Ketika Penjual Buku Juga Belanja Buku

WhatsApp Image 2018-05-09 at 23.45.16.jpeg
Buku-buku yang saya beli saat promo diskon #Mizan35

Sebagai penjual buku yang suka baca buku (Emang ada penjual buku yang nggak suka baca? Ada. Sama saja dengan adanya Pustakawan-orang yang bekerja di perpustakaan yang nggak suka membaca),  ups, maaf, kok bahas ini.

Lanjut. Sebagai penjual buku yang suka baca saya juga membeli buku lho. Khususnya buku-buku yang  ‘dibutuhkan’, seperti buku-buku agama untuk dikaji dan buku anak-anak untuk menambah stok bacaan adik-adik di Taman Baca yang saya kelola, Rumah Buku Taman Cahaya.

Akhir, bulan Maret lalu saya menjadi giliran yang mendapat arisan buku di WAG (whatsapp grup) Indonesia Membaca.

Kebetulan, waktu itu ada diskon #mizan35 di toko buku online Mizanstore, saya pun memilih belanja buku di sana. Alasan pertama, karena ada buku yang diinginkan dijual di sana. Kedua, karena diskonnya gede juga. Iya bener, waktu itu kan Mizan lagi milad yang ke 35, jadi ada diskon gede sebesar 35% di toko buku online Mizanstore. Kalau hari biasa tetap ada diskon lho, mulai dari 15% dan ada buku-buku obral juga. Di momen-momen tertentu biasanya juga ada diskon yang lumayan, seperti saat ini masih ada diskon 35%  untuk buku-buku Referensi Penyejuk Jiwa sebagai promo menjelang Ramadhan, salah satu bukunya adalah buku keren yang saya  beli saat promo #mizan35 yaitu buku The Great Episodes of Muhammad Saw. Ohya, promo ini berlaku  sampai 31 Mei lho. Buruan deh serbuu. Selain itu ada juga promo diskon 20% Ramadhan buku islami, lumayan juga nih.

Soal buku-buku yang saya beli, saya memang meniatkan kalau dapat giliran dapat arisan buku akan membeli buku-buku Islami yang tebal, atau terjemahan baik klasik atau kontemporer.

Kalau tahun lalu saya membeli, satu set ringkasan Siyar A’lam An-Nubala karya Imam Adz-Dzahabi. Tahun ini saya beli buku Sirah Nabawiyah. Kali ini membeli kitab terjemahan dari karya Syaikh Said Ramadhan Al-Buthy yang berjudul Fikih Sirah yang diterbitkan oleh Penerbit Noura Publishing dengan judul The Great Episodes of Muhammad Saw. Tiga buku lainnya masih bertema Sirah. Ya, saya suka sejarah sih. Dua buku untuk melengkapi kisah Khalifah Rasyidah karya Khalid Muhammad Khalid yang belum saya punya, yaitu kisah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Khalifah Utsman Bin Affan RadhiyaAllahu ‘Anhuma. Seri Khalifah Rasyidah karya Khalid Muhammad Khalid ini terbitan  Penerbit Mizania. Satu lagi, Atlas Jejak Agung Muhammad ShallaAllahu’ Alaihi Wa Sallam karya Dr. Syauqi Abu Khalil yang diterbitkan oleh Penerbit Noura Publishing.

Dua buku lainnya bukan sejarah, satu buku pengembangan diri Islami tentang berpikir positif ala Rasulullah ShallaAllahu ‘Alaihi Wa Sallam karya Dr. Majdah Amir yang diterbitkan oleh penerbit Qaf, dan yang terakhir adalah fiksi yang beberapa orang di timeline Facebook dan Instagram saya banyak yang baca, Aroma Karsa karya Dee yang diterbitkan Bentang Pustaka.

Alasan ketiga membeli buku di toko buku online Mizanstore, karena saya cukup sering membeli buku di Mizanstore. Kesannya, Mizanstore amanah. Sebelum ini saya membeli buku-buku anak boardbook untuk saya hadiahkan kepada adik saya agar dia baca dan bisa menambah buku anak di Taman Baca yang saya kelola. Pengepakan di Mizanstore rapi dan amat terjaga. Jadi, insya Allah buku nggak akan lecet atau bahkan rusak deh.

Saya sebagai penjual buku yang manusia biasa, meski kadang jengkel juga kepada pembeli buku yang keseringan tanya kapan buku datang dan sebagainya, tetapi tetap dengan ramah membalas pertanyannya. Ketika saya menjadi pembeli buku, ternyata saya juga tipe pembeli yang  beberapa kali tanya via chat ke whatsapp admin Mizanstore hehe, alhamdulillahnya,  pelayanan dan jawaban dari admin Mizanstore selalu ramah.

Saya juga pernah menelpon ke cs Mizanstore, ramah-ramah adminnya. Beli buku di toko buku online Mizanstore itu mudah lho. Tinggal klik, klik, klik, bayar dan nunggu buku datang deh. Nggak ribet, cocok untuk generasi milenial. Enaknya lagi, bayarnya juga bisa bayar di kasir Indomaret lho. Pokoknya, recommended beli buku di toko buku online Mizanstore.
Kalau boleh memberikan saran, saya pengin menyarankan diadakan lagi norek pakai BNI. Dulu pernah ada norek pengiriman uang yang BNI, bagi saya itu lebih memudahkan karena saya hanya memakai BNI. Dan satu lagi, kalau bisa ada opsi pengiriman memakai jasa Pos Biasa ketika membeli buku lebih dari 2,1 kg. Karena kalau bisa memakai Pos biasa, ongkir jadi lebih murah, dan lebih menyenangkan bagi pembeli.

Begitulah kisah saya membeli buku di toko buku online Mizanstore. Banyak ya buku yang saya beli? Hehe….  Bagi penjual  buku yang suka buku, kadang melihat buku yang dijual, bisa kalap sendiri kalau tidak bisa menahan. Tetapi, untungnya membeli buku tidak bakal habis seperti halnya membeli makanan yang nantinya akan ‘terbuang’.

Semoga buku-buku yang  saya beli   bermanfaat dunia akhirat. Ohya, buku-buku ini bisa dibaca di Rumah Buku Taman Cahaya yang saya kelola ya 🙂

So, kapan teman-teman terakhir membeli buku? Buku apa yang terakhir dibaca?

Iklan

2 respons untuk ‘Ketika Penjual Buku Juga Belanja Buku

  1. adindilla 11 Mei 2018 / 11:02

    Saya kayaknya udah lama nggak beli buku fisik. Sejak ada Gramedia Digital, saya langganan yang premium. Atau langganan juga dikategorikan beli buku?

    Buku terakhir yang saya baca judulnya Nikmatnya Bersyukur: Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia karya Bahrus Surur-Iyunk

    Suka

    • Muhammad Rasyid Ridho 12 Mei 2018 / 03:48

      Wah sudah terbiasa dan nyaman baca ebook ya? Saya belum nyaman baca ebook he.
      Wah saya kurang tahu itu termasuk beli apa tidak. Itu berbayar kan Mbak ya?

      Wah saya cek buku baru rilis Mei ini ya Mbak. Keren baca buku baru hehe. Berarti itu apsnya langsung update buku-buku terbaru Gramedia Grup ya Mbak?

      Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s