanya terutama buku non-fiksi memberikan banyak pelajaran terutama bagi para perempuan. dan pasti sangat menarik jika bisa melihat Asma Nadia di Kick Andy dan memberikan pengalamannya selama menulis sampai bisa melahirkan karya-karya yang keren seperti itu…

    Terima kasih ^^

    Suka

  11. syaputradiddy 28 Januari 2016 / 20:25

    Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Kota Tinggal: Tembilahan, Riau

    Sebenarnya sangat banyak rentetan nama penulis yang belum dan layak diundang ke Kick Andy Show. Namun dari rentetan nama penulis tersebut, satu nama yang menurut Saya sangat layak diundang adalah Eko Ramaditya Adikara alias Mas Rama. Yap, benar sekali, memang beliau pernah diundang, tapi bukan dengan bahasan kepenulisannya.

    Kali pertama mengenal dekat Mas Rama yang merupakan seorang penulis tunanetra di saat berkecimpung di grup Facebook Titik Temu, saat itu beliau sebagai bintang tamu penulis sekaligus promo novel terbarunya Mata Kedua. Sebagai pecinta buku, Saya sangat penasaran dengan karyanya satu ini, karena jujur saja, Saya pribadi belum pernah sama sekali membaca tulisan seorang tunanetra dalam bentuk buku baik fiksi maupun non-fiksi. Setelah mengikuti seluruh rangkaian talkshow penulis tersebut, akhirnya Saya terpilih sebagai penerima buku gratis Mata Kedua persembahan Mas Rama, itulah pertama kalinya Saya membaca buku dengan penulis yang diamanahkan keluarbiasaan.

    Kenapa Saya memilih Mas Rama sebagai bintang tamu penulis di Kick Andy, sementara banyak penulis lain yang sangat berkompeten di bidang ini?

    Bukan. Bukan karena bersimpati dengannya. Saya sendiri tipe orang yang tidak suka mengelompokkan seseorang dengan latar belakang kekurangan fisiknya. Melainkan karena kualitas karyanya yang luarbiasa menginspirasi, tidak naif jika Saya katakan berkali-kali Saya harus menyeka airmata ketika membaca karyanya Mata Kedua. Yap, kali ini harus Saya akui Saya kasihan, sangat kasihan, namun bukan pada Mas Rama, melainkan pada diri sendiri yang selama ini tidak pernah memandang kehidupan secara benar, selalu men-judge bahwa kehidupan dunia yang baik hanya untuk orang-orang yang sempurna fisiknya, tidak pernah berpikir bahwa tekad dan usaha seseoranglah yang menentukan arah mana yang hendak ditempuhnya kelak.

    Di Mata Kedua Mas Rama mengungkap habis-habisan kisah hidupnya di mulai dari perjuangannya untuk bersekolah di luar SLB, perjuangannya untuk mendapatkan kepercayaan dari Guru dan teman-temannya bahwa ia bisa belajar dan bermain layaknya teman lainnya dengan perbedaan fisik yang secara kontras dimiliki, kisah persahabatan berikut percintaannya dan lain-lain yang secara keseluruhan meski kira-kira 15-20% fiktif, akan tetapi tidak mengurangi kehebatan seorang Mas Rama dalam menjalani kehidupan sebagai penyandang amanah indah dari Yang Maha Kuasa. Selain kualitas seberapa berpengaruh karyanya terhadap pembaca, penempatan POV, alur cerita serta unsur intrinsik dan ekstrinsik lainnya sangat luarbiasa memikatnya, bahkan Saya berani katakan bahwa Saya belum menemukan kisah kehidupan pribadi penulis yang ditulis penulisnya dengan tulisan seapik Mas Rama. It’s amazing and excellent. Saya sangat yakin jika Mas Rama diundang, pastinya akan banyak di luar sana yang terinspirasi olehnya dan tentunya berkeinginan mengubah pola hidup yang selama ini dilakoni terlebih para insan yang diamanahkan keluarbiasaan, karena hidup adalah pilihan, ketika Anda hidup berarti Anda terpilih dan berhak memilih, juga sangat dapat dipastikan akan banyak penulis yang termotivasi untuk berkarya lagi dan lagi dengan tanpa melihat latar belakang kehidupannya.

    Terima kasih!

    Suka

  12. Nafisah AR 29 Januari 2016 / 00:36

    Nama : Nafisah AR
    Twitter : @nihmimi
    Domisili : Bondowoso

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? sertakan pula alasanmu ya!

    — Sapardi Djoko Damono —

    Kenapa ia layak? Karena banyak penulis-penulis di Indonesia yang terinspirasi dari Sapardi. Terutama puisi-puisi Sapardi. Sebut saja penyair Joko Pinurbo. Kini ia juga menjadi penyair yang cukup terkenal di Indonesia bahkan pernah menerima penghargaan Khatulistiwa Literary Award. Tulisan Sapardi menjadi benih inspirasi di masa remaja Jokpin, hingga ia sendiri kini pun menjadi penyair terkenal di Indonesia.

