Blogtour dan Giveaway Love in Marrakech karya Irene Dyah

13131749_10206261077910831_1230958874989724095_o

Judul                            : Love In Marrakech

Penulis                          : Irene Dyah

Editor                           : Donna Widjajanto

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit                : Pertama, Maret 2016

Jumlah Halaman          : 212 halaman

ISBN                           :  978-602-03-2526-2

Perjalanan ke mana pun, dekat atau jauh tujuannya sewajarnya selalu dilakukan dengan persiapan terlebih dahulu agar perjalannya lancar dan selamat. Seperti hendak ke mana tujuannya, apa saja yang dibutuhkan, berapa dana yang harus disiapkan dan lain-lain. Bagi seorang traveller dan khususnya pekerja yang berkaitan dengan dunia travelling seperti travel writer hal tersebut wajib dilakukan.

Beda halnya dengan Nada, kepergiannya atau tepatnya kabur yang dia lakukan dari rumah untuk suatu hal yang cukup aneh. Mengapa aneh? Nada ingin kakaknya-Tristan tidak melanjutkan rencana pernikahan dan mencari dirinya, meski dia berkali-berkali meyakinkan diri bahwa kakaknya tidak akan bingung dan mencari adiknya yang tiba-tiba hilang dari peredaran.

Pernikahan Tristan bukan kebahagiaan bagi Nada. Tristan bukan sekadar kakak, namun juga sahabat teman curhat sekaligus orangtua kedua bagi Nada. Jadi, pernikahan kakaknya bagaikan jalan yang akan membuat kakaknya hilang atau direbut oleh orang lain. Dia tidak mau hal itu terjadi. Padahal, ya padahal pernikahan adalah kebahagiaan bagi Tristan. Tetapi, Nada yang meski baru saja lulus kuliah masih mempertahankan sikap manja, kurang pengertian, berpikir irasional kekanakan dan egois.

Karena rengekan dan permintaan Nada agar Tristan tidak menikah dengan wanita yang baru dikenal itu gagal, akhirnya Nada pun tanpa berpikir lama, pergi atau lebih tepatnya kabur ke negeri jauh, Marrakech atau Maroko. Dia hanya berpikir tempat yang jauh, yang sekiranya tidak bisa dijangkau oleh kakaknya dan tidak sulit mencari makanan yang halal, akhirnya Maroko pilihannya. Meski dia kurang persiapan juga tidak ada tujuan, akan ke mana jika telah sampai di Maroko (halaman 13). Sehingga, perjalanan jauhnya itu hanya untuk pindah tidur di ruang inap di Maroko, sungguh aneh.

Untung saja Nada bertemu dengan Haykal. Pertemuan yang mengejutkan, Nada menganggap Haykal penguntit atau bahkan pencuri, sehingga Nada memukul Haykal dengan tasnya. Namun, meski begitu dalam berjalannya waktu mereka bisa semakin dekat. Karena Haykal orangnya lebih dewasa dan juga suka menggoda sikap kekanakan Nada.

Haykal adalah seorang travel writer, dia sedang menjadikan Maroko sebagai obyek yang akan dia rekam dengan kamera dan melalui tulisan. Melihat orang Indonesia juga sedang berada di negeri jauh dari tanah air, Haykal pun ingin berkenalan. Alih-alih dapat sambutan hangat, dia malah mendapat pukulan yang menyakitkan dari sebuah tas.

Setelah mereka berdua cukup dekat, Nada pun tanpa sungkan dan khawatir curhat kepada Haykal. Nada juga bisa keluar dari tempat dia menginap dan menikmati perjalanannya di Maroko, karena Haykal mengajaknya ke tempat-tempat menarik di Maroko. Sambil memotret dan menulis tempat-tempat yang menarik, dengan senang hati Haykal menemani perjalanan Nada. Selama perjalanan, Nada seakan kembali mendapatkan semangatnya dengan senyum manis dan ceria yang hal itu disukai oleh Haykal. Namun ada satu hal yang membuat Nada kesal selama perjalanan, yaitu Haykal kadang tiba-tiba hilang dengan alasan  menemukan sesuatu yang harus segera diabadikan dalam kamera jadi harus segera dipotret.

Selain hal tersebut ada satu hal fatal yang membuat Nada menjadi tidak percaya kepada Haykal seperti kecurigaanya ketika pertama kali bertemu, karena rahasia Haykal terbongkar. Rahasia apa itu?

Ini novel pertama karya Mbak Irene Dyah yang saya baca, dan novel ini juga yang pertama kali saya baca dari empat buku seri Around The World With Love. Novel yang menurut saya idenya sederhana bahkan agak klise. Namun masih menyimpan misteri seperti labirin jalanan souk atau pasar di Maroko. Selain itu, novel ini memiliki nilai lebih lain seperti Mbak Irene mampu membawa pembaca mengetahui isi kepala kedua tokoh utama, karena kedua tokoh secara bergantian menarasikan cerita. Sudut pandang ini cukup sulit jika tidak jeli dan karakter tokoh tidak benar-benar didalami, namun Mbak Irene berhasil dan membuat novel ini menjadi menarik dan membuat penasaran pembaca. Jika saya perhatikan, beberapa tokoh dari seri Around The World ini kok hampir sama ya profesinya, tidak jauh dari fotografer dan penulis. Apa ada janjian? Atau keinginan editor dan penerbit?hehe Itulah menariknya seri ini!

