3 Sisi Susi dan Giveaway

Bakul Ikan Jadi Menteri

Judul                            : 3 Sisi Susi

cover 3 sisi susi
cover 3 sisi susi

Penulis                          : Fyra Fatima

Penerbit                       : Visi Media

Editor                          : Zulfa Simatur, Fitria Pratiwi dan Lis Sutinah

Tahun Terbit                : Cetakan I, 2015

Jumlah Halaman          : 172 halaman

ISBN                           :  978-065-242-239-9

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pegiat di Bondowoso Writing Community

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-JK, Susi adalah menteri paling populer (halaman 156). Susi dianggap melakukan banyak kerja-kerja yang positif, sehingga banyak respon positif pula dari masyarakat.

Awalnya banyak yang meremehkan Susi, lantaran dia hanya lulusan tidak tamat SMA. Namun, meski pendidikan formalnya tidak lulus, dia bisa menggapai kesuksesan yang bahkan jarang didapat oleh orang-orang yang lulus sekolah bahkan hingga perguruan tinggi. Buku karya Fyra Fatima, 3 Sisi Susi menceritakan tentang kehidupan Menteri Susi.

Sebenarnya Susi lahir dari keluarga yang berkecukupan. Kakek Susi, Haji Ireng adalah orang yang terkenal sebagai tuan tanah di Pangandaran. Beberapa tanah dipakai untuk kolam ikan, dan kebun kelapa yang menghasilkan kopra untuk dijual (halaman 5). Namun, Susi bukanlah orang yang manja, dia ingin mandiri dengan bekerja keras.

Susi merasa sekolah tidak cocok untuknya. Susi memilih untuk tidak melanjutkan SMA-nya. Selepas meninggalkan sekolah, Susi melakukan hal-hal yang dia anggap mampu (halaman 29). Dia berbisnis, pertama kali dia menjual bed cover, namun sepi pembeli. Akhirnya, insting bisnisnya muncul.

Dia menjual gelang keroncong dan perhiasan miliknya, seharga 750.000. Uang itu kemudian dijadikan modal, bisnis menjadi bakul ikan (halaman 38). Berbisnis ikan memang tidak mudah juga, namun Susi yakin ini jalannya. Hingga suatu ketika dia memiliki pabrik sendiri dan bekerja sama dengan orang Jepang.

Satu hal yang selalu diingat Susi sebagai kunci dalam bisnis ikan adalah ikan yang segar. Kesegaran ikan sangat penting bagi bisnis produk laut. Semakin segar ikan yang diterima pembeli, maka akan semakin mahal harganya (halaman 49). Susi berpikir, mencari cara agar ikan yang dia jual bisa sampai ke Jakarta masih dalam keadaan segar.

Susi nekad untuk mencoba meminjam uang ke bank, untuk membeli pesawat. Namun, tidak ada bank yang mempercayainya akan bisa membayar hutang seharga pesawat 2 juta dolar. Namun, seiring berkembangnya waktu dan bisnis Susi makin jaya, ada bank yang memberi kepercayaan meminjamkan uang 4,7 dolar Amerika Serikat. Akhirnya, pesawat jenis Cesna Cavaran buatan USA, menjadi milik Susi. Susi semakin sukses dan uang pinjaman dilunasi, tujuh tahun kemudian (halaman 51).

Itulah Susi dengan kesuksesannya, hingga saat ini dia memiliki 50 pesawat yang disewakan dengan brand Susi Air (halaman 66). Ketika menjadi menteri, salah satu yang menjadi perhatian besar Susi adalah illegal fishing. Menurut Susi, ini adalah problem yang besar. Karenanya, dia tidak segan menenggelamkan perahu illegal yang menangkap ikan di perairan Indonesia (halaman 119).

Meski demikian Susi adalah manusia biasa, ada kekurangan serta kelemahan. Pernikahan Susi tidak sesukses karirnya (halaman 6). Dia juga memiliki kebiasaan yang kadang tidak lumrah dilakukan oleh perempuan apalagi menteri, seperti merokok juga bertato. Namun, jalan Susi menggapai kesuksesan tidak salah untuk ditiru, karena itu memang inspiratif. Susi pernah berkata kepada anak perempuannya, Nadine, “Tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan tanpa usaha keras.” Begitulah Susi, pekerja keras, juga pekerja “gila”. Dengan keduanya Susi bisa mencapai kesuksesan yang saat ini dirasakannya. Selamat membaca!

