Zikir & Doa Penting Sehari-hari karya Al-Habib Al-Alamah Umar bin Hafizh

Kebahagiaan Hidup Bersama Tuhan

Judul                            : Zikir & Doa Penting Sehari-hari Cover Zikir & Doa Penting Sehari-hari

Penulis                          : Al-Habib Al-Alamah Umar bin Hafizh

Penerjemah                   : Muhammad Thoyib

Editor                           : M. Yusni Amru Ghazali

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Pertama, Maret 2016

Jumlah Halaman          : 160 halaman

ISBN                           :  978-602-385-058-7

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis di SD Muhammadiyah Bondowoso

Hidup manusia tiada lain adalah keinginan dan rencana Tuhan. Tidak ada satupun manusia yang lahir ke dunia karena keinginannya sendiri. Dalam Al-Qur’an disebutkan keinginan Allah adalah agar manusia beribadah kepada-Nya. Selain itu hidup di dunia juga Allah sebut sebagai cara mencari siapa di antara hamba-Nya yang paling paling baik amalnya di dunia yang fana ini.

Karenanya hidup akan menjadi bahagia, jika kita dekat dengan Tuhan. Tuhan akan sayang dan cinta kepada hamba-Nya yang beribadah. Dengan beribadah seorang hamba semakin dekat dengan Tuhan, Tuhan pun akan mendekat kepada hamba-Nya yang beribadah tersebut. Jika ini terjadi, maka kata galau, resah dan labil akan sirna dan ketenangan serta kebahagian pun hadir di kehidupan seorang hamba (halaman vii).

Al-Habib Al-Alamah Umar Bin Hafizh, seorang ulama Tasawuf dari Yaman dan terkenal di dunia menulis sebuah buku ringkas yang sangat bermanfaat bagi setiap Muslim guna mendekatkan diri kepada Allah. Buku tersebut diterjemahkan oleh Penerbit Noura Books dengan judul Zikir & Doa Penting Sehari-hari.

Buku ini terdiri dari empat bab. Bab pertama membahas tentang dasar-dasar Islam. Dasar-dasar Islam ini terdiri dari Rukun Agama yang terdiri dari lima Rukun Islam dan enam Rukun Iman. Disebutkan dalam sub-bab ini tentang Ihsan yang berarti beribadah kepada Allah seolah-olah melihat Allah, dan jika tidak mampu melihat Allah, maka yang harus diyakini adalah Allah selalu melihat setiap makhluk-Nya (halaman 3).

Selain itu, dalam bab ini Habib Umar juga mengatakan kewajiban menghafalkan 10 nama malaikat, juga menyatakan kewajiban mengetahui 25 nama Nabi dan Rasul. Disebutkan pula bahwa Allah menurunkan kitab-kitab dari langit yang wajib dibenarkan keberadaannya, dibenarkan isinya dan wajib mengetahui keempat nama kitab samawi tersebut. Tentu saja Habib Umar juga menulis secara singkat tentang Rasulullah Saw. (halaman 6-7)

Kemudian bab berikutnya adalah rukun, syarat dan doa wudhu. Dimulai pembahasan tentang fardhu wudhu itu apa saja, apa saja syarat wudhu hingga bagaimana lafadz doa setelah wudhu (halaman 9-14). Di bab ketiga, Habib Umar membahas tentang rukun, syarat dan doa shalat. Dibahas di bab ini dari rukun dan syarat shalat, doa setelah azan, doa iftitah, doa rukuk, doa iktidal, doa duduk di antara dua sujud, doa sujud, bacaan tasyahud, shalawat ibrahimiyah, doa setelah membaca tasyahud akhir, doa qunut, doa setelah shalat dan tata cara dan doa shalat jenazah (halaman 19-56).

Habib Umar mengkhiri buku ini dengan bab doa sehari-hari, dari doa keluar rumah dan masuk, doa berjalan dan masuk juga keluar dari masjid (halaman 67), doa akan dan sesudah makan, hingga doa akan masuk dan keluar kamar mandi dan doa yang biasa dipakai dalam keseharian setiap Muslim. Benarlah bahwa Islam itu sangat lengkap dan menyeluruh dalam kehidupan pemeluknya, dalam setiap kehidupan setiap Muslim selalu ada aturan dan doa agar kehidupan menjadi dekat dengan Allah dan berkah.

Maka tak pelak jika buku ini direkomendasikan kepada semua Muslim, tentu saja seperti harapan penerjemah, buku (doa) ini tidak cukup hanya dihafalkan, tetapi juga harus diamalkan dalam setiap hembus nafas setiap Muslim. Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa doa adalah perisai setiap Muslim, dan juga bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak zikirnya kepada Allah swt. Dengan demikian, insya Allah akan menjadi teman pelipur lara, penambah semangat kerja, perisai mara bahaya, bahkan penyebab datangnya rahmat dan keberkahan dari Allah Swt (halaman viii). Selamat membaca dan semoga mendapat kebahagiaan!

Resensi Zikir & Doa Penting Sehari-hari di Harian Bhirawa 13 Maei 2016

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s