Ada beberapa petikan menarik dalam novel ini:

  1. Bagaimana mungkin kamu tahu bakal berhasil atau gagal, kalau belum mencoba? Sebelum berusaha, kamu sudah memvonis bahwa kamu akan gagal. Kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kenapa tidak berusaha dulu? Kita kan bukan Tuhan! (halaman 14)
  2. Wanita memang makhluk membingungkan yang memiliki sekitar dua juta kanal emosi. Setiap saat bisa marah, tertawa, sedih, panik, membeku, ketakutan…. (halaman 142)
  3. Berlatihlah melepaskan orang-orang yang kamu sayangi. Kita bukan pusat dunia. Tidak bisa selamanya memaksa orang-orang itu beredar mengelilingimu, seperti planet mengitari matahari (halaman 152).
  4. Diamnya seorang lelaki itu bukan berarti tidak peduli. Serius. Coba pikir baik-baik, selama ini, apa iya perhatian padamu bisa diukur dengan banyaknya jumlah kata yang dia sampaikan? Pasti tidak, bukan? Lain halnya dengan wanita. Mamaku, cerewet minta ampun. Itu caranya menunjukkan perhatian. Seperti kamu. (halaman 160)
  5. Jangan berharap terlalu tinggi. Jatuhnya sakit nanti. (halaman 179)

Pengin baca novel ini? Yang ingin memiliki kesempatan untuk dapatkan buku keren ini secara gratis, simak-simak persyaratannya baik-baik ya!

  1. Memiliki alamat (rumah) di Indonesia. Nah, WNI yang domisili lagi di luar negeri boleh ikut kok, asal ada alamat di Indonesia.
  2.  Follow twitter @muhrasyidridho, @aikairin
  3. Follow blog ini, bisa via email, wordpress atau bloglovin.
  4. Sebarkan link Giveaway ini di semua media sosialmu. Khusus di twitter, mention @muhrasyidridho hashtag #GALoveInMarrakech
  5. Jawab pertanyaan di kolom komentar dengan nama, twitter dan kota tinggal, cukup sekali saja. Pertanyaannya adalaah: Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!🙂
  6. Setelah selesai menjawab, segera tweet, “Saya sudah ikutan giveaway #GALoveInMarrakech yang lain ikutan!” dengan mention @muhrasyidridho & @aikairin
    Giveaway ini diadakan mulai tanggal 9 Mei-14 Mei jam 12 Malam. Cukup lama kan? pemenang akan dipilih dari jawabannya ya, jadi jawablah sesuai prosedur, sebaik mungkin (unik, lain daripada yang lain), jangan asal dan jangan lupa berdoa :)13115422_10207986115744772_48014173_n

***

Saya ucapkan terima kasih yang banyak kepada para Sahabat Pecinta Buku yang sudah ikutan GA Love In Marrakech ini. Jawabannya asyik-asyik, bikin saya bingung siapa yang jadi pemenang 😀

Terima kasih sekali lagi yang banyak ya bagi semua peserta GA, maaf saya harus memilih salah satu dari kalian menjadi pemenang.

Dengan berbagai pertimbangan, saya memilih yang menurut saya paling  dan inilah satu peserta GA Love In Marrakech yang beruntung :

andthewinneris

Paramudika Handayani | @ParamudikaH | Padang

Selamat bagi pemenang silakan kirim email ke penulispembelajar@gmail.com dengan subjek Pemenang GA Love In Marrakech. Di tubuh email tulis nama lengkap, alamat lengkap dan no hape ya. Semoga buku segera sampai dengan selamat dan kamu nggak bosan untuk membaca dan mampir ke blog ini:)

Bagi yang belum menang, jangan bersedih hati,  masih ada satu kesempatan untuk dapatkan buku Love In Marrakech di blog Intan  http://www.ketimpukbuku.com/. Cek jadwalnya di ebanner bawah ini ya!:)

13147755_10206261023109461_2899037571555426070_o

Yuk ikutan, Blogtour dan Giveaway Around The World With Love buku Love In Edinburgh https://ridhodanbukunya.wordpress.com/2016/05/16/blogtour-dan-giveaway-love-in-edinburgh-karya-indah-hanaco/ 😀

Semangat membaca!

31 thoughts on “Blogtour dan Giveaway Love in Marrakech karya Irene Dyah

  1. nunaalia 9 Mei 2016 / 07:20

    nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Kalau jadi travel writer, aku ingin menjelajahi seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Indonesia banyak memiliki tempat-tempat yg cantik, indah, eksotik, bahkan juga penuh misteri yg layak untuk diabadikan, bukan hanya dalam bentuk foto tapi juga dalam rangkaian tulisan, menjadi sebuah cerita yg syarat informasi juga pengetahuan, sehingga dunia akan lebih lagi tahu dan mengenal kekayaan dan keragaman yg dimiliki negeri kita ini.

    Suka

  2. Vanda Deosar (@vandeosar) 9 Mei 2016 / 08:34

    Nama: Vanda Deosar
    Twitter: @vandeosar
    Kota Tinggal: Jakarta

    Kalau jadi Travel Writer yang pertama pasti ke Yunani dulu, disana banyak peninggalan sejarahnya mengenai dewa-dewi Yunani dan setiap inci dari negaranya mengandung banyak sekali pengetahuan. Negaranya indah dan sarat akan romantis. Bukan cuma foto aja sih, tapi video juga pasti menjadi bentuk untuk pengabadian kenangannya, terus tulis deh ke platform semenarik mungkin.

    Suka

  3. Gita 9 Mei 2016 / 10:28

    Gita Nurladikasari | @oneonlygzb | Batam

    Jawaban :

    Aku mau ke Denmark. Alasannya, karena dari membaca novel yang di dalamnay menceritakan secara rinci bagaimana negara Denmark itu. Membuat-ku ingin sekali kesana dan membuktikan sendiri kebenarannya.

    Terutama Odense, tempatnya cerita mermaid lahir, salah satu cerita kesukaanku sampai sekarang yang membuatku lupa umur, astaga! hahaha. Melihat pinguin di kebun binatang sana. Juga katanya ada kota tua. Aku sudah tak sanggup membayangkannya.

    Lalu ke Aarhus, kota tenang dan terhangat di Denmark, ada beberapa hal yang membuatku ingin kesana. Melihat dan mencari tau kehidupan mereka, suasana di berbagai musim. It will be amazing experience, I think.

    Suka

  4. megawidya06 9 Mei 2016 / 14:52

    Nama : Mega Widyawati
    Twitter : @widy4_w
    Kota tinggal : Nganjuk,Jawa Timur.

    Kalau kamu jadi travel writer,
    daerah atau negeri mana yang
    ingin kamu tulis dan abadikan
    menjadi foto? Berikan alasanmu
    juga ya!