Nah! Sesuai judul postingan ini selain resensi buku atas buku keren ini, juga ada giveaway. Giveaway ini berhadiah satu buku 3 Sisi Susi langsung dikirim oleh penerbit. Asyiik kan? 😀

Yang ingin memiliki kesempatan untuk dapatkan buku keren ini secara gratis, simak-simak persyaratannya baik-baik ya!

1. Memiliki alamat (rumah) di Indonesia. Nah,  WNI yang domisili lagi di luar negeri boleh ikut kok, asal ada alamat di Indonesia.
2. Follow blog ini, bisa via email, wordpress atau bloglovin.
3. Follow twitter @muhrasyidridho, @buku_visimedia & Like FanPage  Visimedia Pustaka
4. Sebarkan link Giveaway ini di media sosial, di twitter, mention @muhrasyidridho @buku_visimedia hashtag #3SisiSusi dan untuk di facebook, share info Giveaway yang dipost di FanPage Visimedia Pustaka

5. Baca  postingan di atas resensi buku 3 Sisi Susi dan beri komentar ya.

6. Jawab pertanyaan di kolom komentar dengan nama, twitter dan kota tinggal, cukup sekali saja. Pertanyaannya adalaah:

Bu Susi melakukan kegilaan-kegilaan untuk menggapai cita-citanya. Kalau kamu, mau melakukan kegilaan apa, agar cita-citamu tercapai?

 

 

 

rangkaian blogtour buku 3 Sisi Susi
rangkaian blogtour buku 3 Sisi Susi

Giveaway ini diadakan mulai tanggal 11 Mei – 17 Mei 2015 jam 12 malam  (cukup lama kan?). Nanti pemenang akan dipilih dari jawabannya ya, jadi jawablah sesuai prosedur, sebaik mungkin (unik, lain daripada yang lain), jangan asal dan jangan lupa berdoa 🙂

Selamat mengikuti dan semoga kamulah yang beruntung 🙂

11 thoughts on “3 Sisi Susi dan Giveaway

  1. eny 11 Mei 2015 / 04:12

    nama : eny
    twitter : @enythxz
    alamat : jogja

    keren sekali Bu Susi, yang patut ditiru anggapan orang lain yang tak masuk akal mampu menjadi nyata berkat kerja kerasnya.

    cara gila?
    dari dulu ingin menjadi seorang wirausaha,namun kebanyakan orang menganggapku tidak pantas menjadi wirausahawan.
    yang akan kulakukan akan bekerja mati2an untuk menabung, mencari pengalaman dibidang usaha.
    aku akan menjual kue unik yang belum pernah dijual dengan bentuk aneh seperti hantu karena usaha kue seperti itu belum ada.Tak hanya kujual di Indonesia tapi kancah mancanegara. sehingga hantu di indonesia terkenal di luar negeri🙂

    Suka

  2. Tri Purwaningsih 11 Mei 2015 / 06:45

    nama: Tri Purwaningsih
    fb: Aurora Tri Purwaningsih
    domsili: Semarang

    Saya seorang Biologiawan. mimpi saya adalah mendirikan sebuah hutan mini yang berisi seluruh tanaman yang ada di dunia, selain itu, ingin sekali mengembangkan tanaman transgenik melalui genome. oleh karena itu, harus berkeliling dunia untuk bisa mengumpulkan seluruh spesies yang ada. apakah bisa??? jawabannya sudah ada dalam benak anda sendiri.
    terima kasih

    Suka

  3. haidarqm 11 Mei 2015 / 07:03

    Nama: lukluk atiqoh
    Twitter: @AtiqohLukluk
    Alamat: jl.MT.Haryono gg.II no.12 rt.20 rw.03 badean – bondowoso jatim

    Awalx liat wajah bu susi d cover buku g tertarik, males liat bukux deh hbsx setau sy bliau sbg seorg menteri tdk mberikn contoh yg baik d tengah kacaux indonesia raya.eh stlah baca resensix ada isi yg sangat mengagumkn yg mrpkn klemahan sy yg bliau miliki..dan luar biasa yakni perjuanganx yg gila abiz dlm bisnisx yg mungkin cita2x. Dan sptx buku ini jg memuat pesan tirulah yg baik buang yg tdk baik…hmm

