Sunset & Rosie Karya Tere Liye

cover-sunset-rosie

Pemahaman Tentang Takdir Dalam Novel

Judul                            : Sunset & Rosie

Penulis                          : Tere Liye

Editor                           : Andriyati

Penerbit                       : Republika

Tahun Terbit                : Cetakan Terbaru, Juni 2016

Jumlah Halaman          : 306 halaman

ISBN                           :  978-602-9474-08-4

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

“Cinta itu persahabatan. Semakin mengenal Anggrek dengan seseorang, maka semakin cinta anggrek dengannya (halaman 192).”

Adalah Tegar sejak kecil bersahabat dengan Rosie di Pulau Gili Trawangan. Mereka selalu bersama, sering bermain di pantai, menanti senja, mendaki gunung Rinjani sampai sama-sama kuliah. Sedangkan, Nathan adalah teman Tegar yang tinggal di pulau seberang yang jaraknya hanya selangkah kaki dari Gili Trawangan.

Tegar pun mengenalkan Nathan kepada sahabatnya, Rosie. Mereka berdua pun menjadi akrab, bahkan saat mereka bertiga mendaki ke Gunung Rinjani Nathan menyatakan perasaannya kepada Rosie. Akhirnya, mereka menikah. Tegar pun kaget bukan kepalang, dia menghilang dari peredaran.

Tegar tidak terima, namun dia berusaha melupakan kemalangannya karena didahului Nathan menikahi Rosie. Dia tinggal di Jakarta, Tegar bekerja di sebuah perusahaan sekuritas, dia fokus pada pekerjaan dan menjadi karyawan yang disenangi atasan karena bekerja dengan memuaskan. Karena fokus terhadap pekerjaan tersebut, Tegar mampu melupakan kesedihan masa lalunya.

Kemudian, tanpa diundang Rosie dan Nathan menemukan di mana Tegar tinggal. Mau tidak mau Tegar dekat dengan mereka lagi, bahkan akhirnya Tegar dengan anak-anak Rosie. Anggrek, umurnya 12 tahun, dia suka membaca, menulis dan bertanya beberapa hal yang kadang aneh dan ganjil. Kalau sudah begitu, Rosie menyuruh Anggrek bertanya kepada Tegar. Anggrek memanggil Tegar dengan om (halaman 4).

Sakura, umurnya 9 tahun. Bisa 4 bahasa asing, Australia, Inggris, Jepang dan Hongkong dengan kosakata yang terbatas. Hal ini karena dia sering berinteraksi dengan turis pengunjung resor yang dikelola oleh ayahnya Nathan di Gili Trawangan. Dia suka komik, dan suka musik utamanya biola. Dia memanggil Tegar dengan uncle.

Jasmine, umurnya 5 tahun. Pendiam ketimbang Sakura. Memanggil Tegar dengan paman. Seringkali melakukan hal yang menakjubkan dan kalimat-kalimatnya menyentuh. Senang didongengi oleh Tegar. Dan terakhir Lili, baru berumur 1 tahun. Sejak kecil dia biasa digendong oleh Jasmine (halaman 5).

Bagi keempat anak Rosie, Tegar adalah om, paman, uncle yang hebat dan juara di mata mereka. Terkadang Tegar datang ke Gili Trawangan, atau bertatap muka dengan mereka via streaming internet. Hingga suatu waktu, mereka melakukan tatap muka via internet, tepatnya ulang tahun pernikahan orangtua mereka, Rosie dan Nathan.

Namun, sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Mereka yang berada di Jimbaran, terkena teror bom. Tegar yang tahu ada apa-apa di Jimbaran karena streaming terputus, dia langsung terbang ke Jimbaran. Bahkan, dia pun melupakan sementara jadwal pertungannya dengan Sekar esok harinya.

Bersama Sekar, Tegar awalnya hanya bersahabat. Tegar banyak bercerita tentang masa lalunya, termasuk kehidupannya yang dulu bersama Rosie dan Nathan. Ternyata, selama perjalanan persahabatan mereka, Sekar mencintai Tegar dengan sangat besar. Tegar pun akhirnya mencintai Sekar.

Karena bom di Jimbaran yang mengakibatkan banyak orang meninggal, keluarga Rosie juga berduka. Nathan meninggal, Sakura harus dirawat di rumah sakit. Selain itu Rosie mengalami depresi berat, yang membuat dia sering mengurung diri, bahkan mengamuk kepada banyak orang termasuk anak-anaknya.

Akhirnya, Rosie dimasukkan ke rumah rehabilitasi jiwa atau shelter di Bali. Hal ini menyebabkan Tegar harus mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Dia akan menemani anak-anak Rosie sampai Rosie sembuh, dia juga melanjutkan menangani resor peninggalan Nathan. Sehingga dia pun memutuskan untuk berhenti dari perusahaan sekuritas, meskipun dia termasuk yang akan masuk karyawan yang akan naik pangkat, termasuk dia juga belum melanjutkan tunangan dengan Sekar di waktu entah kapan, hal ini membuat Sekar sungguh sedih.

Buku karya Tere Liye yang berjudul Sunset & Rosie ini akan sangat menyentuh perasaan pembaca. Selain itu dengan kisahnya, Tere Liye mencoba memberi pemahaman bagimana seharusnya memahami jodoh dan takdir. Selamat membaca!

*dimuat di harian singgalang 15 Januari 2017

Iklan

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s