    Seoul, Korea selatan.
    Mengapa? Hmm, sebagai seorang penggemar K-POP, negara dengan julukan negri gingseng ini nggak boleh ketinggalan buat dijadikan tempat tujuan travelling. Tahu sendirikan, Korea Selatan itu tempat berkumpulnya para Boyband+Girlband paling digandrungi anak muda jaman sekarang. Lha aku pun jadi salah satu dari mereka. Siapa tahu kalo aku kesana terus ketemu member SNSD/EXO, duh aku langsung minta foto bareng deh selagi punya kesempatan emas. Selain tempatnya para boy band dan girl band, Korea tempatnya juga sangat menarik. Aku ingin banget bisa menjejakkan kaki le tempat wisata disana yang biasanya cuma bisa aku lihat di drama-drama korea. Misalnya: Pulau Jeju, Busan, Namsan Tower,Hanok Village, Lotte World, dan lain-lainnya yang juga menarik. Seru banget, kali ya, kalau kisah travellingku di korea terus mengunjungi tempat wisatanya,Eh, diperjalanan ketemu artis-artis keren, semakin mengesankan deh travelingnya.

    Suka

  5. Kurnia Dwi Pertiwi 9 Mei 2016 / 15:01

    Nama : Kurnia Dwi Pertiwi
    Twitter : @KDP264
    Kota tinggal : Bekasi, jawa barat

    Kota-kota terpencil yang ada Indonesia, kalau perlu semuanya. Nggak tau nama kotanya apa aja, karena jujur saya pun tidak hafal satu per satu kota yang ada di seluruh Indonesia. Kita mungkin kebanyakan tau provinsi dan ibukotanya saja. Tujuannya sih, simple, menunjukkan Indonesia secara menyeluruh. Yang di abadikan bukan hanya wisata nya aja. Tapi adat, ekonomi, pendidikan. Lebih suka sama potret alamiah, yaa.. mungkin bisa saja ada permainan bocah di suatu desa yang tidak banyak yang tau oleh masyarakat Indonesia. Nah, itu bisa di potret. Atau pendidikannya kaya di film laskar pelangi, nah.. Itu juga bisa di potret. Atau mungkin pasar-pasar di desa. Seorang traveller nggak harus motret pemandangan alam yang indah saja, kan?

    Suka

  6. Kazuhana El Ratna 9 Mei 2016 / 15:33

    Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Jawab :

    Pertama tentu saja aku akan menulis dan mengabadikannya menjadi foto itu daerah tempat tinggalku, Jepara. Yah, aku akan mengenalkan kota ukir itu. Selain memang terkenal dengan ukirannya, aku juga akan membuat dunia tahu bahwa Jepara juga kaya dengan wisata-wisata yang luar biasa.

    Ada wisata alam, seperti ;
    1. Pulau Panjang
    2. Kepulauan Karimunjawa
    3. Pantai Kartini
    4. Pantai Bandengan/ Tirta Samudera
    5. Belik Bidadari Jaka Tarub
    6. Air Terjun Songgo Langit
    7. Air Terjun Jurang Nganten
    8. Gua Manik
    9 Gua Tritip
    10.Pantai Ombak Mati
    dan lain-lain

    Ada pula wisata, seperti :
    1. Benteng Portugis
    2. Museum Kartini
    3. Museum Gong Perdamaian Dunia
    4.Candi Bubrah
    5. Museum Ukir Nusantara
    dan lain-lain

    Ada pula wisata religi, seperti
    1. Makam Ki Gede
    2. Makam Sunan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat
    dan masih banyak lagi.

    Rasanya tidak cukup jika harus dijabarkan semua di sini. Karena memang masih banyak lagi tempat-tempat indah nan eksotik yang bisa dikenalkan.

    Setelah menjelajahi Jepara, baru kemudian, sebagai anak bangsa maka mengenalkan wisata di seluruh nusantara. Mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia itu indah.

    Suka

  7. Siti Maisyaroh 9 Mei 2016 / 15:54

    Nama : Siti Maisyaroh
    Twitter : @siti_maisyaroh
    Kota Tinggal : Bandung

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Semua tempat yang ada di Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke.
    Karena aku ingin lebih mengenal tempat aku tinggal, besar dan membuat kenangan. Kalau aku jadi travel writer aku mau mengabadikan semua hal yang ada di Indonesia yaitu:

    1. Peninggalan budaya
    Seru banget kalau bisa mengabadikan candi, bangunan tua, bangunan bersejarah, museum ke dalam sebuah foto dan aku bisa menceritakan tentang sejarah di balik peninggalan budaya tersebut. Biar pengetahuan aku makin banyak, dan orang-orang makin menghargai peninggalan budaya yang ada di Indonesia

    2. Makanan
    Siapa sih yang gak tahu kalau makanan di Indonesia itu merupakan makanan yang paling beragam dan paling enak di dunia. Buktinya, pergi kemanapun tetep ga bisa move on dari makanan khas Indonesia. Nah aku juga pengen mengabadikan ini dalam foto dan tulisan. Mulai dari mie aceh, bika ambon, rendang, kerak telor, papeda sampai lapa-lapa.

    3. Permainan
    Agak sedih sih kalau inget anak-anak Indonesia sekarang lebih tertarik sama game handphone atau PC. Kadang suka kangen sama permainan khas asli Indonesia, kalau aku jadi travel writer aku akan pergi ke kampung-kampung yang ada di Indonesia dan menulis bahwa kebersamaan anak-anak ketika bermain adalah hal yang gak bisa di temukan di tempat lain selain Indonesia

    4. Adat Istiadat dan kebudayaan
    Ada yang pernah denger kasada atau makepung? kalau karapan sapi atau debus pasti banyak yang pernah denger. Ada yang tau makna atau alasan dari kegiatan tersebut? Kalau aku ngerasa tertantang banget buat tahu tentang adat istiadat, budaya bahkan alasan dibalik itu semua. Jadi Indonesia itu pilihan yang tepat untuk di ceritakan

    5. Alam
    Kalau ini mesti, wajib, harus di foto, di abadikan dan diceritakan. Karena hal yang paling indah dari Indonesia itu adala alamnya, dan ini yang bikin aku akan betah untuk berfoto-foto bahkan menulis tentang Indonesia

    Indonesia itu bukan hanya tempat lahir, tempat untuk tinggal bahkan tempat untuk berbagi kenangan. Tapi semua yang ada di Indonesia akan mengingatkanku bahwa aku punya semua hal yang indah di Indonesia.