    Aq hobby bnget buat puisi dan pengen bersaing sejajar ato d atas pujangga sekaliber mb HTR(wow) amin smg bisa….jd tiap waktu sll cari inspirasi yg buat aq bisa nulis walau tkadang aq harus keluar dari diriku tp tetap jaga diri hee…kl inspirasi g dtg2 jg aq buru terus dg ngomong sendiri dg diri…org ngliatx aq nglamun…pdhal lg berdiskusi cari hal yg harus d ungkap..kl tangan+otak males aq paksain dg minimal baca….baca dan baca jdx edisi mekso pokox heee.

    Suka

  4. Nurul Faizah 11 Mei 2015 / 12:01

    nama : Nurul Faizah
    twitter : @faiznurulfaizah
    alamat : Pasuruan

    Saya ingin selalu berusaha dengan keras untuk cita-cita saya.Selagi saya anggap saya mampu untuk itu saya akan melakukannya untuk menjadikan hidup saya dengan hidup yang positif dan berhasil dan kelaknya akan sukses dikemudian hari.Dan membalas semua jasa orang tua saya yang selama ini mendukung saya dalam kehidupan saya

    Suka

  5. MariaAP (@piescessanella_) 12 Mei 2015 / 05:34

    Nama : Maria Azmi Piscessanella
    Domisili : Cilandak
    Twitter : @piescessanella_
    Link share : https://twitter.com/piescessanella_/status/597993026556825600

    Dalam meraih cita2 saya selalu berjuang sekuat tenaga saya, semampu saya berfikir dan tidak lupa bersujud berdoa kepada Allah. Karena sekuat apapun dan sekeras apapun saya berusaha tanpa berdoa hasilnya kosong. Karena sejatinya hanya Allah yang mampu mengendalikan segalanya. Manusia boleh bercita cita setinggi tingginya dan bermacam macam dengan berbagai usaha mereka, namun hasil akhir yang menentukan hanya Allah. Jika ada sedikit rejeki jangan lupakan sedekah karena dengan sedekah insaallah melebarkan jalan2 kebaikan untuk kita.

    Suka

  6. viskayundira 13 Mei 2015 / 10:20

    Nama : Viska yundira
    Twitter : @viska98
    Kota : Bogor

    Semua Syarat sudah saya penuhi🙂

    Sebenernya hal yang akan saya lakukan untuk mencapai cita-cita saya, tidak segila yang anda bayangkan.. Mungkin yang gila dan terlihat mustahil yaitu cita-cita saya😀 . Mari simak sejenak . Hehe, udah kayak persentasi aja.
    Saya akan melakukan apapun asalkan itu halal & baik, untuk proses pencapaian cita-cita saya. Karena saya Anak SMK yang di ajarkan tentang kewirausahaan, tentu saya akan membuat usaha saya sendiri.. Dan modal untuk membuat usaha itu, tidak sedikit dan tidak mungkin saya minta ke orangtua. Jadi saya akan Bekerja dulu, untuk mengumpulkan uang modal. Meskipun harus, bekerja siang malam, bercucuran keringat, menjadi buruh pabrik dahulu, karyawan kantor, bahkan akan saya lakukan sekalipun itu.. Menjadi tukang cuci piring, dan sebagai nya. Ini serius, saya sangat berambisi terhadap citacita saya menjadi seorang Pengusaha Muda . Yaitu membuka usaha Fashion yang Trendy, Unik, dan tentunya memiliki ciri khas indonesia , contoh seperti sepatu batik, dan sebagainya. (aamiin).
    Karena saya prihatin terhadap Orang-orang yang lebih memilih produk Luar Negri, padahal secara Kualitas, indonesia tak kalah bagus.
    Mungkin cita-cita saya terlihat mustahil, jika saya ingin memperkenalkan produk fashion indonesia yang tak kalah berkualitas, dan mengekspor nya ke mancanegara. Berharap semua orang melirik produk fashion indonesia. karena efek dari era globalisasi ini dan pasar bebas yang sudah ada ini, sangat tidak semudah Membalik kan telapak tangan, untuk mewujudkan ini semua.
    Tapi jika Bu Susi saja yang tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi bisa sesukses ini, kenapa saya yang SMK tidak?🙂
    Jika bu susi yang tidak menyelesaikan masa SMA nya, bisa Memiliki banyak Usaha yang sangat besar dan bisa mewujudkan impian nya, kenapa saya yang sedang dalam masa belajar SMK tidak bisa?🙂
    Semoga saya bisa seperti Bu Susi, seorang Wanita yang bisa di bilang sangat sukses.
    Bu Susi, my inspiring🙂

