Aku Bilang Tolong karya Noor H. Dee dan Iput

Cover Aku Minta Tolong

Mengajarkan Etika Dengan Suasana Ceria

Judul                            : Aku Bilang Tolong (Seri Anak Hebat)

Penulis                          : Noor H. Dee

Ilustrator                      : Iput

Editor                           : Nurhadiansyah

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Pertama, Agustus 2015

Jumlah Halaman          : 20 halaman (Board Book)

ISBN                           :  978-602-385-014-3

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar kelas menulis SD Muhammadiyah Bondowoso

Pendidikan karakter seorang anak seharusnya dimulai sejak dini. Sebagaimana lahirnya anak ke dunia adalah amanah bagi orangtuanya, maka mendidik anak merupakan kewajiban utama orangtua . Sebab pertanggungjawaban di akhirat nanti bukan ditanyakan kepada guru atau pendidik lain, tetapi orangtualah yang paling bertanggung jawab.

Salah satu cara mendidik anak yaitu melalui media buku. Salah satu buku yang membimbing anak untuk beretika baik adalah Seri Anak Hebat yang diterbitkan oleh Noura Books. Salah satu judul dari seri ini adalah Aku Bilang Tolong. Buku ini bercerita tentang Naura yang ingan bermain boneka bersama ikan peliharaannya yang bernama Kiko.

Naura memiliki berbagai jenis boneka, rata-rata bonekanya berbentuk hewan. Bonekanya tertata rapi di sebuah lemari di rak paling paling atas dan kedua. Sedangkan rak ketiga berisi buku-buku milik Naura. Nah, Naura tidak bisa mengambil sendiri boneka-boneka yang ingin dia mainkan. Karenanya dia meminta tolong Bundanya untuk mengambilkan boneka-boneka yang ingin dia mainkan.

Beberapa kali Naura memanggil Bundanya, “Bunda ambilkan boneka beruang!,” “Ambilkan boneka kelinci!,” “Ambilkan boneka gajah!” Mendengar suara adiknya, Nabil datang menghampiri Naura. Nabil memperhatikan perkataan adiknya, yang menurutnya kurang baik. Naura bukan meminta tolong, tapi malah seperti menyuruh Bundanya. Karenanya, Nabil mengingatkan Naura dengan mengatakan, “Naura kamu lupa bilang “TOLONG” ke Bunda.”

Akhirnya, Naura sadar kalau dia salah dan dia pun mengulang permintaan tolongnya kepada Bunda. “Bunda tolong ambilkan boneka beruang.” Akhirnya, Bundanya datang dan mengambilkan Naura boneka-boneka yang ingin dia mainkan. Naura pun mencium Bundanya dan Bunda mengingatkan Naura agar merapikan bonekanya kembali kalau sudah main.

Buku yang ditujukan bagi pembaca anak-anak berumur di atas satu tahun ini, menurut saya sangat bagus dan direkomendasikan untuk dibacakan kepada anak-anak Anda. Karena tentu saja anak-anak berumur di atas satu tahun, belum bisa membaca. Namun, anak-anak bisa mengkhayal dan bercerita sesukanya apa isi buku ini, apalagi jika telah pernah dibacakan oleh orangtuanya. Sebab buku ini disertai ilustrasi yang sangat menarik dan mengundang kreativitas dan imajinasi anak. Sehingga, mendidik pun tidak selalu kaku, tetapi bisa sambil santai, bermain dan mendongeng. Selamat mengajarkan etika dengan ceria!

resensi 14 Agustus 2016 di harian singgalang2

*resensi 14 Agustus 2016 di harian singgalang

4 thoughts on “Aku Bilang Tolong karya Noor H. Dee dan Iput

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s