    Pokoknya semua yang ada di Indonesia itu keren bangeeeeet.

    Suka

  8. ParamudikaH 10 Mei 2016 / 05:29

    Paramudika Handayani | @ParamudikaH | Padang

    jika jadi travel writter, saya ingin mengunjungi Palestina, negeri yang terluka. Sejarah mencatat bahwa negeri ini dibebaskan langsung oleh Khalifah Umar bin Khattab tanpa peperangan. Namun, fenomena hari ini sungguh membuat miris hati umat Islam. Puluhan tahun lalu negeri ini dikuasai zionis Yahudi hingga pada detik ini.

    Saya ingin menyelemi langsung kehidupan wanita dan anak-anak disana. Yang saya dengar bahwa, kematian disana selalu diiringi dengan kehidupan baru (kelahiran bayi-bayi). Sungguh, negeri yang Allah berkahi. Mereka tak pernah kehabisan pejuang dan pembela negerinya. Kemudian kehidupan anak-anak disana, meski ancaman bom dan senapa sewaktu-waktu bisa saja menghampiri tapi tak membuat mereka gentar dengan aktivitas mulianya, interaksi dengan alqur’an dan semangat tholabul ‘ilmi.

    Suka

  9. Wulaningtyastuty 10 Mei 2016 / 05:57

    Wulaningtyastuty
    @tyas_ning
    Temanggung-Jawa Tengah

    Aku pengen ke Turki kalau jadi travel writer tepatnya ke Istanbul. Soalnya aku pengen banget mengunjungi Hagia Sophia dan juga Masjid Biru. Di Istanbul sepertinya banyak tempat bersejarah. Seru aja kalau bisa pergi ke sana terus mengorek ikon bersejarah disana😀

    Suka

  10. titim nuraini 10 Mei 2016 / 06:01

    Nama: Titim Nuraini
    Twitter: @titim_nuraini
    Kota tinggal: Pamekasan Madura

    Kalau aku jadi travel writer Negeri yang ingin aku tulis adalah negeri kita tercinta Indonesia. Negeri yang kaya akan budaya, keindahan alam yang eksotis tak kan habis untuk diceritakan. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang mempesona dan selalu menarik untuk dituliskan. Karena aku cinta Indonesia.

    Suka

  11. Arie E. Pradianita (@APradianita) 10 Mei 2016 / 08:42

    Arie Pradianita | @APradianita | Sukabumi

    Link Tweet Picture of MICRONESIA..🙂

    KARENA:

    Sebagai Travel Writer, saya ingin memperkenalkan kepada dunia tentang tempat-tempat yang jarang dikunjungi turis. Salah satunya adalah Micronesia, negara kepulauan cantik nan eksotis. Negara yang terdiri dari ribuan pulau-pulau kecil ini terletak di timur laut Indonesia. Terletak di bagian selatan Samudera Pasifik, Micronesia adalah kepulauan yang jadi surganya para pecinta bahari. Layaknya Kiribati, traveler bisa snorkeling sampai diving sepuasnya di sini. Bahkan, ada spot kapal karam yang sangat cantik tak jauh dari pantai. Mata uang di sini adalah dolar AS, sehingga traveler tak perlu repot tukar uang lokal. Kuliner khas Micronesia juga terkenal sangat nikmat!

    Negara ini memiliki banyak sekali keunikan-keunikan yang tak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia, berikut ini adalah beberapa keunikan dari negara Micronesia:

    1. Negara dengan penduduk tergemuk di dunia.
    Di Micronesia hampir seluruh penduduknya bertubuh besar dan kekar. Bukan hanya kaum prianya tetapi juga kaum wanitanya. Menurut sebuah penelitian dari London School of Hygiene of Tropical Medicine, sekitar 92% dari penduduk Micronesia mengalami obesitas dan terancam diabetes. Obesitas pada penduduk di Micronesia ini sebagian besar disebabkan karena semakin menjamurnya rumah makan cepat saji serta didukung dengan pola hidup yang tidak sehat dari penduduknya. Selain itu hal ini juga disebabkan karena sudut pandang penduduk Micronesia yang berbeda soal wanita cantik. Jika di negara lain wanita cantik selalu identik dengan tubuh yang langsing, maka di negara Micronesia wanita akan dianggap cantik jika bertubuh besar dan gempal.

    2. Negara dengan mata uang terbesar di dunia.
    Salah satu pulau yang terkenal di Micronesia adalah Yap. Pulau ini terkenal karena sistem adat istiadat dan kerajaannya yang masih dipegang teguh hingga saat ini. Salah satu tradisi yang masih dijaga adalah penggunaan uang batu. Uang batu yang lebih dikenal dengan nama Rai ini berbentuk lingkaran dengan lubang pada bagian tengahnya dan umumnya terbuat dari batu kalsit. Ada lima jenis uang batu yang utama yaitu Mmbul, Gaw, Fe’ atau Rai, Yar dan Reng. Keunikan uang batu ini terletak pada ukurannya yang beragam dari yang terkecil berukuran sekitar 3,5 cm hingga yang terbesar berukuran 4 meter. Dengan ukurannya tersebut, uang batu ini dinobatkan sebagai uang dengan ukuran terbesar yang masih digunakan di dunia. Nominal mata uang ini tidak ditentukan hanya dari ukurannya saja, tetapi juga dari siapa yang memegangnya (di daerah ini sistem kasta msih berlaku jadi uang batu yang dimiliki oleh raja akan selalu lebih berharga dari uang batu yang dimiliki rakyatnya) dan tahun pembuatannya (uang batu yang dibuat dari masa ketika belum ada kapal-kapal besar dinilai lebih berharga karena bahannya lebih sulit didapatkan). Uniknya lagi sebagian besar uang batu ini (terutama yang berukuran besar) dibiarkan saja tergeletak di luar rumah, penduduk tidak takut uangnya di curi karena butuh belasan hingga puluhan orang untuk memindahkan uang seberat ratusan kilo hingga puluhan ton ini.