    Suka

  7. Irdha Sadri 14 Mei 2015 / 12:10

    Nama : Irdha Sadri
    Twitter : @karetgelang28
    Domisili : Makassar
    Link : https://twitter.com/karetegelang28/status/598822276167905280

    Well, seorang wanita yang sangat inspiratif.

    Aku awalnya gak kenal siapa dan bagaimana kesuksesan dari Bu Susi. Nanti saat pengumuman para menteri di pemerintahan Jokowi ramai di media aku baru tahu tentang beliau, dan kebetulan juga kakakku yang tugas di Papua TNI-AU (saat itu sedang cuti) dia menceritakan tentang bagaimana keramahtamahan, kebaikan, kemandirian, dan kesuksesan dari Bu Susi. Karena kebetulan, kakakku pernah disuruh Bu Susi buat parkirkan pesawatnya, dan gak segan-segan ngasih uang merah. ^_^

    Tapi kalo aku sendiri, kalo bercerita tentang Bu Susi satu hal yang dapat dipetik yaitu berani mencoba. Karena berawal dari berani mencoba itukan yang membawa beliau sukses. Beliau ninggalin sekolah, sedangkan orangtua lainnya mikir untuk mencapai kesuksesan adalah sekolah yang tinggi.

    Huwaaa, pokoknya keren lah ma menteri yang satu ini. Walapun pas awal jabatannya banyak yang ngeremehin dan ngejelekin karena tingkahnya beliau yang kadang anti-mainstream di publik ^^ Tapi mau gimana lagi, beliau tetap layak menjadi wanita inspiratif Indonesia.

    Suka

  8. Kazuhana El Ratna 15 Mei 2015 / 02:45

    Nama : Ratnani Latifah

    Twitter : @ratnaShinju2chi

    Alamat : Jepara

    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/599037226253557760.

    KIta tidak bisa men-judge seseorang bisa sukses hanya dengan status sekolah yang sudah dilampaui. Tapi bagaimana dia bisa membawa diri tekun untuk mewujudkan mimpi. Berani ambil resiko namun siap dengan segala konseskuesi. Tanpa rasa takut terus berusaha melaju, itulah yang dicontohkan sosok Susi. Dia berusaha dan motivasinya patutu diteladani.

    Hal gila yang kiranya akan saya lakukan untuk meraih mimpi. Tentu segala cara akan saya tempuh. Mulai belajar keras tentang segala aspek yang dibutuhkan untu mendukung apa yang ingin saya raih. Tak mudah putus asa, meski harus jatuh berali-kali. selalu positif thinking bahwa kita bisa asal ada usaha kerja keras tak lupa doa. lalu menyemangati diri sendiri dengan bilang “mereka saja bisa, masa saya tidak bisa.” go go semangat maju jalan taklukkan mimpi. ^_^

    Suka

  9. UMI 16 Mei 2015 / 04:05

    Woah, bu Susi such an inspirator, bagia dia tatto bukan buat gaya-gayaan, tapi seni, kalo nggak dosa aja saya pingin #heh

