115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw karya Fuad Abdurrahman

cover-115-kisah-menakjubkan-dalam-kehidupan-rasulullah-saw

Teladan Hidup Dari Rasulullah Saw

Judul                            : 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw

Penulis                          : Fuad Abdurrahman

Editor                           : Dedi Ahimsa

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit                : Pertama, Februari 2016

Jumlah Halaman          : 380 halaman

ISBN                           :  978-602-385-063-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis di SD Muhammadiyah Bondowoso

Kehidupan Rasulullah Muhammad Saw adalah kehidupan tiada bandingnya. Hidupnya tiada cela, teriring teladan dan sanjungan dari teman hingga lawan. Rasulullah selalu melakukan kebaikan dengan tujuan sebagai tuntunan juga rahmatan bagi semesta. Sebagaimana pernah beliau sabdakan, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

Tersebab inilah kisah beliau tiada henti dibaca, dikaji serta ditulis ulang oleh banyak penulis Muslim bahkan non Muslim. Baik buku sirah yang terstruktur sejak masa sebelum kelahiran Nabi hingga beliau meninggal, ataupun buku yang tidak ditulis dengan mengumpulkan dari sebagian kisah-kisah yang menarik dari kehidupan Rasulullah.

Salah satu buku yang menarik tentang kehidupan Rasulullah adalah karya Fuad Abdurrahman yang berjudul 115 Kisah Menakjubkan Dalam Kehidupan Rasulullah Saw. Dalam buku terkumpul berbagai kisah Rasulullah, terutama yang menakjubkan dan inspiratif bagi pembaca. Dari 115 kisah tersebut dibagi menjadi tujuh bab.

Ketika Nabi bermain bersama adik dan kakak sepersusuannya di kampung Bani Sa’diyah ada hal ajaib yang termasuk mukjizat Rasulullah. Yaitu, dibelahnya dada Rasulullah Saw dan dibersihkan hatinya oleh Malaikat. Awalnya kejadian ini membuat Halimah dan suaminya khawatir sehingga membawa Muhammad kembali kepada Ibunya, Aminah. Mendengar kejadian yang dialami Nabi, Aminah tidak kaget, karena sebelum kelahiran Nabi ada cahaya keluar dari perut Aminah yang terlihat menerangi istana-istana Busyra di negeri Syam (halaman 5).

Kisah ini termaktub dalam bab kisah-kisah tentang Nubuwat dan mukjizat Rasulullah Saw. Dalam bab ini, Fuad menuliskan berbagai kisah menakjubkan lain seperti mukjizat Rasulullah Saw membelah bulan dan memancarnya air dari sela-sela jarinya. Kisah akhlak mulia Sang Rasul juga terdapat dalam buku ini dalam bab Rasulullah bersama keluarga dan anak-anak.

Salah satu kisah yang menarik adalah ketika Hari ‘Id yang penuh kebahagiaan, Rasulullah biasa mengunjungi rumah-rumah sahabatnya untuk mendoakan mereka. Pada hari itu semua Muslim bahagia, tak terkecuali anak-anak. Namun, Rasulullah mendapati ada satu gadis kecil berpakaian lusuh dan sobek serta bersepatu usang sedang duduk dan  menangis sedih. Rasulullah menghampirinya dan memberikan kebahagiaan yang luar biasa kepada gadis kecil yang ternyata yatim itu. Rasulullah mau menjadi ayah gadis kecil itu, sehingga Aisyah pun akan menjadi ibu serta Fathimah menjadi kakak perempuannya. Maka, tak ada seorang pun yang menandingi kebahagiaan gadis kecil yatim tersebut (halaman 83).

Rasulullah selain maksum yang terampuni dosanya, beliau juga seperti manusia lainnya bila berpuasa pasti berbuka, mencintai wanita, juga membutuhkan tidur. Satu hal lagi, Rasulullah Saw juga pernah bercanda ketika bersama sahabat-sahabatnya. Suatu ketika Rasulullah mendatangi sahabatnya yang beliau panggil sebagai anak dusun kami, Zahir bin Haram. Ketika itu Zahir sedang menjual perhiasan, dan Rasulullah langsung mendekap tubuhnya dari belakang. Zahir tahu ada yang mencandainya. Ketika tahu bahwa yang mendekapnya adalah Rasulullah, Zahir malah mempererat pelukan Rasulullah (halaman 151). Namun ada yang perlu diketahui, bahwasanya Rasulullah bercanda hanya dengan sesuatu yang benar saja, sebagaimana kisah ini dituturkan oleh Abu Hurairah r.a. Kisah ini terkumpul dalam bab Rasulullah bersama para sahabat.

Sebagai seorang utusan Allah, Rasulullah adalah pemberi kabar gembira sekaligus pemberi peringatan kepada seluruh umat manusia. Kisah-kisah Rasulullah sebagai pemberi peringatan amar makruf nahyi mungkar terkumpul dalam bab lima. Ada salah satu kisah yang menceritakan Rasulullah yang melarang umatnya mendatangi dukun. Ketika itu Muawiyah yang baru masuk Islam menceritakan tentang kebiasaan jahiliahnya yang biasa mendatangi dukun. Rasulullah menjawab, “Jangan datangi mereka!” (halaman 235)

Selain itu masih ada tiga bab lagi yang membahas tentang kisah-kisah akhlak terpuji Nabi, kisah-kisah Rasulullah Saw dalam peperangan dan kisah-kisah tentang keimanan dan ketakwaan. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana serta ditulis secara ringkas dan padat. Sehingga pembaca mudah memahami dan tidak memerlukan waktu yang banyak untuk membaca setiap kisahnya. Sebuah buku yang menarik dan inspiratif, maka tak ayal jika buku  380 halaman direkomendasikan untuk Anda baca. Dengan harapan semoga semakin mengenali dan mencintai Rasulullah Saw. Selamat membaca!

resensi-115-kisah-menakjubkan-dalam-kehidupan-rasulullah-saw-di-harian-singgalang-31-juli-2016

*dimuat di Harian Singgalang 1 Juli 2016

2 thoughts on “115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw karya Fuad Abdurrahman

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s