    3. Wisata unik di Truk Lagoon.
    Teman-teman pasti familiar dengan kejadian dengan penyerangan pangkalan Amerika Pearl Harbor oleh pasukan Jepang. Sebagai reaksi tentara Amerika kemudian balas menyerang ke Truk Lagoon yang menjadi markas tentara Jepang pada Perang Dunia Ke-2. Akibat serangan dari Amerika ini banyak kendaraan perang Jepang yang akhirnya tenggelam ke laut. Saat ini bangkai-bangkai kendaraan tersebut telah berubah menjadi karang-karang tempat tinggal berbagai hewan laut. Daerah ini kini menjadi tempat menyelam yang sangat unik karena banyaknya sisa-sisa kendaraan perang lengkap dengan berbagai peralatan perang di dalamnya.

    4. Tarian tradisional yang unik.
    Seperti negara-negara lain di dunia, Micronesia juga memiliki banyak tarian tradisional yang khas. Tapi ada satu hal yang unik dari tarian di Micronesia, terutama di daerah Yap, kaum pria dan wanitanya memiliki tariannya masing-masing. Yah tidak seperti kebanyakan negara lain yang kaum pria dan wanitanya bebas menari bersama-sama, di Micronesia pria dan wanita memiliki tarian yang berbeda dan tidak bisa dilakukan bersama. Hanya ada satu tarian yang memperbolehkan pria dan wanita untuk menari bersama, itupun kita harus meminta ijin dari kepala desa jika ingin ikut menari.

    Suka

  12. Nyi Penengah Dewanti 11 Mei 2016 / 05:29

    Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Twitter: @nyipenengah
    Kota tinggal: Semarang

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Turki. Karena saya suka negara tersebut dan ingin menuliskanya menjadi kisah dalam novel.

    Suka

  13. Heni Susanti 11 Mei 2016 / 08:43

    Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah

    Maunya sih around the world, keliling dunia dan menuliskan segala kekhasan masing-masing kota/negara itu. Tapi untuk memulainya aku ingin menuliskan dan mengabadikan Makkah. Tempat awal mula manusia, Adam-Hawa, bertemu kembali setelah diturunkan ke bumi. Karena sebelum menengok tempat lain tentu kita harus paham dan mengenal tempat kita bermula. Asal usul kita, tempat-tempat dengan masing-masing kisahnya.🙂

    Suka

  14. Humaira 11 Mei 2016 / 12:32

    Humaira
    @RaaChoco
    Purwakarta – Jawa Barat

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Great Britain.
    Sangat sulit untuk tidak jatuh cinta pada pesona yang ditawarkan oleh negara Inggris Raya. Aku begitu sangat menyukai tempat-tempat klasik dengan berbagai macam bangunan bersejarah, alam yang sejuk juga pemandangan yang indah. Meski banyak negara lain yang memiliki keindahan serupa, tapi untukku Inggris Raya mewakili semuanya dan lebih mempesona. Semudah aku jatuh cinta pada film Cinderella yang bersetting di sana. Begitu melihat pemandangan yang ada, aku langsung terpukau dan cuma bisa bilang “Yaa Allah, bagus bangeeettttt” sambil meluk bantal. Sampai saat ini, pemandangan tersebut yang selalu berseliweran di kepalaku saat ditanyai tempat yang indah dan ingin dikunjungi. Berkunjung ke sana, rasanya seperti kembali ke zaman dahulu. Pedesaan, kuda, hutan, sungai, kerajaan, kastil, berternak, bukit, hijau, sejuk, asri, damai dan masih banyak lagi. Sebagai perempuan, aku lebih suka dan rela diajak berjalan-jalan ke sana dari pada menghabiskan waktu berjam-jam di mall. Bermodal kamera dan ketenangan, aku ingin menumpahkan semua yang aku lihat dan rasakan ke dalam sebuah foto. Bukan hanya untuk menarik minat orang-orang yang melihatnya, aku yakin, aku pasti ingin kembali ke tempat itu setelah melihat fotonya kembali. Ditambah, aku begitu menyukai logat orang-orang Inggris Raya yang beda banget.

    Tempat-tempat difilm Cinderella yang ingin aku kunjungi antara lain :
    1. Cliveden House, Taplow, Buckinghamshire
    2. Blenheim Palace
    3. Windsor Great Park
    4. Old Royal Naval College, Greenwich, London
    5. Black Park, Iver Heath, Buckinghamshire

    *aku menjawab ini benar-benar sambil membayangkan aku berada di sana melihatnya langsung. Berdiri lalu memejamkan mata dan menarik nafas dalam-dalam.

    Suka

  15. Humaira 11 Mei 2016 / 12:48

    Humaira
    @RaaChoco
    Purwakarta – Jawa Barat

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Great Britain.
    Sangat sulit untuk tidak jatuh cinta pada pesona yang ditawarkan oleh negara Inggris Raya. Aku begitu sangat menyukai tempat-tempat klasik dengan berbagai macam bangunan bersejarah, alam yang sejuk juga pemandangan yang indah. Meski banyak negara lain yang memiliki keindahan serupa, tapi untukku Inggris Raya mewakili semuanya dan lebih mempesona. Semudah aku jatuh cinta pada film Cinderella yang bersetting di sana. Begitu melihat pemandangan yang ada, aku langsung terpukau dan cuma bisa bilang “Yaa Allah, bagus bangeeettttt” sambil meluk bantal. Sampai saat ini, pemandangan tersebut yang selalu berseliweran di kepalaku saat ditanyai tempat yang indah dan ingin dikunjungi. Berkunjung ke sana, rasanya seperti kembali ke zaman dahulu. Pedesaan, kuda, hutan, sungai, kerajaan, kastil, berternak, bukit, hijau, sejuk, asri, damai dan masih banyak lagi. Sebagai perempuan, aku lebih suka dan rela diajak berjalan-jalan ke sana dari pada menghabiskan waktu berjam-jam di mall. Bermodal kamera dan ketenangan, aku ingin menumpahkan semua yang aku lihat dan rasakan ke dalam sebuah foto. Bukan hanya untuk menarik minat orang-orang yang melihatnya, aku yakin, aku pasti ingin kembali ke tempat itu setelah melihat fotonya kembali. Ditambah, aku begitu menyukai logat orang-orang Inggris Raya yang beda banget.

