Ketua Osis Koplak Karya Wisnu Maulana

cover Ketua Osis Koplak.jpg

Ketika Murid Koplak Menjadi Ketua Osis

Judul                            : Ketua Osis Koplak

Penulis                          : Wisnu Maulana

Editor                           : Momoe Rizal & Nurul Amanah

Penerbit                       : Pastel Books

Tahun Terbit                : Pertama, November 2017

Jumlah Halaman          : 352 halaman

ISBN                           :  978-602-6716-12-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SMKN 1 Tapen Bondowoso

Nurman adalah anak yang ‘nakal’, banyak akal, jail, usil dan koplak alias aneh. Suatu ketika saat hari senin upacara bendera dilakukan oleh semua murid SMA Mandiri. Sebuah SMA terkenal, berprestasi dan favorit di Bandung. Kepala Sekolah memberikan amanat sekaligus pengumuman akan diadakannya pemilihan ketua OSIS yang baru.

Siswa-Siswi calon ketua OSIS sudah dipilih oleh pihak sekolah. Sebelum Pak Sudirman mengumumkan siapa saja yang terpilih, dia diam sejenak dan membuat suasana upacara hening. Nurman yang iseng pun nyeletuk, “Sesaat lagi, setelah pesan-pesan berikut ini!”

Sontak suasana yang hening menjadi agak ramai lagi. Pak Sudirman tak kalah kaget, dan menanyakan siapa tadi yang menyahut dan mengatakan sesuatu seperti Host acara dangdut di televisi. Jika tidak ada yang mengaku, maka upacara tidak akan dibubarkan sampai jam 10 siang. Karenanya, salah satu teman di samping Nurman pun memberitahu Pak Sudirman, kalau yang menyahut tadi adalah Nurman.

Setelah mengetahui bahwa pelakunya adalah Nurman, Pak Sudirman hanya menjawab dengan “Oh, sudah, sudah.” Semua mengira akan selesai masalah, begitu juga Nurman. Tetapi, ternyata masalah Nurman dan mungkin juga masalah SMA Mandiri dimulai hari ini, dan juga karena perkataan ngawur Nurman sendiri. Pak Sudirman mengumumkan Endryani Gunawan, Anita sebagai calon ketua OSIS, dan satu tambahan mendadak yaitu Nurman. Sebuah keputusan yang membuat Nurman bingung, semua murid dan seluruh semua civitas akademika SMA Mandiri pusing.

Nurman pun asal-asalan ketika ditanya apa visi misinya sebagai calon ketua OSIS. “Saya akan membuat sekolah kita menjadi lebih maju dan berkembang biak (halaman 38).” Pokoknya dia jawab ngasal dan calon lain hanya bisa menertawakan. Sampai pak Heri mangkel dan menyerah, terserah Nurman mau melakukan dan mau bilang apa saja.

Lalu, apa yang terjadi ketika pidato singkat dan debat calon ketua OSIS juga lebih seru. Ya, tentu saja karena kekoplakan si Nurman. Bayangkan saja, ketika ditanya oleh MC apa yang akan dilakukan ketika terpilih menjadi ketua OSIS, Nurman menjawab dengan kegiatan yang antimainstream yang akan disambut teriakan setuju banyak siswa SMA Mandiri.

Apa itu? “Saya akan mengadakan acara SMA  Mandiri Mencari Jodoh, untuk mewadahi para jomblo yang selalu kesepian pada malam minggu. Dalam acara itu juga kita bisa kenal dengan semua murid yang bersekolah di sini, yang awalnya tidak kita kenal. Jadi bagi kalian para jones, tunggulah! (halaman 144)”

Karena jawaban asal bin koplak ini, Nurman pun terpilih menjadi ketua OSIS SMA Mandiri. Lalu bagaimana kisah selanjutnya? Baca sendiri saja ya, biar lebih seru dan ketawa-ketiwi. Jujur, novel ini cukup bikin menghibur saya. Hampir di tiap bab ada bahasan yang membuat saya ketawa.

Novel yang diterbitkan karena telah dibaca lebih dari 2 juta kali di Wattpad ini, memang nggak biasa. Selain menghibur, juga kisahnya cukup nggak tertebak dan ada makna-makna kebaikan dibaliknya. Seperti jangan meremehkan orang, selalu ada kebaikan dan kelebihan di balik kekurangan seseorang.

Ada quote dari Nurman, “Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, dan setiap pertemuan pasti ada perpisahannya (halaman 347).” Selamat membaca!

*dimuat di Harian Singgalang 31 Desember 2017
**Ingin memesan buku? Ke Toko Buku Hamdalah wa http://bit.ly/085933138891 gabung juga di grup di http://bit.ly/TokoBukuHamdalahWhatsApp dan http://bit.ly/TokoBukuHamdalahTelegram
* Ohya, kalau mau mencari info tentang buku baru, resensi buku, quotes dan info kuis atau giveaway berhadiah buku, bisa gabung ke channel telegram yang saya kelola yang bernama Buka buku Buka Dunia : t.me/bukabukubukadunia

Iklan

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s