    Kegilaan apa? Saya rasa saya nggak bisa segila Bu Susi deh, nggak bisa senekat itu. Kalo cita-cita saya belum punya sih haha. Saya ambil dari contoh kecil aja ya yang sudah saya lakukan, gila level kerupuk ini mah. Saya ini setaun ini lagi aktif lagi sama ngeblog, terakhir kan SMP, nah banyak yang bilang saya berani amat ke warnet sendirian cuma buat ngeblog dg notabene warnet itu selalu banyak cowoknya karena yang satu ruangan buat game online, ke sekolah bawa laptop juga seringnya buat ngeblog, ke wifi corner buat ngeblog, ngumpulin duit buat beli pulsa modem, ya walau saat ini saya blm dapet pendapatan dari ngeblog karena saya masih suka buat seneng2 aja, suatu saat pasti balik modal kok haha ini ngeblognya modal loh, tapi kebahagiaan saat ngeblog itu yang saya dapet, nggak ada hobi lain yang bikin saya keranjingan selain ngeblog, disini blogger perempuan jarang, ogah saya kalah sama cowok-cowok. Liburan ini juga saya ngeblog, temen2 ada yang kerja sambilan buat nyari duit, saya dibilang pengangguran, emang iya sih, tapi apa bahagia dari duit aja? Duit yang bisa beli apa-apa yang bikin kamu bahagia kan? Nggak bisa dibayangin kalo nggak ada internet, hobiku bakal apa ya? Kalo bahagia saya dari ngeblog untuk saat ini, kenapa enggak. Orang lain mah “duit.. duit… duit..” kalo saya “do it! Do it! Do it!” siapa tau dari sekedar hobi bisa sukses masa depannya. Aamiin.

    Nama : Umi Marfa
    Twitter : @umimarfa
    Kota : Banyumas

    Suka

  10. Ade Delina Putri 16 Mei 2015 / 04:49

    Nama: Ade Delina Putri
    Twitter: @adedelinaputri
    Kota Tinggal: Bekasi

    Mungkin aku termasuk dari salah satu orang yang ikut ‘meremehkan’ beliau sebelumnya. Apalagi kalau memang karena tampilan fisiknya. But sebelum membaca resensi ini, salah satu kakakku bilang satu-satunya menteri yang paling terlihat mampu mengubah negara ke arah lebih baik adalah beliau. Dari situ aku mulai melihat dengan sudut pandang lain. Kakakku juga cerita apa saja yang sudah beliau ubah kebijakan, salah satunya tentang menenggelamkan kapal-kapal asing yang ilegal. Setelah baca resensi ini aku jadi semakin merasa bersalah. Memang kita tidak bisa menghakimi seseorang hanya dari tampilan fisiknya🙂

    Hal paling gila apa yang pernah aku lakukan seperti ibu Susi?
    Aku mungkin bukan orang yang ambisius, tapi aku merupakan orang yang paling idealis. Ketika aku punya satu keinginan, maka aku ingin keinginan itu tercapai bagaimanapun caranya. Saat ini aku ingin sekali menjadi penulis, tapi bukan dengan kuliah bahasa apalagi bekerja yang berkaitan dengan hal itu. Justru aku belajar dengan cara lain. Salah satunya bergabung dengan berbagai komunitas menulis ataupun blogging. Jangan tanya bagaimana mengatur waktunya. Di sela waktu luang yang hanya sedikit ini justru aku manfaatkan untuk mengasah kemampuan menulisku. Entah itu ikut lomba atau ikut kuis-kuis semacam ini. Kalau ada waktu libur aku sempatkan untuk menghadiri seminar atau pelatihan menulis secara offline. Terkadang hal inipun aku lakukan di sela waktu luang di kampus atau kantor😀 Alhamdulillah, saat ini perlahan mulai menuai hasil. Tulisanku beberapa sudah dimuat di buku antologi, media massa juga memenangkan beberapa kontes blog dan mendapatkan tawaran review produk/jasa dari berbagai brand🙂

    Suka

  11. Irma Bukie Luvie 17 Mei 2015 / 14:59

    Nama : Irmawati
    twitter : @irmaa_waati
    kota tinggal : Bandar Lampung

    Ya, setelah membaca review ini aku benar-benar terkesan dengan sosok Bu Menteri yang satu ini, di luar dari kebiasaan buruknya, dia sosok yang hebat. Dia benar-benar menginspirasi, karena sukses itu bisa di raih tanpa sekolah tinggi pun bisa. Asal kita punya tekad dan kemauan yang kuat!

    Kalo aku ingin meraih kesuksesan, cita-cita, aku tidak akan melakukan hal-hal yang gila. Aku yang wajar aja sih, ya seperti belajar yang tekun, banyak berdoa dan banyak sedekah. Ini tidak bisa kita bilang gila kan? Nah itulah kunci sukses yang memotivasi aku. Bagiku untuk meraih sukses itu ya harus melakukan 3 kata kunci ini: Usaha Doa Sedekah. Insha Allah Berkah😀

    Suka

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s