    Tempat-tempat difilm Cinderella yang ingin aku kunjungi antara lain :
    1. Cliveden House, Taplow, Buckinghamshire
    2. Blenheim Palace
    3. Windsor Great Park
    4. Old Royal Naval College, Greenwich, London
    5. Black Park, Iver Heath, Buckinghamshire

    *aku menjawab ini benar-benar sambil membayangkan aku berada di sana melihatnya langsung. Berdiri lalu memejamkan mata dan menarik nafas dalam-dalam.

    Suka

  16. rinspiration95 11 Mei 2016 / 13:02

    Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    travel writer adalah pekerjaan yang menyenangkan! Pekerjaan apalagi yang bisa memberikan berbagai kebahagiaan dalam sekali langkah? Bisa jalan-jalan, kenalan dengan hal baru, dapat penghasilan,dan yang paling penting adalah sesuai dengan passion.
    Aku pengin pergi ke negara-negara di Benua Eropa terutama ke Belanda, Perancis, Inggris, Jerman, Yunani *lalu semua negara disebutin haha* Alasannya? Perjalanan ini udah jadi wishlist, aku harap suatu saat nanti bisa diwujudkan. Aku sangat tertarik, meskipun Eropa jadi destinasi wisata yang mainstream buat ditulis oleh para travel writer. Tapi aku yakin, setiap perjalanan pasti memiliki hal unik dan selalu menarik jika diceritakan kan?
    Beberapa pertimbangannya antara lain karena letak benua Eropa nggak jauh dari Asia, jadi nggak terlalu lama di perjalanan. Jarak antar negara juga bisa dibilang nggak jauh, dalam sekali jalan bisa mengunjungi sekaligus. Bonus plus-plusnya lagi, kalau mengunjungi benua Eropa aku akan mencetak berbagai rekor perjalanan :
    -mengunjungi kota diantara dua benua (Istanbul, Turki)
    -mengunjungi negara terkecil (Vatikan)
    -mengunjungi negara terbesar (Rusia)
    Luar biasaaa!😀

    Suka

  17. shespicaforest 11 Mei 2016 / 14:57

    Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi

    Jika aku menjadi travel writer, aku ingin sekali mengunjungi semua negeri dengan kampus2 kece di dalamnya. Aku ingin menulis tentang Harvard, Oxford, Standford, dan universitas2 lain yang ingin kuteliti keunggulan mereka dan cara2 termurah masuk ke sana, atau dengan kata lain beasiswa.
    Aku melihat ada banyak ketakutan rakyat Indonesia untuk menuntut ilmu di kampus yg “wah” krena mereka sudah terkontamiasi dgn image “mahal” yg kelihatan oleh mata. Dengan menjadi seorang travel writer, aku ingin melakukan penelitian mendalam dan menyeluruh trhadap universitas yg kusinggahi tentang bagaimana agar bisa masuk kesana tanpa harus memikirkan biaya yg wah. Kemudian akan kubagiaan hasil penelitianku untuk warga Indonesia agar semangat mereka untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman yg menakjubkan semakin tinggi dan menyala2. Aku ingin negeri ini berubah menjadi negeri yg maju dan tidak terus menerus dikenal sbgai negeri yg berkembang saja. Dan yg pasti, aku jg ingin menanamkan semangat Kartini bahwa semua orang berhak dan mampu untuk belajar setinggi2nya dan menggapai cita2 mereka asal mereka mau dan berusaha. Tidak melulu kepentok di uang saja.
    Terima kasih

    Suka

  18. Devi Amar 12 Mei 2016 / 02:32

    Devi Ambar
    @ivedvedi
    Kediri

    Travel writer.
    Negara Indonesia, yang bagian plosok-plosok. di sebuah desa yang jarang sekali terjamak oleh para wisatwan, yang jarang sekali ada orang nya.
    Bagian-bagian desa yang memiliki sumber ide, inspirasi, edukasi, nformasi.
    Daerah Kediri, Mojokerep.

    Desa yang tenang, penududknya kebanyakan berkerja sebagai petani.
    Desa yang memiliki daya tertarik kuat untuk saya pribadi,

    Suka

  19. viscaapriliyanti 12 Mei 2016 / 04:14

    nama: Visca Apriliyanti
    twitter: @Visca_Apr
    kota: Belinyu
    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!:)
    pastinya daerah tempat tinggal ku sendiri ,lebih ke tempat wisata. memberi tahu orang-orang banyak yang tinggal diluar sana kalau di daerah ku banyak sekali tempat-tempat wisata yang indah, pemandangannya juga sangat bagus dan itu banyak orang luar ga tahu

    Suka

  20. Naning 12 Mei 2016 / 07:33

    Naning Pratiwi
    @ning_nong27
    Tulungagung, Jatim

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!:)

    Inggris sama Spanyol
    Kenapa??
    Satu karena ada markas besar Chelsea disana (ini karena saya penggiila bola dan fans berat Chelsea sama Real Madrid. Jadi mohon maaf ya :D)
    Ada Stamford Bridge, Tower Bridge, Menara Big Ben, dan Istana Buckingham

    Spanyol,, saya pilih Santiago Bernabeu sama Cordoba.
    Saya pengin menjelajahi sejarah agama Islam di sana. Dan kayaknya masjid di Cordoba juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi😀😀

    Suka

  21. Sindy Indah 12 Mei 2016 / 16:42

    Nama : Sindy Indah P |
    Twitter : @SindyIndah123 |
    Kota tinggal : Purwodadi (Grobogan) Jawa Tengah.

