How To Become A Great Freshgraduate

Cara Sukses Di Dunia Kerja Selepas Lulus Kuliah

Judul                            : How To Become A Great Freshgraduate

cover How To Become A Great Freshgraduate
cover How To Become A Great Freshgraduate

Penulis                          : Ardiningtiyas Pitaloka & Andin Andiyasari

Penerbit                       : Metagraf, Imprint Penerbit Tiga Serangkai

Editor                          : Fachmy Casofa

Tahun Terbit                : September, 2014

Jumlah Halaman          : 338 halaman

ISBN                           :  978-602-257-382-1

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Pendiri Klub Pecinta Buku Booklicious.

Semasa berstatus mahasiswa, banyak yang ingin cepat-cepat lulus. Selepas lulus kuliah, malah bingung akan bekerja apa, di mana, dan sebagainya. Setelah mendapat pekerjaan, masih kikuk harus bersikap bagaimana, melakukan apa agar dianggap baik oleh atasan. Hal ini memang kerap menjadi salah satu yang menyita pikiran para freshgraduate.

Melihat fenomena ini Ardiningtiyas Pitaloka dan Andin Andiyasari menulis sebuah buku yang berjudul, How To Become A Great Freshgraduate. Buku ini berisi panduan agar sukses di dunia kerja setelah lulus kuliah. Buku panduan ini secara garis besar memiliki empat bab, yang terdiri dari beberapa sub-bab.

Bab pertama buku ini adalah competencies. Competencies adalah kompetensi yang berarti kemampuan  seseorang dalam hal ini kemampuan seorang fresgraduate. Langkah pertama untuk sukses di dunia kerja adalah memahami kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai dengan baik. Memahami kompetensi penting dimiliki oleh seorang freshgraduate, adalah langkah awal untuk dapat berkembang dan sukses di dunia kerja, baik secara professional maupun personal (halaman 3).

Bagi seorang fresgraduate, kemampuan untuk menetapkan rencana tindakan bagi diri-sendiri maupun orang lain, dengan mengatur arah tindakan dan mendayagunakan sumberdaya yang tersedia sangat penting. Selain itu seorang fresgraduate harus mampu mengatur waktu untuk diri sendiri dengan baik, termasuk juga sudah mulai belajar mengelola prioritas.

Satu nilai plus freshgraduate yaitu kemampuan bertindak lebih dari yang dituntut pekerjaan/ lingkungan dan aktif berupaya meningkatkan hasil kerja. Juga mulai membangun tanggung jawab atas pekerjaan hingga memanfaatkan imajinasi perlu dibangun seorang freshgraduate untuk bisa memberikan hasil kerja yang unggul (halaman 23).

Bekerja bukan hanya tentang menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengan kemampuan teknis sesuai keahlian, tetapi juga bagaimana mengelola hal-hal yang tak kasat mata dengan memanfaatkan daya imajinasi. Sehingga bukan tidak mungkin perasaan konsumen akan sangat bahagia jika mendapatkan pelayanan yang sempurna. Maka, kemudian hari dia akan datang kembali lagi, karena terkesan dengan pelayanan yang luar biasa (halaman 47).

Di awal karier tentu ada keinginan pribadi juga kewajiban kantor yang menuntut profesionalitas. Kedua hal ini terkadang saling terbenturan. Maka, kedua hal ini harus diselaraskan. Menyeimbangkan tuntutan personal dan professional bagi seorang freshgraduate adalah tugas penting yang harus dibangun sejak awal karier (halaman 49). Termasuk adanya kemampuan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, karena dalam sebuah kantor seorang pekerja bukan individu tetapi team yang harus bekerjasama dan setiap individu menyadari peran apa yang harus dikerjakan (halaman 67).

Bab kedua adalah Improvement dan Challenges. Sebagai seorang fresgraduate yang baru masuk dunia kerja tentu harus melakukan peningkatan-peningkatan personal agar terciptanya meaningful work sekaligus dapat beradaptasi di dunia kerja. Penulis buku ini mengingatkan, setelah mendapat kerja jangan sampai melupakan hobi. Karena hobi membantu untuk tetap seimbang dan semangat lagi ketika memulai kerja di hari senin (halaman 200).

Dari hobi, bisa diketahui apa aktivitas dan hal yang paling membuat seorang individu merasa bersemangat atau biasa disebut sebagai passion. Perbedaan passion dengan hobi adalah ada kewajiban untuk bertanggung jawab atas suatu aktivitas dan memerlukan sebuah komitmen agar bermanfaat (halaman 204).

Bab ketiga adalah tips-tips yang bisa dilakukan oleh fresgraduate agar bekerja lebih optimal. Pertama, buatlah sebuah visualisasi yang kreatif untuk menentukan tujuan. Kedua, adalah melakukan trik-trik yang bisa membuat the best. Ketiga, menjadi orang yang aktif. Keempat, mengontrol egoisme. Kelima, melakukan kesenangan saat weekend. Keenam, memanfaat gadget dengan bijak. Ketujuh, membangun hubungan yang baik dengan semua orang. Ketujuh, melakukan hobi dengan baik. Kedelapan, tidak mudah mengeluh.

Bab terakhir buku karya founder konsultankarir.com ini bercerita tentang para individu yang menjalani karier saat di level freshgraduate. Mereka di antaranya, Husin Syarbini seorang enterpreuner bakery, Sylvia L. Namira seorang pustakawan dan novelis, dan 6 orang lagi. Dengan harapan bisa menjadi inspirasi dan diambil pelajaran di dalam kisah mereka. Maka, tak ayal buku setebal 338 halaman berdesain keren ini wajib dibaca oleh Anda yang fresgraduate atau yang akan segera lulus, agar memiliki gambaran untuk terjun di dunia kerja kelak. Selamat membaca!

dok. pribadi
dok. pribadi

*dimuat di harian singgalang 29 Maret 2015

Silakan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s