    Ada juga Aan Mansyur, salah satu penulis terkenal yang juga kerap menulis cerpen dan puisi, karena terinspirasi dari tulisan sajak Sapardi. Bahkan kabar terbarunya, puisi Aan Mansyur terpilih dan kelak akan dipakai/dibacakan dalam salah satu adegan film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2). Siapa sih yang ga tahu sama film percintaan Rangga & Cinta yang ngehits pada jamannya ituuu… “Pecahkan saja gelasnya! Biar ramai….”, itu penggalan puisi di film AADC 1 yang ngehits sampe sekarang… Dan puisi Aan konon bakal dipake di film AADC2.😀

    Yang terbaru, ada penulis yang baru saja menelurkan lagi karyanya, sebuah novel berjudul Jodoh. Sebutlah ia Fahd Pahdepie. Penulis muda berbakat, yang mana novel terbarunya itu bahkan ia dedikasikan untuk Sapardi. Banyak penggalan puisi Sapardi di dalamnya.

    Jadi yang kece siapa? Semua penulis yang saya sebut diatas kece. Tapi yang bisa menjadi inspirasi untuk manusia lain sampe bisa ikut bergerak untuk berkarya menjadi penulis jugaaa, tentu kecenya dobel-dobel.

    Ialah Sapardi, yang namanya amat terkenal di dunia sastra Indonesia, penulis puisi, cerpen, bahkan novel. Inspirasi sastrawan2 di Indonesia. Jadi, selain semoga saya beruntung di giveaway kali ini, semoga Sapardi Djoko Damono beneran bisa diundang ke Kick Andy, dan tentu saja saya wajib nonton (di depan TV). Hehe…

    Terima kasih.

    Suka

  13. xxmyu12 29 Januari 2016 / 06:44

    .nama : Daisy
    twitter : @Daisy_skys
    kota tinggal : Semarang

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? sertakan pula alasanmu ya!

    Ilana Tan .
    Karena penulis tak kurang dari 10 novel yang semuanya “bestseller”. Ini begitu misterius .Bila umumnya penulis berlomba-lomba membuat narasi yang semenarik mungkin untuk biodata di halaman akhir bukunya, maka Ilana Tan sejak menerbitkan novel pertamanya membuat pembaca penasaran dengan informasi yang hanya sekelumit . Tidak banyak informasi mengenai beliau malah hampir tidak ada . Cek Wikipedia pun tidak dapat hasil apa apa .

    Saat buku-bukunya laris, masing-masing laku di atas 110 ribu eksemplar, dan orang baru nyadar bahwa mereka nggak perna tahu siapa Ilana Tan. Beliau tidak suka muncul di publik. Bukan karena cari sensasi, tapi biar bisa lebih tenang nulis . Beliau bukan orang yang haus popularitas .

    Selain itu kak Ilana Tan tidak pernah di-interview oleh media mana pun . Jadi saya pikir jika Kick Andy bisa mengundang penulis mega best seller ini pasti bisa jadi sangat meledak ,mengingat banyak sekali Fans kak Ilana Tan yang ingin sekali mengenal penulis favoritnya ini . Begitupun saya , saya juga ingin tahu seperti apa sih Beliau yang sesungguhnya .

    Suka

  14. Kristi Lingga 29 Januari 2016 / 06:55

    Nama : Kristi Lingga
    Twitter : @kristi_lingga
    Domisili : Medan

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? sertakan pula alasanmu ya!

    — Eka Kurniawan —

    Beliau yang merupakan seorang penulis sekaligus desainer grafis alumnus Filsafat Gajah Mada ini memang merupakan ‘wajah baru’ dalam Sastra Dunia, namun Beliau telah melahirkan tulisan yang sangat begitu luar biasa. Ingat saja novel nya yang sudah terbit seperti Cantik itu Luka (2002), Lelaki Harimau (2004), dan Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas (2014), Beliau selalu memberikan tulisan dengan konflik yang ‘panas’, karya yang hidup serta narasi yang selalu membangun sebuah teater imajinasi di benak pembaca.

    Bahkan Agustus 2015 kemaren, saat menjelang tampil di Melbourne Writers Festival, mas Eka diwawancara oleh Jewel Topsfield, wartawan kelompok media Fairfax di Indonesia. Topsfield memberi judul tulisannya dengan “Eka Kurniawan a successor to Indonesia’s greatest writer, Pramoedya Ananta Toer”.

    Julukan itu sebenarnya berasal dari ahli Indonesia Benedict Anderson, yang menyatakan bahwa setelah setengah abad, Pramoedya Ananta Toer, salah satu penulis terbesar Indonesia, kini telah mendapatkan penerusnya.