    Kalau Aku jadi travel writer, aku ingin menulis dan mengabadikan tempat kelahiranku JAWA TENGAH🙂 Kenapa Jawa Tengah? Karena aku sudah dirasuki oleh kata-kata nenek ku “Ojo dadi wong Jawa sing ora jawani” yang menurut terjemahan ku “Jangan jadi orang jawa yang tidak tahu/tidak menjalankan adat-istiadat jawa”.
    Yang kemudian ingin rasanya Aku menelusuri dan mengabadikan setiap penjuru keindahan alam di Jawa Tengah, membongkar keunikan dari setiap budaya adat-istiadat yang tertimbun disana, berdialog dengan orang jawa dan tentu menggunakan bhs jawa, dan memanjakan lidah dengan kelezatan kulinernya.

    Tidak langsung terfokus hanya pada keraton surakarta dengan budayanya atau kepulauan karimunjawa dengan keindahannya. Itu terlalu umum, aku ingin menelusuri lebih dalam ketempat yang jarang dikunjungi atau mungkin belum dikenal masyarakat luas, padahal tempat tersebut menyimpan keindahan alam dan kekentalan budaya yang mempesona. Kemudian akan aku tulis dan mengabadikannya menjadi foto untuk setiap momen yang menjumpaiku.🙂

    Suka

  22. dinuchan 12 Mei 2016 / 20:50

    Nama : Dini Nurhayati
    Twitter : @ChanDinu
    Kota Tinggal : Sleman, D.I Jogjakarta

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto? Berikan alasanmu juga ya!

    Pernah punya cita-cita bareng teman kuliah dulu, untuk plesiran ala backpacker ke Belitong. Nengok pantainya dan semuanya. Tapi cita-cita bersama tersebut tak bisa terlaksana. Sementara, kemudian hari jauh dari ‘janji’ tadi, teman saya akhirnya menjejak ke sana juga dengan pasangannya. Sedangkan saya sampai saat ini masih memimpikan itu. Jadi, masih kepikiran Belitong. Kenapa Belitong? Asal mulanya tak dapat dipungkiri gegara Novel plus film Laskar Pelangi. Pengen mengalami sendiri, menjejakkan kaki di pantainya, pegang sendiri batu granitnya, foto-foto dan mengambil gambarnya juga, dengan sudut pandang dan mata kepala sendiri . Dan, walau di internet sudah banyak bahasan atau catatan perjalanan tentang Belitong, tetap ingin menuliskan kisah dan pengalaman sendiri yang belum pernah dituliskan orang, bisa jadi ada kisah penduduk yang menarik. Jadi, kalau menyebut Belitong langsung teringat tentang sebuah tempat, daerah, wilayah yang sebelumnya diketahui secara umum pun tidak. Lalu, BOOM! menjelma menjadi salah satu destiinasi wisata.

    Suka

  23. Yohana Siallagan (@MrsSiallagan) 13 Mei 2016 / 07:26

    Nama: Yohana
    Twitter: @MrsSiallagan
    Domisili: Sumatra utara
    Negara yang ingin saya kunjungi adalah negara jepang karna negara ini sanagt unik dan menarik .Perpaduan modern dan kuno masih terasa disini .Saya bisa menemukan bunga khas sakura ketika musim semi , ketika musin salju saya bisa menemukan es dengan pahatan dari tangan seniman jepang kemudian kita dapat melihat kerajaan ataupun rumah kekaisaran jepang yang sangat unik , adat istiadat jepan tentang kimono dan samurainya .Saya bisa menemukan kota yang apik tatanannya , bersih dan nyaman walaupun penuh dengan lautan manusia .Negara jepang juga terkenal karna nyentrik , saya bisa menemukan cosplay atau mini jepang .Pokoknya tak akan ada habisnya kata kalau membalas jepang ….

    Suka

  24. Fetreiscia Frida 14 Mei 2016 / 02:11

    Nama: Fetreiscia Frida
    Twitter: @fetreisciafrida
    Kota: Jakarta

    Aku ingin sekali mengunjungi negara-negara Asia. Terutama Asia Timur dan Asia Tenggara. Seperti Jepang, Korea, Taiwan, Shanghai, Filipina dan Thailand. Menurutku tempat-tempat di Asia itu lebih beragam dan sarat akan makna. Banyak tempat-tempat bersejarah dari negara masing-masing. Bukannya negara Eropa tidak memilikinya, tapi aku lebih tertarik dengan Asia.
    Negara Asia juga banyak yang masih menyimpan ke-tradisional-an mereka. Seperti di Korea kita bisa menemuka tempat yang isinya adalah rumah-rumah tradisional mereka. Aku ingin menuliskan dan mengabadikan itu.
    Lalu pantai nya. Aku juga ingin mengunjungi pantai mereka. Secara khusus untuk menjawab pertanyaan ini aku ingin ke Thailand. Negara ASEAN ini adalah negara yang paling menarik perhatian. Mengunjungi Phuket dan Pattaya adalah impuan ku. Aku ingin menulis dan mengabadikan keindahan tempat ini. Phuket merupakan tujuan wisata paling terpopuler karena memiliki pantai pasir putih yang indah. Phuket juga terkenal dengan nama “mutiara dari Selatan”. Sedangkan Pattaya yang berlokasi di sepanjang Teluk Thailand merupakan pantai yang populer di Asia Tenggara.
    Ya, untukku yang seorang penyuka pantai mengunjungi pantai-pantai di dunia merupakan kebahagian tersendiri. Khususnya pantai Asia. Setelah menuntaskan keinginan di Thailand aku juga ingin menuju Pulau Jeju di Korea dan menikmati pantainya. Atau ke Jepang dan berkunjung ke Nishihama Beach atau Pantai Yohana Maehama.
    Itulah tempat yang ingin kujadikan objek wisata ku sebagai travel writer.

    Suka

  25. meilinai 14 Mei 2016 / 10:50

    Nama : Meilina Istanti
    Twitter : @Meic_Chan
    Kota tinggal : Banyumas

    Kalau kamu jadi travel writer, daerah atau negeri mana yang ingin kamu tulis dan abadikan menjadi foto?

    Negeri Indonesia. Kalau daerah aku random, suka-suka aja.
    Kenapa di Indonesia aja? Well, Indonesia itu kaya banget. Mau nulis apa banyak banget objek buat dijadiin ide. Mau foto, uh jangan di tanya. Indonesia itu indah bro. Keren.
    Contoh ya, misalnya di daerahku sekarang sedang berlangsung Festival Kuliner Banyumas. Sebagai travel writer, itu merupakan hal yang sangat menarik. Kita bisa menulis tentang seluk beluk kuliner Banyumas, juga bisa foto-foto tuh makanan Banyumas apa aja. Hehe😀
    Well, menarik banget kan Indonesia itu. Uh cinta deh :))))

    Suka

  26. Julia dwi 14 Mei 2016 / 11:11

    Julia dwi kartikasari || @juliakartika326 || nganjuk, jatim

    Kalau aku jadi travel writer aku akan pilih daerah di sulawesi selatan tepatnya kabupaten enrekang. Mungkin daerah ini bisa dibilang terpencil, atau mungkin sudah ada yang tahu? Desa bone bone, adalah salah satu desa di anrekang, sebuah desa yang tidak menghalalkan rokok. Desa yang bebas asap rokok, bayangkan, di desa kecil di indonesia saja bisa ada aturan ketat tentang rokok. Hingga berhasil menikmati udara bersih yang menyegarkan. Namun sayang, negara indonesia sendiri belum bisa menerapkan aturan seperti yang di buat di desa kecil ini, *pendapat saya ya😊, maaf kalo ada yg tdk setuju*

    Selain desa bone bone, banyak wilayah enrekang lain yang menakjubkan dan patut untuk di eksplore lebih dalam. Dengan kekayaan alamnya, hutan rimbun, tebing yang menjulang tinggi, udara bersih, sejuk di hidung sejuk di mata. Indah sekali😄

    Dan kalo saya menulis cerita tentang tempat ini, saya akan menulis dengan cerita yang mengangkat pentingnya pendidikan dan semangat anak-anak enrekang mengenyam pendidikan di daerah ini. Dengan diselingi menjelaskan keindahan alam yang luar biasa di daerah ini. Terima kasih😊

    Suka

  27. Putri Pramaa (@PutriPramaa) 14 Mei 2016 / 12:35

    Putri Prama A.
    @putripramaa
    Probolinggo

    Sekarang aku sedang belajar mendalami Islam, maka negara yang ingin kukunjungi tentu berhubungan dengan sejarah keberadaan Islam, tapi aku juga tertarik dengan Eropa. Jadi, negara yang ingin kukunjungi adalah Spanyol. Setahuku, Spanyol adalah salah satu negara yang pernah dikuasai oleh Muslim, padahal sekarang Spanyol mayoritas penduduknya adalah kristen/katolik. Sebutannya adalah ANDALUSIA!
    Di Spanyol, aku paling pengin ke Sevilla, Granada, dan Cordova. Di Sevilla banyak banget bangunan yang semula merupakan tempat ibadah Islam menjadi tempat ibadah kristen. Contohnya adalah Giralda yang dulunya menara masjid, sekarang? Giralda merupakan menara lonceng katedral. Aku ingin tahu belajar saling bertoleransi di sana. Mengangumi hasil karya saudara sesama muslim kita.
    Di Cordova, ada Mezquita yang dulunya merupakan masjid agung Cordova. Sekarang? masjid ini menjadi katedral Cordova. Aku pernah baca, masjid ini unik karena dulunya merupakan katedral, lalu setelah Cordova berhasil direbut kaum muslimin, katedral terebut menjadi masjid. Umat Islam melakukannya dengan cara damai bersama umat Kristen saat itu.
    Aku sering baca kalau terkadang ada muslim yang sholat di katedral tersebut, sering banget buat diusir begitu saja. Dia berusaha merasakan untuk sholat di masjid agung Cordova, sayangnya sekarang bukan masjid lagi.
    Kalau aku jadi travel writer, maka tanah Andalusia inilah yang akan kutulis dan kuabadikan dalam foto. Di tempat peninggalan kaum muslimin itu keindahannya nggak usah ditanyakan lagi. Indah. Banget. Kalau aku beneran jadi travel writer, ada satu yang nggak akan kulewati di Andalusia. Alhambra, aku nggak akan melewati itu karena Benteng Merah itu indah sekali. Katanya sih, tempat itu adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Spanyol. Pas di Spanyol, aku bakal menuliskan juga tentang tempat-tempat ibadah muslim di Spanyol, agar muslim Indonesia maupun di seluruh dunia tahu tempat beribadahnya ketika di Spanyol. Sekalian mengingatkan mereka untuk sholat, karena sesama muslim harus mengingatkan.🙂
    Terima kasih, Kak. Semoga aku beruntung mendapatkan novel ini.🙂

    Suka

  28. Kiki az 14 Mei 2016 / 15:49

    Kiki @DekKiii25 Nganjuk

    Aku nggak usah pergi ke luar negeri. Cukup Indonesia, negara dengan ribuan pulau. Ingin mengeksplorasi eksotisme negeri sendiri, negeri yang indah dengan nuansa alam yang kental. Lebih mengutamakan daerah pedalaman, daerah perbatasan yang umumnya terbatas tegnologi namun alamnya sangat indah.

    Aku mau memotret alamnya agar mereka tahu, inilah Indonesiaku.
    Memotret bagaimana kebudayaan dari daerah-daerah sana, agar makin bersyukur, betapa kayanya negaraku.
    Memotret bangunan sekolah dan fasilitas lainnya, agar pemerintah tergerak hatinya untuk membangun fasilitas modern.
    Semakin bangga Indonesia beragam, dari ras, suku, budaya serta adat istiadat hingga menunjukkan pada dunia bahwa kami adalah satu yakni Indonesia.

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s