    Dari dalam negeri pun, Eka telah diprediksikan oleh The Jakarta Post sebagai penulis hebat. Saat novel Cantik Itu Luka terbit tahun 2002 oleh AKY Press dan Penerbit Jendela, Yogyakarta, surat kabar itu menyebut Eka “akan menjadi salah satu penulis berpengaruh di tanah air”.

    Eka Kurniawan adalah penulis Indonesia yang saya kagumi. Beliau layak tampil di Kick Andy, Beliau layak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia🙂

    Suka

  15. Aufa 29 Januari 2016 / 12:32

    Nama: Aufa
    Twitter : @VickaCher
    Domisili : Banjarbaru

    Penulis yang ingin saya lihat di Kick Andy adalah Ahmad Tohari.

    Saya pecinta karya Ahmad Tohari terutama untuk cerpen-cerpen beliau. Gaya bahasa yang sederhana namun syarat makna.
    Jujur saja, saya tidak banyak mengetahui tentang kehidupan beliau. Itu sebabnya saya ingin melihat beliau di program Kick Andy menceritakan segala hal dari kehidupan hingga karya-karyanya.

    Semoga keinginan ini bisa terwujud. Amiiinn..

    Suka

  16. womomfey 30 Januari 2016 / 01:10

    Nama: Kitty
    Akun Twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/693237821868367872
    Domisili: Jakarta

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy?

    Wah! Sebenarnya agak bingung nih jawabnya karena ada banyak penulis Indonesia yang keren. Kalau harus milih salah satu, rasanya Dee Lestari adalah orangnya.

    Kenapa? Karena sejak karyanya yang berjudul SUPERNOVA yang menggegerkan dunia persilatan, eh dunia publishing, para penggemarnya tetap setia menanti sampai karya terakhirnya muncul di awal tahun ini Intelegensi Embun Pagi. Sudah 15 tahun sejak karya pertamanya direlease ke pasaran, Dee Lestari tetap konsisten menulis buku yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pembaca setianya.

    Seri SUPERNOVA ini juga membawa warna baru bagi dunia penulisan di tanah air. Akan sangat menyenangkan melihat Bung Andy mewawancarai Dee Lestari terkait pesan yang hendak disampaikannya melalui rangkaian buku seri SUPERNOVA yang ditulisnya.

    Suka

  17. siti nuryanti 30 Januari 2016 / 09:28

    Nama : Yanti
    Twitter : @NelyRyanti
    Domisili : Cimanggis

    Penulis yang ingin saya lihat di Kick Andy adalah Aveus Har

    Penulis yang nama aslinya Suharso, ini memang bukan penulis terkenal yang bukunya selalu best seller nasional. Dan baru menerbitkan buku kurang lebih 8. dan cerpen di beberapa media massa. Tetapi novel-novel yang diterbitkan juga menjadi pemenang dalam berbagai perlombaan kepenulisan, seperti novel “Sejujurnya Aku” menjadi pemenang novel wanita dalam cerita.
    Dalam novel-novel yang ditulisnya, sebagian besar tokoh utamanya adalah wanita, awalnya ketika saya belum mengenal penulisnya, kukira adalah seorang perempuan. Karena selalu dari sudut pandang wanita..dan ternyata penulisnya adalah laki-laki. Ini juga membuatku makin kagum.
    Apalagi setelah membaca biografinya, ternyata keseharian beliau jauh dari dunia tulis-menulis. Suharso atau Aveus Har adalah seorang pedagang Mie Ayam di sebuah desa di Pekalongan
    Sebuah profesi yang tidak terkait dengan menulis, tetapi Aveus har menjalani kedua hal tersebut. Dan tetap selalu berkreativitas tanpa terhalang oleh pekerjaanya. Hal ini sungguh menginspirasi saya, bagaimana dapat mengatur waktu dan pikirannya untuk tetap dapat menulis.
    Menurut saya beliau pantas untuk dapat dihadirkan dalam acara Kick Andy, agar lebih dapat menginspirasi banyak orang

    Suka

  18. Mukhammad Maimun R. (@MukhammadMaimun) 31 Januari 2016 / 15:17

    nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    twitter : @MukhammadMaimun
    kota tinggal : Sleman

    Siapa penulis yang belum pernah diundang dan menurut kamu layak diundang ke Kick Andy? sertakan pula alasanmu ya!

    Tere Liye.
    Karya-karyanya begitu menyentuh dan layak baca banget. Pun mengndung banyak nilai-nilai kemanusiaan dan hikmah di dalamnya.
    Buktinya banayak sekali karya beliau yang lalu ditaungakn menjadi sebuah film. Itu merupakan bukti kalau banyak pihak yang respect sama karya beliau.
    Saya kira pengalama serta kemampuan menulisnya bisa banget buat inspirasi buat para pemirsa. Seperti acara Kick Andy juga yang sangat menginspirasi

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s